Apa Itu CSS ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu CSS ? Inilah Pengertian dan Fungsinya - Bagi designer web css adalah hal yang tidak boleh di tinggalkan selain HTML, tanpa css tampilan suatu halaman web tidak akan terlihat indah dan rapih. Dengan kode css inilah kita dapat melihat berbagai macam warna dan desain web yang menarik. Kode CSS dan HTML sangat berkaitan erat keduanya saling melengkapi satu sama lain, tidak di pungkiri mereka adalah cinta sejati yang tidak akan terpisahkan dalam desain web. Fungsi-fungsi dari kode css sangatlah flexible, karena css hanya dapat menyesuaikan dirinya dengan kode ID dan Class pada bagian html, dan tidak mutlak dalam penggunaanya sehingga kita bisa bebas mengisinya dengan kata-kata kita sendiri, namun untuk bagian inti css kita tidak dapat mengisinya sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga : Apa Pengertian dan Fungsi HTML

Apa Itu CSS ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu CSS ?

Cascading Style Sheet (CSS) adalah bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk mendesain tampilan dari suatu halaman web. CSS juga berfungsi untuk mengatur sebuah komponen yang terdapat pada kode markup (HTML) agar menjadi lebih terstruktur. Dengan menggunakan css suatu halaman web yang dibangun dengan kode html akan menjadi lebih baik dan rapih dibandingkan dengan halaman web yang tidak menggunakan kode css ini. Nah, dengan penjelasan css diatas semoga Anda sudah paham mengenai pengertian css, namun dibawah ini akan saya jelaskan beberapa versi css dan fungsi dasar dari kode css.

Versi CSS Hingga Saat Ini

Dimulai pada tahun 1996 versi css hingga saat ini terus berkembang sehingga memberikan nilai baik bagi web designer hingga tahun 2016 versi css sudah masuk ke versi 3 yang artinya dalam waktu 20 tahun kode css berkembang dengan baik, nah berikut perkembangan css hingga sampai sekarang :

  • Tahun 1996 : W3C menetapkan CSS1 sebagai bahasa pemrograman standar dalam pembuatan web.
  • Tahun 1998 : W3C menyempurnakan kode CSS1 sehingga menciptakan kode standar CSS2.
  • Tahun 2000 : CSS3 mulai dikembangkan hingga sampai saat ini.

Apa Fungsi CSS ?

Secara keseluruhan CSS memiliki fungsi dan tujuan utama yaitu untuk web desain agar tampilan terlihat menarik dan interaktif. Namun dalam pemrograman css dapat berfungsi untuk mencari atau memilih beberapa kode elemen dari tag html misalnya id, class, attribute, name dan lainnya. Fungsi dari tiap-tiap poperty css sangatlah banyak, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan fungsi dari element html.

Kita ambil contoh sederhana css yang berfungsi untuk selector atau milih kode yang ada di html :
Kode HTML :
<p>Tulisan di Tengah Warna Merah</p>

Kode CSS :
p{text-align:center;color:red}

Anda bisa mencobanya langsung disini https://jsfiddle.net/kreasikan/7dwg6bwh/

Apa Saja Kode atau Poperti CSS ?

CSS memiliki properti yang sangat banyak dibandingkan dengan HTML, kode properti css dari versi pertama hingga ketiga akan saya jelaskan pada potingan khusus, namun kali ini saya akan menjelaskan secara singat beberapa kode poperti css dibawah ini :
  • text-align berfungsi untuk mengatur letak teks, kita dapat mengisi value dengan center, left, right.
  • color berfungsi untuk memberikan warna pada teks, valuennya kode warna hex, rgb, atau nama warna (dalam bahasa inggris, contoh : red, blue, yellow, green, brown, black).
  • font-size berfungsi untuk memberikan nilai atau ukuran teks, pada umumnya value diisi dengan satuan pixel misalnya 12px.
  • font-weight berfungsi untuk memberikan nilai tebal, tipis, atau normal pada teks, misalnya kita akan menulis huruf tebal maka value bisa diisi bold atau 700. Jika menggunakan angka kita harus melihatnya dulu pada source atau sumber font yang kita gunakan.
Masih banyak lagi fungs-fungsi dari masing-masing properti css, kita akan membahasnya secara berkala, untuk dapat mendalami lagi mengenai kode css kita dapat belajar bersama disini.

Dari penjelasan di atas semoga Anda dapat memahami mengenai kode css, namun kita harus tetap belajar agar dapat mengerti fungsi dari tiap-tiap kode properti css, untuk itu saya akan menulisnya kembali di artikel selanjut mengenai kumpulan kode properti css yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk menggunakan kode css pada desain web.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

23 Komentar untuk "Apa Itu CSS ? Inilah Pengertian dan Fungsinya"

  1. mungkin untuk blog tips blog bisa menggunaka syntax mas biar lebih elegan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau Syntax istilah apa lagi tuh mas? Hadeuh.. makin ke sini makin banyak yang belum saya mengerti istilah-istilah dalam dunia blog... :D

      Hapus
    2. syntax itu kayak ada angka 01 dan seterusnya itu.. kalau tidak salah.

      Hapus
    3. hehe, kalau saya kuasai pasti di share mas Ifrod

      Hapus
  2. CSS itu singkatan dari Cascading Style Sheet yang fungsinya untuk membuat tampilan website jadi lebih menarik dan interaktif ya kang.

    Secara singkat bisa di artikan bahwa CSS dan HTML fungsinya hampir sama, saling melengkapi dalam membangun sebuah blog.

    Dalam proses editing, lebih rumit mana kang, HTML atau CSS?
    Maaf nanyanya kepanjangan, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas HTML, kalau css hampir sama cuma beda ukuran atau warna dan efek hovernya. Itu yang aku mengerti.

      Hapus
    2. Nah setuju sama Kang Djangkaru Bumi, HTML lebih sulit karena fungsi yang di gunakan lebih banyak, dibandingkan css, walaupun css itu sendiri memiliki fungsi yang lebih banyak dibanding html, tapi dalam penggunaannya bisa di sesuaikan dengan kadarnya.

      Hapus
  3. Ini yang harus dimengerti dan dipahaimi, CSS hanya dapat menyesuaikan dirinya dengan kode ID dan Class, aku sering mengotak-atik kode CSS. Biar lebih indah dan tampil beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kang, tapi css juga punya propertinya loh kayak color font height width top dan lainnya

      Hapus
  4. Ane kagak ngerti kalau udah di CSS.
    Mungkin kalau di pemrograman web ( dasar ) agak mudeng ( dikit ). Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga dasar mas, untuk css kita harus bisa memahaminya biar tampilan web cantik dan enak di pandang, hehe

      Hapus
  5. Sebenarnya saya sih tidak terlalu mengerti kang mengenai css ini tapi setelah saya simak dengan seksama ternyata ada pencerahan kang walaupun sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ya lumayanlah walaupun sedikit bisa jadi pencerahan, tinggal kitanya aja harus ada kemauan untuk mempelajarinya pasti bisa...

      Hapus
  6. saya pengen banget bisa buat template sendiri,, tapi gimana bisa css aja ngertinya cuma duikit banget. kalau ngerubah dikit-dikit css buat modifikasi tampilan blog sih bisa, tapi ya gitu kadang malah keliru dan jadinya amburadul. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, coba deh pakai inspect element dulu, kalau sekiranya enak dilihat baru deh di terapi di kode template blognya...

      Hapus
  7. Selain css sekarang ada amp.

    Yang dikembangkan oleh google, bahkan blog kita juga perlu penyesuaian dari css (xml) ke amp.

    Makasih banget jadi tahu ilmu dasarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih amp, saya masih bingung nih penerapan kodenya, dan belum sempet saya coba...

      Hapus
  8. Banyakin contohnya mas biar lebih mudah prakteknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti di postingan selanjutnya mas, disini hanya sekedar penjelasannya saja

      Hapus
  9. css adalah merancang, merubah, mendisain, membentuk halaman wesite(blog juga website). dan isi dari halaman website adalah tag-tag html, logikanya css itu dapat merubah tag-tag html(yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik. jadi bisa dibuat semenarik mungkin ya mas? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas, css memang di ciptakan untuk mendesain sebuah halaman web agar lebih menarik...

      Hapus
  10. OOT : ini blog loadingnya kenceng banget... :D

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel