Apa Itu SEO ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu SEO ? Inilah Pengertian dan Fungsinya - Mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari merupakan hal paling peting untuk meningkatkan kunjungan ke situs Anda. Hal tersebut berarti konten, produk, layanan, maupun jasa yang kita sediakan akan dilihat oleh banyaknya pengunjung yang datang pasa situs web kita. Maka dari itu kita perlu mempelajari pentingnya SEO (Search Engine Optimization) agar situs web kita memiliki banyak kunjungan setiap harinya.

Kebanyakan mesin pencari dalam menentukan peringkat sebuah situs web adalah dengan menggunakan algoritma yang dimilikinya, sedangkan tiap-tiap mesin telusur memiliki algoritma yang berbeda untuk menentukan peringkat suatu web dalam hasil penelusuran. Namun, seluruh sistem mesin pencari memiliki berbagai kesamaan dalam memberikan peringkat sebuah situs web diantaranya jumlah konten pada sebuah situs web, tingkat optimasi pada situs tersebut, dan popularitas situs yang berorientasi pada PageRank (PR), Domain Authority (DA), dan Page Authority (PA).

Untuk dapat mengoptimalkan situs web maka kita harus belajar memahami pentingnya SEO untuk situs web kita dengan begitu kita dapat memiliki kunjungan organik dari berbagai mesin penelusuran yang ada di internet. Untuk memulai memahami SEO kita awali dengan membahas pengertian dari SEO tersebut dan kemudian kita bahas mengenai panduan dasar SEO dan dilanjutkan dengan praktek dengan berbagai jenis teknik SEO yang ada.

Daftar Isi

Daftar isi diatas merupakan panduan lengkap untuk belajar SEO untuk pemula dari awal hingga mahir, sewaktu-waktu daftar isi tersebut dapat berubah dan akan terus di update secara bertahap.

Apa Itu SEO ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu SEO ?

SEO (Search Engine Optimization) dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan optimasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume kunjungan sebuah situs web melalui mesin penelusuran.

Apa Fungsi SEO ?

Untuk Mendapatkan Posisi Paling Atas

Fungsi melakukan optimasi mesin pencari (SEO) adalah untuk mendapatkan posisi paling atas di hasil penelusuran dengan kueri tertentu yang diketik oleh pengguna pada mesin telusur.

Setiap orang yang melakukan pencarian melalui mesin telusur mereka memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan informasi yang sedang di carinya. Hal yang dimaksud informasi tersebut dibagi menjadi beberapa bagian yaitu informasi pengetahuan/wawasan, informasi produk/barang, dan informasi layanan/jasa.

Secara logis, situs web yang menempati urutan paling atas akan memiliki peluang yang lebih besar mendapatkan pengunjung. Sehingga, konten, produk, dan jasa yang Anda tawarkan secara online akan memiliki lebih banyak kunjungan di bandingkan dengan situs web yang berada dibawahnya.

Konten, Produk, Jasa Lebih Banyak Dikenal

Tentunya dengan memiliki posisi paling atas di mesin penelusuran sangat besar kemungkinan kita untuk dikenal oleh banyak pengguna internet khususnya yang sedang mencari informasi yang sedang mereka cari.

Situs Web Akan Lebih Dipercaya

Situs yang memiliki peringkat paling atas merupakan situs yang memiliki informasi yang berbobot dan berisi informasi yang bermanfaat baginya, sehingga situs web yang berada pada posisi paling atas akan lebih dipercaya dan mungkin dijadikan sebagai referensinya.

Mengurangi Biaya Pemasaran Online

Dengan melakukan optimasi mesin pencari Anda akan lebih menghemat biaya pemasaran dibandingkan dengan melakukan pemasaran secara offline yang mungkin membutuhkan banyak biaya tambahan untuk memasarkan produk Anda. Sehingga dengan melakukan optimasi SEO Anda akan dapat menghemat biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan pemasaran online.

Apa Tujuan SEO ?

Untuk Medapatkan Volume Kunjungan Yang Tinggi

Tujuan utama melakukan optimasi mesin pencari yaitu untuk mendapatkan volume kunjungan yang tinggi, sehingga akan membuka peluang baru ketika pengunjung sudah ada pada situs web kita seperti membaca beberapa konten lainnya yang menarik, membeli beberapa produk yang sedang dicarinya, dan menggunakan jasa atau layanan yang Anda sediakan.

Meningkatnya Pendapatan Melalui Situs Web

Dengan banyaknya tingkat kunjungan yang Anda perloleh setiap hari tentunya akan memberikan peluang yang besar untuk dapat menjual produk Anda melalui situs web. Selain itu, bagi situs web yang menyediakan konten atau informasi wawasan mungkin Anda memiliki pendapatan melalui iklan yang Anda pasang, tentunya dengan trafik atau kunjungan tinggi yang datang setiap hari ke situs web Anda akan meningkatkan pendepatan Anda melalui iklan tersebut.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

14 Komentar untuk "Apa Itu SEO ? Inilah Pengertian dan Fungsinya"

  1. Bakalan jadi e-book ni, kalau sudah jadi saya minta ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahay, iya juga sih ya bisa saya jadikan ebook, nanti deh sambil berjalannya waktu akan saya buatkan...

      Hapus
  2. Saya juga saat ini sedang dalam proses belajar kang ilmu SEO meski sudah tahu sedikit tapi saya ini benar benar menguasainya, makasih nih kang ilmu SEOnya bisa saya pelajari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang, mari kita pelajari ilmu seo biar jualan makin banyak, hehe

      Hapus
  3. Sebelum menemukan formula ilmu SEO yg benar, Saya selalu menganggap Belajar SEO itu susah, SEO itu ribet. Namun kalo sudah terbiasa, maka menerapkan ilmu seo seperti meminum vitamin untuk kesehatan tubuh. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingin sehat minum vitamin ya kang, tapi kalau ingin pinter ngeblog "makan" Seo... hahaha...

      Hapus
    2. kalau pengen blog cantik pakai css, kalau pengen tubuh sehat minum vitamin, wkwkw

      Hapus
  4. Ini artikel Seo versi profesional ya kang, kalau saya mah versi pemula bisanya, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya nulis seadanya kang bagi-bagi ilmu aja, hehe...

      Hapus
  5. dulu waktu baru bikin blog sempet belajar SEO tapi sekarang uda ga mikirin apakah blog ramah seo apa ga hehe

    BalasHapus
  6. Seo on page sangat penting memang mas, blog tanpa seo pasti capek nyepam terus mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, tidak hanya onpage dong off page juga harus dilakukan biar seimbang

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel