Pengertian Wordpress dan CMS

Pengertian Wordpress dan CMS - Apakah Anda terumasuk pengguna wordpress ? Sudah tahukan apa itu wordpress dan CMS ? Jika belum, Anda dapat mengetahui informasi mengenai pengertian wordpress dan cms. Wordpress merupakan cms yang paling banyak digunaakan sampai saat ini, selain mudah di gunakan wordpress juga memiliki fitur yang lengkap dan tentunya sangat mudah untuk di pahami dan di gunakan oleh kalangan awam atau yang baru saja mengenal wordpress, oleh karena itu wordpress di jadikan sebagai cms favorit oleh setiap penggunanya.

Perlu Amda ketahui bahwa wordpress memiliki 2 jenis yaitu gratis (free) yang dapat Anda dapatkan di wordpress.com dan wordpress yang berbayar (premium) dari wordpress.org, nah yang akan kita bahas disini adalah wordpress premium atau yang berbayar karena wordpress tersebut menggunakan cms wordpress. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian dari wordpress dan cms silahkan simak pengertiannya dibawah ini :

Apa Itu CMS ?

Content Management System atau yang sering disingkat CMS merupakan sistem yang digunakan untuk mempublish, mengedit, menghapus, dan mengorganisasikan konten dari suatu web. Dalam pembuatan website tentu kita membutuhkan CMS ini untuk lebih memudahkan kita dalam mengatur atau menyesuaikan konten, tapi tanpa cms juga kita dapat memiliki website sederhana layaknya seperti blogger ini.

1. Apa Saja Yang Termasuk Perangkat Lunak CMS ?

Banyak sekali perangkat lunak atau software berbasis web based ini yang menggunakan cms, Anda bisa melihat beberapa perangkat lunak cms dibawah ini :
  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
  • Plone
  • Typo3
  • vBulletin
  • Prestashop
  • Magento

2. Apa Saja Manfaat CMS ?

Tergantung Anda sendiri yang menggunakannya untuk apa, tentu manfaat dari masing-masing cms bisa Anda optimalkan sendiri. Namun beberapa informasi yang saya ketahui mengenai cms sesuai dengan pengalaman saya yaitu contohnya wordpress, drupal, dan joomla yang bisa Anda gunakan untuk membuat profile perusahaan, blog pribadi, bahkan online shop juga bisa, sedangkan prestashop dan magento di fokuskan hanya untuk website online shop saja. Tetapi beberapa manfaat secara umum dari semua cms yang ada bisa Anda lihat dibawah ini :
  • Website perusahaan (profile perusahaan, bisnis, komunitas)
  • Website atau blog pribadi
  • Website portal (pemerintahan dan edukasi)
  • Website pengelola galeri atau video
  • Website e-commerce atau online shop
Pengertian Wordpress dan CMS

Apa itu WordPress ?

Wordpress merupakan layanan penyedia situs web dan blog, ada yang gratis (wordpress.com) dan juga ada yang berbayar (wordpress.org). Wordpress yang gartis sama halnya seperti blogger juga, namun untuk wordpress yang berbayar itu beda sekali, tentu fitur yang diberikan juga sangat banyak dan tentunya kita dapat mengelola website secara maksimal dengan menggunakan wordpress berbayar tersebut.


Selain itu wordpress juga termasuk salah satu cms yang paling banyak digunakan hingga sampai saat ini, oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba cms yang satu ini dengan mengeluarkan biaya yang cukup lumayan juga karena kita perlu membeli sebuah hosting.

Mengapa Harus Menggunakan WordPress ?

Ketimbang menggunakan cms lain, cms wordpresslah yang paling unggul, selain memiliki pengguna yang mendominasi cms wordpress ini juga memiliki plugin yang banyak, tentunya plugin ini mampu memudahkan kita dalam mengoptimalkan sebuah web wordpress.

Selain itu wordpress juga memiliki perkembangan yang sangat baik hingga samapai saat ini worspress sudah masuk ke versi 4.5 atau bahkan lebih tinggi lagi. Dari awalnya muncul cms wordpress pada tahun 2003 lalu, yang di khususkan untuk membuat sebuah blog pribadi sama halnya seperti blogger sekarang, namun wordpress memilih untuk menjadikan cms wordpress ini dapat di gunakan oleh berbagai macam jenis situs yang berbeda-beda walaupun tetap hanya dengan 1 cms ini, yaitu dengan wordpress Anda dapat membuat suatu web atau blog pribadi, web perusahaan, situs edukasi atau pembelajaran, hingga situs online shop yang dapat Anda buat dengan mudah menggunakan wordpress.

Jadi menggunakan wordpress Anda lebih banyak memiliki keuntungannya, tapi kembali lagi dengan Anda yang akan menggunakan cms dari mana dan itu perlu di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian masing-masing cms khususnya cms wordpress yang satu ini.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

14 Komentar untuk "Pengertian Wordpress dan CMS"

  1. Nggak mudeng ane mas :D
    dulu pernah pake wp. Tapi tak hapus akibat kurang paham dan kurang terbiasa.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, nah itulah wordpress kalau untuk yang sudah kenal blogger terus pakai wordpress beuh bakalan pusing mas, tapi kalau di biasakan pasti oke ko hehe...

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasih pale lu peyang...?!

      #imbas sebel baca komentar basa-basi keginih....jangan di BW in balik mang....tuman

      Hapus
    2. wkwkw, payah tuh dari facebook, males saya kalau komen panjang-panjang cuman di bales kayak gitu mang, hadeh...

      Hapus
  3. saya rada jengah sama yang namanya WordPress, tiap kali mau komentar di WP pasti disuruh masuk akun, begitu masuk pasti nama/email dan Pasword nya selalu dianggap salah....makanya males...dan bikin kesel, nemen-nemen amat guwa sama WP, mendingan kagak maen WP ajah ah....begitu selalu gumamku dalam hati....lagian emang si WP teh siapa sih...ribet banget maeninnya....huh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, semangat mang, kalau sudah paham pasti jos banget wp juga...

      Hapus
  4. Dari awal kena blog, saya prefer dgn wordpress daripada blogger, entah kenapa lebih rapi di WP daripada blogger. Mungkin beda-beda selera kali ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mba tentunya kita punya pilihan masing-masing, lanjutkan mba main wp nya hehe...

      Hapus
  5. dlu pernah pke WP, meski banyak fitur unggulan di WP, tapi saya nya gagal faham mlu :D, akhirnya pindah ke blogspot, baru tau klo WP ada yang berbayar juga toh

    BalasHapus
  6. pengen belajar yang pretashop, biar toko online saya kerenn..., hehehe

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel