Cara Mengendalikan Komputer Dari Jarak Jauh

Pernahkah kamu berharap bisa mengakses beberapa file komputer di tempat kerja, ketika kamu sedang duduk dirumah? Ketika itu juga kamu memerlukan file dokumen yang ada di dalam komputer kantor tersebut? kamu dapat membuat sebuah konfigurasi sederhana untuk mengaksesnya tanpa perlu pergi kekantor untuk mengambil filenya, karena mungkin jarak yang jauh atau alasan yang lain. Ada berbagai cara untuk melakukan hal ini, termasuk built-in tools. Dibawah ini akan kami jelaskan Cara Akses Komputer lain dari Komputer Anda, simak baik-baik:
Cara Mengendalikan Komputer Dari Jarak Jauh

Menggunakan Windows Remote Desktop (PC)

Aktifkan Remote Desktop pada komputer yang ingin diakses. Lalu pada komputer lain yang ingin kamu akses, maka harus mengaktifkan Remote Access juga sehingga komputer lain dapat terhubung. Anda dapat mengaktifkan fungsi ini pada versi Pro atau Enterprise dari windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Metode ini mengharuskan kita berada di jaringan yang sama dengan komputer yang ingin diakses, baik melalui router atau melalui VPN.
  • Tekan tombol Windows + Pause untuk membuka menu System. Sebuah metode alternatif yaitu dengan mengklik menu Start, membuka Control Panel, klik System and Security, kemudian klik System. Klik link "Remote Settings" di sisi kiri windows.
  • Periksa kotak "Allow remote connections to this computer". kamu dapat menyesuaikan beberapa opsi lanjutan, seperti lamanya waktu dengan mengklik tombol "Advanced".
  • Tambahkan pengguna. kamu perlu mengatur mana pengguna yang dapat login jarak jauh. Klik tombol "Select User", kemudian klik tombol Add. lalu Memilih pengguna yang ingin ditmbahkan.
  • Cari nama system. Bila kita terhubung ke komputer, maka perlu mengetahui nama sistem. kamu dapat menemukannya dengan menekan tombol Windows + Pause dan mencari "Computer name".
  • Menonaktifkan mode Sleep. kamu tidak akan dapat terhubung ke komputer yang sedang dalam metode sleep atau di Hibernate. Pastikan untuk menonaktifkan ini jika ingin menghubungkannya dari jarak jauh.
- Buka Control Panel dan kemudian pilih Power Options.
- Klik tautan "Change plan settings" di samping active plan.
- Set Sleep dan Hibernate ke Never. Klik "Simpan perubahan".

Terhubung ke komputer. Log on ke komputer yang ingin kamu gunakan untuk menghubungkan ke komputer remote.
Klik menu Start dan masukkan "koneksi remote desktop" ke dalam kotak pencarian.
Klik untuk membukanya.
Masukkan dalam nama sistem komputer yang Anda ingin dihubungkan.
Masukkan nama pengguna.
Klik "Show options" untuk membuka opsi lanjutan untuk koneksi. Kamu dapat menggunakan opsi ini untuk men-tweak koneksi untuk memberikan kinerja terbaik, serta mengkonfigurasi suara dan layar.
Klik Connect untuk mulai menghubungkan ke komputer. Ketika sambungan dibuat, layar komputer lain akan muncul di jendela di komputer kita. Kamu dapat menavigasi Windows seperti biasa.

Open port 3389 untuk memungkinkan koneksi melalui internet. Jika ingin terhubung ke komputer remote secara langsung melalui internet, tanpa harus menggunakan VPN, kamu akan perlu membuka port 3389 pada firewall komputer. Ini akan mengekspos Remote Desktop ke internet, yang berarti berpotensi siapa pun bisa mengaksesnya. Untuk alasan ini, sangat disarankan untuk memiliki password yang sangat kuat.
  • Untuk mengetahui bagaimana membuka port pada router, simak panduan ini.
  • Setelah membuka port 3389, nanti akan dapat terhubung ke komputer dengan memasukkan alamat IP (eksternal) publik. Untuk menemukan alamat IP publik, periksa panduan ini. Ingat, kita akan memerlukan alamat IP komputer agar bisa terhubung.
Terhubung ke remote desktop dengan android/smartphone. Jika kamu menjalankan Windows 8 atau 8.1 Professional, maka kamu dapat terhubung ke remote desktop melalui aplikasi resmi Microsoft di iOS dan Android. kamu harus memiliki Remote Desktop yang sudah dikonfigurasikan pada komputer.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengendalikan Komputer Dari Jarak Jauh"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel