Membuat Judul Laman Yang Unik dan Akurat

Membuat Judul Laman Yang Unik dan Akurat - Judul pada sebuah laman web memang harus dibuat dengan unik dan akurat, karena judul memberikan pengaruh besar pada hasil penelusuran mesin pencari. Membuat judul laman yang menarik dan tepat memang gampang-gampang susah karena walaupun judul konten yang kita buat menarik dan unik jika tidak tepat dan akurat maka akan sia-sia saja, oleh karena itu kita perlu menggabungkan keduanya dalam memberikan judul yang unik dan tepat pada sebuah laman web.

Sebelumnya saya pernah menjelaskan pengertian SEO fungsi dan manfaatnya, dan artikel ini melanjutkan artikel sebelumnya sesuai daftar isi yang sudah ada. Pada tahap meningkatkan seo web atau blog kita, maka kita perlu memahami dasar-dasar seo salah satunya yaitu penggunaan tag title pada sebuah laman web.

Daftar Isi

Daftar isi diatas merupakan panduan lengkap untuk belajar SEO untuk pemula dari awal hingga mahir, sewaktu-waktu daftar isi tersebut dapat berubah dan akan terus di update secara bertahap.

Membuat Judul Laman Yang Unik dan Akurat

Menunjukkan Judul Laman Menggunakan Tag Judul

Tag judul memberikan informasi kepada pengguna dan mesin telusur mengenai topik tertentu yang ada pada sebuah situs web. Tag judul <title> ditempatkan pada bagian tag <head> dari sebuah dokumen HTML. Setiap laman situs Anda akan lebih baik jika memiliki judul yang unik dan menarik.
<html>
<head>
<title>Cara Manual | Belajar Membuat Blog | Bisnis Online</title>
<meta name="description=" content="Cara Manual. Belajar membuat blog untuk pemula sampai mahir, kumpulan tutorial blogspot, tips dan trik blogger, cara membangun bisnis online tanpa modal."/>
</head>
<body>
Catatan : Judul laman beranda Cara Manual, kemudian menjelaskan isinya yaitu belajar membuat blog dan bisnis online.

Judul Konten Laman Yang Tampil di Penelusuran

Konten yang relevan dengan kata kunci yang di cari oleh pengguna pada mesin penelusuran akan ditampilkan pada hasil penelusuran, disinilah yang perlu kita ketahui bahwa judul yang unik dan tepat mampu menarik pengunjung untuk masuk ke dalam situs web kita walaupun jika konten kita tidak ada di urutan pertama namun ada pada urutan ke dua dan seterusnya, dengan judul untuk maka akan memberikan rasa penasaran pada pengguna untuk membacanya.
Membuat Judul Laman Yang Unik dan Akurat Workflow
Dari kata kunci yang ditulis pengguna, biasanya kata kunci tersebut disorot dengan teks tebal sehingga kita perlu membuat judul konten, url, dan deskripsi yang tepat untuk setiap konten yang ada pada situs kita, sehingga kita dapat memiliki hasil penelusuran yang baik pada mesin telusur.

Bagaimana Cara Membuat Judul Yang Unik dan Akurat ?

Ini adalah poin penting ketika Anda membuat sebuah konten, perlu Anda ketahui judul yang unik dan menarik merupakan hal yang sulit jika kita ingin memiliki hasil yang bagus dalam mesin penelusuran, biasanya judul menarik dan unik bagus untuk menarik perhatian pembaca di berbagai situs sosial media jadi judul konten yang unik dan menarik sangat bagus jika artikel kita di promosikan pada berbagai situs sosial media untuk menarik banyak pengunjung atau pembaca.

Untuk dapat memiliki hasil yang maksimal dengan judul konten yang menarik di mesin penelusuran Anda haruslah menggunakannya dengan tepat dan akurat, bagaimana maksud tepat dan akurat tersebut ? tepat dan akurat yang dimaksud adalah Anda perlu memberikan kata kunci yang tepat sesuai dengan isi konten yang Anda buat dan memasukkannya dalam judul konten, sehingga memberikan nilai lebih pada kualitas seo konten tersebut.

Berikut contoh yang mungkin bisa Anda kembangkan sendiri sesuai versi Anda dalam menarik pengunjung menggunakan judul yang unik. Misalnya kita ingin menulis berita yang sedang booming atau banyak yang orang bicarakan pada sebuah kejadian, contohnya :
Wow, Akan Ada Demo 2 Desember Inilah Alasannya
Wow
Kata wow, bukanlah sebuah kata kunci yang baik dalam hasil penelusuran, Anda bisa berfikir seberapa banyak orang yang menulis kata wow di mesin penelusuran ? Namun, kata tersebut akan menarik perhatian pembaca jika konten Anda memiliki posisi yang bagus di mesin penelusuran, karena kata wow memiliki sifat yang menakjubkan dan memberikan rasa penasaran kepada pembaca mengapa sampai wow.

Akan Ada
Ini memberikan penjalasan bahwa akan ada sebuah peristiwa atau kejadian yang akan datang, sehingga jika ini digunakan maka akan menarik perhatian pembaca untuk membuka konten yang kita buat, namun kata ini juga bukan kata yang bagus jika dijadikan sebagai kata kunci konten kita.

Demo 2 Desember
Nah ini adalah kata yang cocok dijadikan sebagai kata kunci utama dalam konten kita, karena pasti memiliki penelusuran yang lebih banyak dengan kata kunci ini. Kemudian kita tambahkan dibelakangnya dengan kata "wow" dan "akan ada" sehingga memberikan rasa penasaran bagi pengguna. Pada kata kunci ini Anda harus memiliki nilai yang kuat sehingga kedua kata yang pertama tidak sia-sia ketika Anda memiliki hasil penelusuran yang baik dengan kata kunci utama ini.

Inilah Alasannya
Kata ini memberikan makna bahwa dalam konten tersebut berisi jawaban dari ketiga kata sebelumnya, tentunya setiap pengguna mencari artikel di mesin penelusuran adalah untuk mencari jawabannya. Sehingga dengan kata ini akan memberikan nilai lebih untuk menarik pengunjung, tetapi yang perlu Anda ingat adalah fokus pada optimasi kata kunci utama, agar kata pembantu lainnya berfungsi dengan baik.

Tips Mengoptimalkan Penggunaan Judul Konten

  • Deskripsikan Konten Laman Dengan Akurat

Pilihlah judul yang menyampaikan topik konten dengan efektif dan akurat, serta memberikan deskripsi singkat pada meta tag deskripsi pada setiap laman web. Deskripsi tersebut akan lebih baik jika mengandung kata kunci utama yang kita targetkan.

Hindari memilih judul laman yang tidak berkaitan dengan konten laman, dan hindari menggunakan judul laman standar seperti "Untitled", "New Page 1", "Page 1" dan lainnya.

  • Gunakan Tag Judul Unik Untuk Setiap Laman

Idealnya setiap laman web memiliki judul yang berbeda dengan laman lainnya yang ada pada sebuah situs web tersebut, ini akan membantu mesin penelusuran untuk mengetahui bahwa laman tersebut berbeda dengan laman lainnya, selain itu pengguna juga lebih mudah memahami setiap konten yang memiliki judul yang unik.

Hindari menggunakan satu tag judul pada semua laman web, maksudnya adalah jangan menggunakan judul yang sama pada semua laman web ini akan membingungkan setiap pengguna yang membacanya.

  • Gunakan Judul Yang Singkat Namun Deskriptif

Gunakanlah judul yang singkat dan informatif, pada umumnya jika judul yang Anda gunakan lebih dari 60 karakter maka mesin penelusuran hanya akan menampilkan sebagiannya saja. Dalam hal ini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh menggunakan judul yang panjang, namun alangkah baiknya menggunakan judul konten yang singkat namun informatif.

Hindari menggunakan judul yang tidak membantu pengguna, jadi sangatlah penting memberikan judul yang informatif. Dan jangan menyertakan kata kunci yang tidak diperlukan pada judul konten Anda.

Laman judul merupakan aspek penting dalam pengoptimalan mesin penelusuran.

Mungkin ini saja yang bisa saya jelaskan mengenai cara membuat judul laman yang unik dan akurat untuk sebuah konten pada situs Anda. Jadi untuk memiliki judul yang unik dan akurat Anda perlu menggabungkan beberapa kata yang unik dan membuat rasa penasaran pada pembaca, namun harus akurat dan tepat sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

25 Komentar untuk "Membuat Judul Laman Yang Unik dan Akurat"

  1. Balasan
    1. maksudnya akurat itu tepat sesuai dengan target keyword, jadi judul sebuah konten haruslah memiliki keyword yang tepat

      Hapus
  2. ini nih yang perlu diperhatiakn ,pada tag title di atas kebanyakan blogger tidak memperhatikan padahal penting banget lho

    BalasHapus
  3. tambah lagi judul blog dengan url blog harus sama ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya mah gak sama juga gpp, asalkan keywordnya dapet, tapi ya mau gimana lagi biasanya judul dan url di jadikan sama termasuk saya, haha

      Hapus
  4. Membuat judul juga kadang menjadi salah satu masalah yang serius ya kang dan bisa bikin pusing juga karena belum tentu judul yang sudah kita buat sasarannya tepat dan akurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang betul sekali, kita harus bisa memahaminya sendiri...

      Hapus
  5. blog saya pantesan sepi, ternyata judulnya ngasal banget ya mas.. trims ya triknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan asal-asalan juga ngasih judulnya teh, hehe...

      Hapus
    2. bukan blog teteh yang muncul di pencarian, saya coba mencari salah satu artikel saya justru malah foto teh santika yang nangkring di sana. wow,, ajib,,

      Hapus
  6. Nah, ada satu judul tulisan saya yg saya gatau knp traffic banget (dulu sebelum gnti nama blog), nampilnya jg selalu di first page google search. Seneng aja liatnya, tp sekarang berusaha balikin dia biar bs diliat orang lagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, bagus dong, semangat terus deh biar bisa page one lagi mba..hehe

      Hapus
  7. Kang, kalau HTML blog tidak di isi dengan meta tag seperti yang di contohkan diatas, pengaruhnya apa ya buat blog...? Soalnya blog saya sepertinya tidak demikian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tag html di atas fungsinya untuk ngasih title di bagian homepage dan title di bwoser...
      tapi kebanyakan template blog menggunakan kode <data:blog.pageName/> untuk memberikan judul blognya, nah kode itu diambil dari setingan di blogger...

      Hapus
  8. Kalo bikin judul alay gimana mas? Hahaha

    BalasHapus
  9. ohya mas sebenarnya ini untuk judul nama blog apa judul artikel ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh di atas untuk judul homepage, cuman untuk blogger kita harus fokus ke kontennya...

      Hapus
  10. Bukan cuma menarik atau memancing, melainkan judul yang mampu mengikat agar mereka membaca konten anda dan puas dengan apa yang didapatkan. Jadi memang menjadi sebuah poin penting ketika membuat sebuah konten :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, judul menari dan konten yang berkualitas pasti pembaca jadi lope lope deh..hehe

      Hapus
  11. bener jg sih contohnya....tp kalau blognya berisi online shop gimana yak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau online shop bisa di pancing di bagian deskripsi produknya :)

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel