Tag Meta Yang Dipahami Oleh Google

Tag Meta Yang Dipahami Oleh Google - Meta tag adalah cara terbaik bagi para webmaster untuk memberikan informasi pada mesin telusur. Sebelumnya saya juga pernah menjelaskan dengan rinci pengertian mengenai tag meta yang merupakan bagian dari kode html. Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai tag meta Anda bisa membaca artikel sebelumnya dibawah ini.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Tag Meta

Setelah paham dengan definisi dari tag meta sekarang kita coba pahami lebih dalam mengenai tag meta tersebut. Meta tag tidak akan tampil pada halaman web tetapi meta tag dapat di baca oleh mesin telusur khususnya robots yang sudah di program untuk merayapi setiap halam web, dan meta tag tersebut yang akan memberikan informasi kepada robots tersebut. Oleh karena itu penting sekali kita memahami tag meta ini, agar komunikasi dengan robots dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita.
Tag Meta Yang Dipahami Oleh Google
Google sebagai salah satu mesin pencarian terbesar hingga saat ini akan kita jadikan sebagai acuan utama, beberapa tag meta yang dipahami google akan dengan mudah membantu kita dalam memberikan informasi mengenai halaman web atau blog kepada mesin telusur. Namun, jika Anda memasang beberapa tag meta yang tidak dipahami mesin telusur Google maka akan mengabaikan meta tag yang tidak dikenalinya.


Tag Meta Yang Dipahami Oleh Google
<meta name='description' content='Deskripsi dari halaman web.'/> Tag ini berfungsi untuk memberikan deskripsi singkat sebuah halaman web. Biasanya deskripsi dari tag ini muncul pada hasil penelusuran.
<title>Judul Halaman Web</title> Secara teknis tag ini bukanlah termasuk dalam tag meta, namun biasanya tag ini digunakan bersama tag 'description', yang berfungsi untuk memberikan judul laman pada browser yang Anda gunakan.
<meta name='robots' content='..., ...'/>
<meta name='googlebot' content='..., ...'/>
Tag ini mengontrol perilaku perayapan dan pengindeksan sebuah halaman web pada mesin telusur. Tag meta robots berlaku untuk semua jenis mesin telusur, sedangkan googlebot hanya berlaku untuk mesin telusur Google saja. Nilai standarnya adalah "index,follow" atau sama dengan "all" dan tidak perlu ditetapkan. Google memahami nilai dibawah ini (untuk menggunakan banyak nilai, pisahkan dengan koma) :
- noindex : artinya mencegah laman untuk diindeks
- nofollow : artinya mencegah Googlebot untuk mengikuti tautan pada laman tersebut
- none : artinya setara dengan noindex, nofollow
- nosnippet : artinya mencegah kutipan/cuplikan muncul dalam hasil penelusuran
- noodp : artinya mencegah penggunaan deskripsi alternatif dari ODP/DMOZ
- noarchive : mencegah Googlebot untuk menampilkan tautan yang tersimpan  dalam cache untuk suatu laman
- noimageindex : artinya mencegah gambar dari suatu laman muncul pada hasil penelusuran Google
unavailable_after:[date] : artinya Anda dapat mengatur waktu untuk menghentikan perayapan dan pengindeksan suatu laman
<meta name='google' content='nositelinkssearchbox'/> Saat pengguna menelusuri situs Anda pada mesin penelusuran Google, mungkin situs Anda menampilkan kotak telusur khusus untuk situs Anda dan tautan langsung ke laman web Anda. Tag meta ini memberi tahu Google untuk tidak menampilkan kotak telusur dan tautan langsung ke situs web Anda.
<meta name='google' content='notranslate'/> Saat Google mengetahui bahwa laman konten tidak dalam bahasa yang mungkin ingin dibaca oleh pengguna, Google sering memberikan tautan terjemahan dalam hasil penelusuran. Secara umum, hal ini memungkinkan kita memiliki konten yang unik dan dapat menarik pengguna lebih banyak lagi. Namun, mungkin akan terjadi situasi saat hal ini tidak diinginkan. Tag meta ini berfungsi untuk menginformasikan kepada Google kita tidak ingin memberikan terjemahan untuk laman tersebut.
<meta name='google-site-verification' content='...'/> Anda dapat menggunakan tag ini untuk memverifikasi kepemilikan situs pada Search Console. Pastikan bahwa tag meta ini memiliki nilai atribut "name" dan "content" harus sama persis yang diberikan kepada Anda termasuk huruf besar dan huruf kecil pada nilai tersebut.
<meta http-equiv='Content-Type' content='...; charset=...' />
<meta charset='...'/>
Tag meta ini mendefinisikan jenis konten dan kumpulan karakter laman. Pastikan bahwa Anda mengurung atau menutup nilai dari setiap atribut dengan tanda petik, bila tidak maka atribut charset dapat ditafsirkan dengan tidak benar. Sebaiknya Anda menggunakan Unicode/UTF-8 jika memungkinkan.
<meta http-equiv='refresh' content='...;url=...'/> Tag meta ini mengantarkan pengguna ke URL baru setelah beberapa waktu tertentu, dan terkadang digunakan sebagai bentuk pengalihan sederhana. Namun, hal ini tidak didukung oleh semua jenis browser dan dapat membingungkan pengguna.

Baca Juga : Cara Setting Tag Robots.txt Khusus Pada Blogger

Itulah beberapa tag meta yang dipahami oleh Google, tag meta tersebut bukanlah daftar eksklusif dari meta tag yang tersedia, Anda bisa menggunakan meta tag lain selain yang ada pada daftar diatas bila memang itu penting untuk situs Anda. Ingat bahwa Google akan mengabaikan tag meta yang tidak dikenalinya.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

17 Komentar untuk "Tag Meta Yang Dipahami Oleh Google"

  1. dalam artian tag meta itu menjadi perantara blog kita ke mesin pencari agar informasi di blog kita bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari seperti google atau yang lainya. Jadi tag meta itu sangat penting juga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas, top lah...
      meta tag penting juga biar blog bisa lebih optimal di mesin penelusuran, artikel nangkring di paling atas kan enak tuh...hehe

      Hapus
    2. Sangat penting sekali. Demi blog agar terkenal di google.

      Hapus
  2. lantas bagaimana cara pemasangan tag meta nya jika diatas itu yang dikenali oleh google, apanan penting jadinya tuh tag meta teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas ada mang, cara penulisan meta tagnya, terus di artikel sebelumnya juga ada cara pemasangannya tapi gak lengkap. Nanti atuh lah di artikel selanjutnya saya kasih caranya biar oke...

      Hapus
    2. ya deh...tak obrak abrik dulu nih blog buat pasangin meta tag yang baru dipahami apa itu meta tag dari sini...sugan weh blog Desa Cilembu makin Makjleb nih

      Hapus
    3. oke mang sabar dulu ya, artikelnya masih ngantri euy..hehe

      Hapus
  3. Meta robots ini yang sedikit aku bingung, makanya dipengaturan blogku semua aku bimin all. Ya kerana bingung maksudnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mas, all itu sama saja memerintahkan untuk index dan follow

      Hapus
  4. Nah... artikel yang seperti, biasanya banyak dicari bagi orang-orang yang ingin serius belajar ngeblog dan utak-atik template... :D
    Walaupun pada dasarnya bisa dijalankan sambil ngeblog ya Mas...
    Salam,

    BalasHapus
  5. Kalau saya mah tinggal make bawaan templatenya jadi nggak utak atik metanya lagi paling paling met deskripsinya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya juga template sekarang sudah banyak yang seo friendly...

      Hapus
  6. saya masih bingung dengan setingan untuk robot mas.

    situs saya dicekal terus di webmaster google oleh robot

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus hati-hati mas settingnya, kalau salah bisa-bisa gak ke index, nanti saya share settingan robots.txt nya...

      Hapus
  7. gan yang ini --> meta name='google' content='nositelinkssearchbox' bahas dong lebih dalam,,,
    saya sering ketika menelusuri pake google suka nampilin kotak telusur,, tapi belum mudeng caranya gimana ,,, apa cuman ditaruh aja linknya,, atau gimana yah ??? hehe :D

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel