Apa Itu Cuplikan Unggulan di Penelusuran

Apa Itu Cuplikan Unggulan di Penelusuran - Cuplikan unggulan di hasil penelusuran Google sangatlah membantu setiap orang yang memiliki pertanyaan kepada Google. Dengan fitur ini kita bisa mendapatkan jawaban terbaik dari berbagai macam web blog sehingga orang yang bertanya kepada Google akan lebih cepat mendapatkan jawabannya. Tentunya fitur ini sangat diminati oleh banyak blogger, setiap fitur unggulan pasti berada pada posisi paling atas sehingga kita bisa mendapatkan trafik atau visitor yang lebih banyak lagi. Nah, lalu apa pengertian atau definisi dari cuplikan unggulan, dan bagaiman mana caranya agar artikel kita bisa di jadikan sebagai cuplikan unggulan di hasil penelusuran Google ? simak penjelasannya dibawah ini :

Baca Juga : Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog

Apa Itu Cuplikan Unggulan ?

Cuplikan Unggulan (Featured Snippet) adalah ringkasan jawaban dari pertanyaan yang di ajukan oleh pengguna di Google Penelusuran, cuplikan unggulan ini berisi judul laman, paragraf, tautan ke laman, dan URL. Google akan menampilkan ringkasan jawaban dalam bentuk blok di posisi paling atas laman hasil penelusuran. Cuplikan unggulan mungkin akan terlihat seperti ini di laman penelusuran Google :
Apa Itu Cuplikan Unggulan di Penelusuran

Dari Mana Ringkasan Jawaban Berasal ?

Ringkasan jawaban yang di tampilkan pada cuplikan unggulan berasal dari laman web yang memberikan jawaban atas pertanyaan yang di ajukan oleh pengguna. Ketika ada kueri yang mengajukan suatu pertanyaan, secara terprogram Google akan menjawab pertanyaan pengguna dan menjadikan cuplikan unggulan yang tampil pada laman penelusuran tersebut.

Bagaimana Agar Artikel Kita Menjadi Cuplikan Unggulan ?

Kita tidak dapat melakukannya sendiri. Secara terprogram, Google akan menentukan apakah suatu laman atau artikel tersebut memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang di ajukan pengguna. Untuk menjadikan artikel kita sebagai cuplikan unggulan adalah dengan cara memberikan artikel atau konten yang berkualitas dan memberikan suatu jawaban atau solusi dari setiap pertanyaan yang umum, sehingga Google akan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.

Bagaimana Agar Artikel Kita Hilang Dari Cuplikan Unggulan ?

Anda dapat menyisihkan diri konten Anda dari cuplikan unggulan dengan memasang meta tag berikut <meta name="googlebot" content="nosnippet"/>. Tindakan ini dapat menghapus semua cuplikan yang ada pada hasil penelusuran. Namun, saya rasa Anda tidak perlu melakukan hal ini, karena cuplikan unggulan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita, konten yang menjadi cuplikan unggulan akan berada paling atas pada blok tertentu sehingga banyak kemungkinan kita akan mendapatkan banyak visitor.


Sekarang sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan cuplikan unggulan ? jadi cuplikan unggulan ini muncul ketika kita mengajukan pertanyaan pada laman penelusuran google misalnya di awali dengan keyword atau kata kunci "apa" "fungsi" "pengertian" namun tidak semua pertanyaan akan di jadikan sebagai cuplikan unggulan, jadi kita tidak dapat menentukan agar konten kita di jadikan sebagai cuplikan unggulan karena ini sudah terprogram secara otomatis.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

11 Komentar untuk "Apa Itu Cuplikan Unggulan di Penelusuran"

  1. Cuplikan Unggulan di Penelusuran biasa juga di sebut sitelink Mas....namun untuk mendapatkan sitelink atau agar blog kita tampil sebagai Cuplikan Unggulan di Penelusuran tidak mudah , membutuhkan waktu serta trafik yang benar benar mumpuni

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga tau mas, bisa di sebut sitelink atau ngga...hehe
      setidaknya konten kita harus memberikan jawaban terbaik pasti bisa jadi cuplikan unggulan di google

      Hapus
  2. untuk menjadikan artikel kita sebagai cuplikan unggulan kalau menurut saya pribadi dan berdasarkan pengalaman mah, kita kudu membuat konten abadi dan yang paling utama sebelum membuat konten abadi tersebut jangan lupa baca Bismillahirohmannirohim...gituh kalaumenurut saya mah tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mang siap lah, bismillahirohmannirohim mudah-mudahan artikel ini bisa jadi cuplikan unggulan, amiin...

      Hapus
  3. Secara terprogram, Google akan menentukan apakah suatu laman berisi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan pengguna, dan menampilkan hasilnya sebagai cuplikan unggulan.

    BalasHapus
  4. kalau yang dimaksud site link blog saya muncul linknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau kita ketik kata kunci homepage blog kita, akan muncul beberapa tautan yang mengarah pada laman blog kita

      Hapus
  5. Saya pengen sekali atuh kang kalau jadi konten unggulan mah karena bisa langsung nangkring dihalaman pertama google dan tentunya jadi banyak visitor dan banyak yang beli, ahi hi hi.

    Tapi kayaknya untuk mewujudkan semua itu harus berjuang keras baik itu otak dan juga tangan deh kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, tapi harus gimana lagi biar dapet cuplikan di google mesti usaha, konten harus memberikan jawaban yang relevan, terus coba di cek ada meta tag nosnippet ga, kalau ada di hapus aja meta tagnya...

      Hapus
  6. Ohh kalo ini mudah kok buatnya,, untuk teman teman bisa cek google webmaster nya masing2, pake bahasa indonesia yah... cari Tampilan Penelusuran > Penyorot Data, Kalau bahasa Inggrisnya adalah Data Highlighter, berikut ini video dari Google langsung penjelasannya.
    https://www.youtube.com/watch?v=WrEJds3QeTw
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel