Apa Itu Backlink ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Backlink ? Inilah Pengertian dan Fungsinya - Backlink memberikan peranan penting dalam meningkatkan kualitas SEO sebuah halaman web, hal ini menjadikan backlink haruslah dimiliki oleh setiap website. Website yang memiliki backlink berkualitas tentu lebih baik dibandingkan dengan website yang memiliki banyak backlink namun dengan kualitas backlink yang rendah apalagi jika dibandingkan dengan website yang tidak memiliki backlink tentu itu akan kalah jauh.

Jumlah backlink memang digunakan oleh sebagian mesin telusur untuk mempertimbangkan seberapa layak web atau blog tersebut untuk tampil pada hasil penelusuran, hal ini menunjukan bahwa backlink sangat berperang penting untuk meningkatkan posisi blog kita pada SERP (Search Engine Result Page). Namun, bukan berarti yang paling banyak memiliki backlink akan memiliki hasil penelusuran yang bagus, sudah saya katakan sebelumnya bahwa memiliki backlink yang berkualitas walaupun itu sedikit lebih baik dibandingkan dengan memiliki backlink yang banyak tetapi memiliki kualitas yang baik.

Baca juga: Apa Itu SERP ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Selain itu, bicara soal backlink pasti akan ada kaitannya dengan namanya pagerank, pagerank itu sendiri didapatkan dari seberapa banyak dan berkualitasnya sebuah backlink, dan dan backlink yang berkualitas itu tergantung dari seberapa tinggi pagerank yang dimilikinya. Tetapi hal ini bukanlah suatu tolak ukur yang mutlak untuk menilai seberapa berkualitasnya backlink dan pagerank karena masih banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhinya.

Baca juga: Apa Itu PageRank ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Nah, beberapa hal diatas sangatlah penting kita pelajari untuk memaksimalkan hasil penelusuran konten blog kita agar lebih banyak visitor yang bisa kita dapatkan. Baik backlink maupun pagerank yang merupakan faktor penentu pada hasil penelusuran, yang perlu kita lakukan adalah membuat konten atau artikel yang berkualitas ini juga akan memberikan dampak positif bagi situs kita, tak sedikit orang yang membaca konten atau artikel yang berkualitas akan membagikannya atau bahkan memberikan sebuah backlink atau tautan dari situs yang dimilikinya untuk kita.

Apa Itu Backlink ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Backlink ?

Backlink adalah link yang masuk ke sebuah situs web dari situs web yang lainnya, ini berarti bahwa sebuah link yang masuk di katakan backlink jika berasal dari situs web yang berbeda. Backlink juga dikenal dengan istilah inbound link, inlink, tautan balik ataupun link masuk. Pada dasarnya backlink merupakan sebuah link yang diterima dari berbagai situs web, baik itu mengarah pada akar domain atau domaian utama, direktori atau folder, maupun mengarah pada konten atau artikel dari sebuah halaman web.

Apa Fungsi dan Manfaat dari Backlink ?

Tentu banyak sekali manfaat dari backlink yang mungkin tidak bisa kita rasakan secara langsung. Namun, saya akan berikan beberapa poin utama yang dapat Anda peroleh jika menggunakan backlink untuk sebuah situs web yang Anda miliki, diantaranya sebagai berikut :

1. Meningkatkan Posisi di SERP

Memiliki SERP yang baik sangatlah bagus untuk situs web kita, karena dengan begitu akan dengan mudah kita mendapatkan visitor atau pengunjung yang datang pada situs kita. Dengan menggunakan backlink yang berkualitas dan jumlah yang cukup banyak tak heran hal ini akan dengan mudah mendongkrak posisi konten kita pada hasil penelusuran kita, sehingga dengan mudahnya kita dapat menempati uratan pertama pada hasil penelusuran.

2. Mempertahankan Posisi di SERP

Selain untuk meningkatkan kita juga bisa menggunakan backlink untuk terus mempertahankan posisi SERP kita pada hasil penelusuran, karena hal ini perlu kita lakukan untuk tetap menjadi posisi konten kita agar tetap memiliki posisi yang teratas pada hasil penelusuran yaitu dengan memberikan backlink yang cukup.

3. Meningkatkan Visitor Situs Web

Jika backlink dapat meningkatkan dan mempertahankan posisi SERP maka tidak salah lagi jika visitor Anda akan meningkat secara drastis. Hal ini disebebkan karena konten yang berada pada urutan pertama memiliki rasio yang tinggi untuk di klik atau di kunjungi, sehingga ini akan berpengaruh pada jumlah visitor yang kita dapatkan.

Baca juga: Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog

4. Meningkatkan Penjualan

Bagi Anda yang menggunakan web atau blog sebagai situs jual beli online mungkin akan merasakan penjualan yang begitu meningkat setiap harinya, hal ini dikarenakan pengunjung yang begitu banyak. Tentunya Anda harus meningkatkan kualitas backlink untuk setiap produk yang Anda jual sehingga setiap produk yang Anda jual akan dengan mudah di temukan pelanggan Anda pada hasil penelusuran.

Baca juga: Trik Promosi Online Agar Dilirik Calon Pembeli

5. Meningkatkan Ranking Situs Web

Sebagian blogger mungkin tahu, alexa rank merupakan sebuah situs web yang memberikan ranking pada setiap website yang ada di internet sesuai dengan trafik, backlink, dan lainnya. Dengan backlink yang Anda perloleh akan dapat meningkatkan rank yang baik, lalu apa manfaat dari rank website tersebut. Hal ini bukanlah faktor penentu bahwa situs yang memiliki rank tinggi lebih baik dibandingkan situs yang memiliki rank rendah. Yang perlu kita ketahui adalah bahwa renking tersebut diberikan sesuai dengan jumlah trafik dan backlink yang dimiliki oleh situs web kita.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat yang dapat Anda peroleh jika menggunakan backlink untuk kebutuhan situs web Anda. Masih banyak lagi manfaat backlink yang tidak bisa semuanya saya tulis disini, oleh karena itu Anda bisa langsung memulainya dengan mencari backlink yang berkualitas bagi situs Anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink ?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh backlink mungkin untuk lebih lengkapnya akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. Untuk bisa mendaptkan backlink caranya sebagai berikut :
<a href="URL" title="JUDUL">JUDUL</a>

Format HTML tersebut sudah cukup untuk membuat sebuah backlink, Anda hanya perlu mengganti kata URL dan JUDUL, kemudian Anda cari kotak komentar atau postingan yang support dengan format HTML.

Cara kedua Anda bisa berkomentar di berbagai blog mauapun forum dan gunakan link atau tautan sebagai komentar Anda, akan lebih baik jika konten Anda memang dibutuhkan oleh banyak orang dan dapat memberikan sebuah jawaban ataupun dapat membantu memperbaiki sebuah masalah teknis hal ini akan lebih baik mungkin dapat menarik beberapa pembaca kepada situs Anda.

Baca juga: 12 Backlink Guest Book Berkualitas

Itulah sedikit pengertian dari backlink yang bisa saya jelaskan, mungkin untuk lebih jelasnya bisa juga membaca referensi dari berbagai web yang lainnya.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

8 Komentar untuk "Apa Itu Backlink ? Inilah Pengertian dan Fungsinya"

  1. Waah fungsi backlink ternyata banyak banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, fungsi dan manfaatnya banyak untuk blog

      Hapus
  2. setelah kemarin mendapat suguhan 12 backlink, sekarang baru pengertiannya dan fungsinya, bagen dah tebalik ge...penting mah posting ya mang

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, bukan gitu mang, awalnya saya gak tau mau posting apa, yang saya punya backlink ya udah saya share aja, eh tau-tau pas pertengahan nulis keinget istilah backlink jadi di tulis deh pengertian backlink dan baru sempat post sekarang, di atas juga masih ada pengertian serp dan pagerank yang belum sempat di tulis, hehe

      Hapus
    2. seterah mang admin mo alesan pegimane ge....emangnya gue kudu bilang WAW...gituh?

      Hapus
  3. Bisakah kita mencuri backlink dari blog berkualitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas, kan banyak tuh situs yang bisa lihat backlink kalau bisa sih berlangganan yang pro, jadi kita bisa lihat semua backlink web kompetitor

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel