Mengenal Fitur Yang Ada di Blogger

Mengenal Fitur Yang Ada di Blogger
Mengenal Fitur Yang Ada di Blogger - Yang punya blog pasti sering membuka dashboardnya, tapi kadang masih ada yang belum paham mengenai fungsi atau fitur yang ada di blogger. Nah kali ini saya akan mengenalkan kepada kalian masing-masing fitur yang ada di blog, semoga Anda dapat mengenalnya lebih dalam lagi sehingga ngeblog akan terasa asik dan menyenangkan. Simak gambar dibawah ini ya, akan saya jelaskan sesuai angka yang sudah saya berikan.

Mengenal Fitur  Yang Ada di Blogger Dashboard

1. Blog Saya

Blog saya adalah judul dari blog milik kita, nah Anda bisa lihat pada gambar di atas
untuk lebih jelasnya. Judul blog wajib kita isi saat melakukan pendaftaran membuat blog, jadi membuat judul blog haruslah baik untuk kita semua.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog Gratis

2. Entri Baru

Entri baru adalah fitur untuk membuat artikel baru, nah bagi Anda yang baru saja memiliki blog jika ingin membuat artikel baru Anda bisa mencoba menggunakan fitur ini hanya dengan 1 klik saja.

3. Ikhtisar

Ikhtisar merupakan fitur untuk melihat statistik blog kita, contohnya seperti pada gambar di atas, itu adalah gambar yang saya ambil dari ikhtisar blog, Anda juga bisa lihat di sebelah kanan judul blog ada tulisan ikhtisar yang memberikan informasi bahwa Anda sedang berada pada halaman ikhtisar blog.

4. Pos

Untuk Anda yang baru bergabung dengan blogger dapat menggunakan fitur ini untuk melihat semua artikel yang sudah kita tulis, nah disana kita juga bisa menghapus dan mengedit artikel kita.

5. Laman

Laman beda halnya dengan pos, laman merupakan page atau halaman tertentu biasanya ini di isi dengan konten yang bersifat permanen karena tidak memiliki tanggal post pada url atau link dari laman yang sudah kita buat, biasanya laman ini di gunakan untuk membuat konten seperti about, contact, dan lainnya. Berbeda dengan pos yang cocok untuk kita gunakan untuk menulis konten artikel.

6. Komentar

Disini Anda dapat melihat semua komentar dari pengunjung termasuk komentar Anda sendiri yang di tulis pada kolom komentar pada setiap artikel blog.

7. Statistik

Hampir sama dengan ikhtisar, namun statistik ini bersifat lebih spesifik lagi, Anda dapat melihat jumlah tayangan per hari, per minggu, per bulan dan jumlah total penanyangan yang dimiliki blog itu. Anda juga bisa melihat sumber lalu lintas pengunjung yang artinya pengunjung datang dari mana saja, Anda bisa melihatnya disini. Anda juga dapat mengetahui artikel yang memiliki penanyangan terbanyak hingga 10 artikel.

8. Kampanye

Baru-baru ini fitur kampanye di luncurkan pada blogger, fitur ini berfungsi untuk mempromosikan blog kita kepada setiap orang yang melihatnya, sama halnya dengan kita memasang iklan di google dan tentunya kita harus bayar.

9. Tata Letak

Tata letak merupakan letak widget-widget yang ada di blog, namun letak widget ini posisinya sudah di atur oleh seorang designer template yang Anda gunakan. Tata letak ini bisa kita atur sesuai dengan keinginan kita, namun Anda harus paham terlebih dahulu setiap kode atau script yang di gunakan di blogger.

10. Template

Disini adalah kumpulan kode atau script yang mengatur tata letak tersebut, di sini Anda dapat mengganti template sesuai dengan template yang sudah di sediakan blogger atau Anda bisa juga mengganti template blog sesuai dengan keinginan Anda atau Anda bisa menggunakan template costum yang Anda miliki. Selain itu, disini kita juga dapat melakukan backup pada template yang sedang kita gunakan.

Baca Juga : Cara Mengganti Template Blog

11. Setelan

Setelan atau setting, disini merupakan pengaturan utama yang perlu Anda ketahui, pada bagian setelan ini, Anda dapat mengatur judul, deskripsi, privasi, alamat blog, penulis atau admin blog, dan pembaca blog sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu Anda juga dapat mengatur pos, komentar, bahasa, dan lainnya.

12. Penayangan

Penayangan ini merupakan isi dari menu ikhtisar di atas, penayangan ini memberitahukan kepada kita jumlah perhari artikel yang dilihat oleh orang yang membaca artikel kita dalam kurun waktu 7 hari.

13. Pembaruan

Pembaruan yang merupakan isi dari ikhtisar di atas memberikan informasi kepada kita jumlah komentar yang di moderasi atau yang menunggu persetujuan kita sebelum di tampilkan di blog kita, mengetahui jumlah keseluruhan komentar yang ada di blog kita, jumlah penayangan atau page view untuk hari ini saja, mengetahui jumlah pos atau artikel yang ada di blog kita, dan untuk mengetahui jumlah orang yang mengikuti blog kita.

Mungkin dari beberapa penjelasan di atas Anda masih bingung dan kurang paham, Anda bisa langsung menanyakannya kepada saya. Dan jika penjelasan di atas sudah Anda pahami maka saya sangat merasa senang, karena dengan mengenal fitur blogger ini Anda akan lebih mudah untuk melakukan blogging sehingga terasa lebih asik dan menyenagkan, semoga setelah kita mengetahui arti atau fungsi dari fitur yang ada di blogger dapat membuat kita lebih semangat lagi untuk menulis konten yang bermanfaat bagi orang lain.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

24 Komentar untuk "Mengenal Fitur Yang Ada di Blogger"

  1. Muantappp sekali kang lengkap banget kalau inimah dari mulai dasar sampai ke menengah kebabat semua, kalau seperti ini tentu memudahkan untuk para pemula mengerti lebih jauh lagi tentang dalaman blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahay, iya kang mudah-mudahan pada ngerti setelah baca ini yah...

      Hapus
  2. Mantap gan, tapi keknya kurang Fitur " Penghasilan " gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah iya yah, haha
      tapi secara default kalau orang Indonesia yang daftar bahasa di setelan juga masih bahasa Indonesia, jadi fiturnya penghasilan tidak terbuka. Thanks masukannya bro...

      Hapus
  3. Kalau Sayamah lebih sering pake yang poin 7,,, heheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, selalu di monitoring nih pengunjungnya kang...

      Hapus
  4. mintip nih ilmu bloggernya, saya ge sering lupa malah ada beberapa fitur blog yang mati paham, untung kesini, jadi tau deh...sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. si mamang bisa aja, semoga bermanfaat deh informasinya ya...

      Hapus
  5. no 8 mas yang mau saya lakukan tapi uangnya belum ada uantuk kampanye hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mantap, kalau rencana ane sih ngiklan di facebook aja... tapi kalau ngiklan mending kita harus punya produk karena kalau hanya promosi artikel saja buang-buang uang, mending pake buat beli backlink bro

      Hapus
  6. ini penting nih dipelajari tentang berbagai fitur di blogger ini, khususnya bagi kawan2 yang baru belajar blogging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, sama hal nya kayak saya, harus banyak-banyak belajar nih...hehe

      Hapus
  7. Balasan
    1. oke bro, semoga bermanfaat artikelnya, dan bisa memahami blogger lagi lebih dalam

      Hapus
  8. mantap artikelnya gann....sukses selalu :)

    BalasHapus
  9. Fitur ini wajib dihafalkan dan wajib diketahui bagi pengguna blogspot. Dan fitur ini pasti sangat dan sering dikunjungi oleh pengguna.

    BalasHapus
  10. saya akan komentar ke poin no.8 ah ..
    Kampanye dari Blogspot ini adalah sarana mempromosikan blog melalui Google AdWords. Kita bisa membaca tautan diatas untuk mendapatkan kupon gratis dan menautkan dengan fitur Kampanye. Dengan begitu, Kita bisa melakukan penghematan untuk iklan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas untuk tambahannya, semoga yang lain bisa memahami fitur ini ya

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel