Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog - Pengunjung blog adalah suatu hal yang penting bagi blog itu sendiri, trafik adalah hal yang paling dicari para blogger baik itu blogger professional maupun blogger newbie , karena traffik adalah nyawa dari blog itu. Blog tanpa pengunjung ibarat kuburan yang tdak pernah dikunjungi kalaupun ada hanyalah orang yang berziarah dan penjaga kuburan itu sama halnya dengan blog yang tidak pernah dikunjungi kalaupun ada pasti hanya orang yang benar-benar memiliki keperluan khusus seperti blogwalking dan sebagainya.
Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog

Ada 2 jenis traffik yaitu, traffik organik dan non-organik. Traffik organik adalah traffik murni atau berasal dari search engine asli, sedangkan traffik non-organik ialah traffik yang berasal dari sebar link seperti, blogwalking, share ke sosmed, ataupun hasil dari promosi blog. Nah disini saya akan membagikan beberapa cara meningkatkan pengunjung blog yang saya ketahui berikut beberapa cara-caranya :

Trafik Non-Organik

1. Blogwalking

Blogwalking bisa dibilang sebagai kunjungan ke blog orang lain, lalu kita meninggalkan jejak seperti berkomentar  dan admin blog yang kita komentari tadi akan balik berkunjung ke blog kita dan memberikan komentar juga di blog kita. Blogwalking ini cara yang paling mudah dalam mencari pengunjung non-organik, cara ini biasa digunakan di grup sosial media seperti facebook dan komunitas blogger lainnya.

2 . Share Ke Sosial Media

Cara yang kedua ialah dengan share artikel ataupun blog kita ke berbagai sosial media seperti facebook, twitter, path, google+, dll. Namun biasanya jika kita share sembarangan orang tidak akan mengklik situs atau blog kita tersebut dan untuk itu saya akan berikan sedikit saran agar situs yang kita share tadi.

  • Share di grup yang berhubungan dengan topik

teknik pertama ialah dengan share di grup yang sesuai dengan topik blog anda misalnya blog Anda memiliki tema tentang kesehatan berarti Anda harus share di grup yang bertema kesehatan juga.

  • Share di grup blogger 

Yang kedua ialah share di grup komunitas blogger, biasanya blogger lainnya akan melihat-lihat blog orang lain baik itu ingin mendapatan ide atau hanya sekadar menambah wawasan.

  • Gunakan caption atau judul yang menarik

Saat share gunakan caption yang menarik agar banyak orang yang mengklik link atau situs tersebut namun jangan pernah memberikan berita yang belum tentu kepastiannya yang bersifat kebohongan ini akan membuat para pembaca blog tidak menyukai blog Anda yang akhirnya malah blog Anda tidak di kunjungi. Gunakanlah judul yang menarik namun tepat sesuai dengan sasaran dan dapat menjadikan orang bertanya-tanya pada disirinya sendiri, pasti dia akan mengklik tautan atau blog yang kita bagikan.

  • Tag orang yang berkaitan 

Nah jika Anda sering bermain sosial media alangkah baiknya ketika membagikan tautan blog Anda di sertai dengan meng tag teman yang Anda kenal, karena selain mencakup jangkauan yang luas orang yang akan membaca ini, hal ini juga bisa menarik perhatian teman-teman mereka yang akhirnya akan berkunjung ke blog kita.

2. Masukkan di Situs Sosial Bookmarking atau Yang Lainnya

Masukkan situs atau artikel Anda ke situs sosial bookmarking yang banyak dikunjungi orang sehingga lebih mudah untuk mendapatkan traffik dari sana, namun jangan gunakan situs social bookmarking yang sepi atau buruk. Saya sarankan mengsubmit artikel di vivalog atau finspi karena jauh lebih berkualitas.

3. Mencari Backlink

Cara yang ketiga ialah dengan mencari backlink, backlink tidak hanya berguna bagi seo tetapi juga sebagai tautan balik atau situs perujuk, semakin banyak Anda memasang backlink di blog dengan pagerank tinggi maka semakin mudah Anda mendapatkan pengunjung. Selain itu, backlink juga dapat membantu mendorong artikel Anda agar bisa berada pada halaman 1 pencarian google, sehingga dengan backlink Anda juga mampu mendapatkan traffik organik yang berasal dari mesin pencari langsung.

Traffik Organik

1. Buat Artikel Berkualitas 

Buat artikel yang berkualitas karena artikel akan mempengaruhi nilai seo, semakin bagus nilai seo Anda maka semakin mudah Anda menduduki posisi paling atas di mesin pencari. Dan jika artikel atau blog Anda sudah menduduki posisi paling atas di mesin pencari maka akan semakin mudah Anda mendapatkan traffik organik.

2. Riset Keyword

Cara meningkatkan pengunjung blog selanjutnya ialah dengan riset keyword, riset ini bertujuan agar keyword Anda lebih banyak dicari oleh orang sehingga mudah mendapatkan traffik,  namun itu juga tergantung Anda dalam melakukan teknik seo karena biasanya keyword dengan volume tinggi lebih sulit unuk kita menduduki posisi atas mesin pencari jika belum paham betul mengenai seo.

Riset keyword ini bisa Anda lakukkan dengan menggunakan tools yang sudah di sediakan oleh google yaitu keyword planner. Tools ini akan membantu Anda dalam mencari kata kunci yang tepat sesuai dengan sasaran Anda, selain itu tools ini juga gratis untuk Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Email Gmail Gratis

Itulah beberapa langkah yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan visitor atau traffik blog Anda, langkah di atas belum semuanya sempurna masih ada beberapa lagi yang perlu saya sampaikan. Namun dengan keterbatasan waktu yang saya miliki saya akhiri artikel ini sampai disini dan akan saya update kembali nanti. Cara di atas ampuh untuk dapat meningkatkan pengunjung blog Anda asalkan Anda melakukannya dengan baik dan benar, dan perlu Anda ingat teknik seo itu tidak ada yang instan oleh karenanya akanmembutuhkan waktu untuk mengetahui perubahannya, asalkan di lakukan secara rutin dan teratur pasti visitor blog semakin banyak.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

22 Komentar untuk "Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog"

  1. Wah mantep mas caranya..
    Bisa dipraktekkan satu persatu :D

    BalasHapus
  2. Thanks trik dan tipsnya. Banyak orang lupa untuk BW dan selalu sibuk buat konten. Padahal konten sebagus apapun bila tidak dikenalkan kepada orang lain, orang lain tidak akan dapat membacanya, kecuali memang dia butuh benar dan mencarinya dari SE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap betul sekali mas, setidaknya kita harus seimbang dalam membuat konten dan mempromosikan konten lainnya

      Hapus
  3. Lah ini baru tau saya... ternyata seperti itu ya buat meningkatkan pengunjung.. selama ini sya cuma blogwalking doang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, silahkan di coba mas, tapi blogwalking juga lumayanlah buat nambah visitor

      Hapus
  4. tutorialnya pro banget nih, bahasanya mudah dimengerti, makasih mas tutorialnya

    BalasHapus
  5. Yang sudah kerasa sama sayamah blogwalking gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ya kang, blogwalking juga mantap efeknya asalkan rutin aja ya...

      Hapus
  6. mungkin ada beberapa dari cara diatas yang saya praktekan hehee :)
    saya akan peraktekan lagi yang lainya ..

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kang kalau saya mah sudah pernah mencoba hampir semuanya tapi hanya beberapa saja yang belum pernah nyoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa saja tuh, di coba dong, siapa tau bisa nambah lagi visitornya hehe...

      Hapus
  8. Saya juga sudah coba semuanya neh, tfs ya

    BalasHapus
  9. cara ini kayanya memang topcer buat gaet pengunjung blog, tapi susah buat saya ngerjainnya mas. tapi okelah saya coba dikit-dikit sapa tau ntar kebanjiran pengunjung. makasih tutorialnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, alon-alon asal kelakon mas, dikit-dikit juga pasti jadi banyak hehe, harus di coba dan di terapkan

      Hapus
  10. Binggo mas..
    klo mau meningkat pengunjung, emng hrus kerja keras utk mencapainya dgn trik diatas ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, harus semangatlah cari pelanggan kalau istilah jualannya mah hehe...

      Hapus
  11. sampe sekarang saya masih bingung gmn riset keyword yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, nanti saya post disini tapi mungkin agak lama

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel