Menggunakan Pinterest Untuk Pemasaran Bisnis

Menggunakan Pinterest untuk Pemasaran Bisnis - Setiap situs jejaring sosial menyediakan kesempatan bisnis untuk lebih dekat dengan pelanggan mereka, meningkatkan keterlibatan dan meningkatkan nilai penjualan. Tapi khusus untuk usaha e-commerce dan web, Pinterest jaringan sosial yang jauh lebih efektif untuk bisnis Anda.
Jika Anda mengabaikan Pinterest sampai sekarang, berikut adalah beberapa statistik untuk membuat Anda berpikir kembali menggunakannya.
  • Pinterest memiliki lebih dari 75 juta pengguna terdaftar.
  • Pinterest peringkat ketiga, setelah Facebook dan Twitter, dalam hal menghasilkan lalu lintas rujukan.
  • Hampir 80% dari penggunanya adalah perempuan.
  • Pembeli yang dirujuk dari Pinterest 10% lebih mungkin untuk membeli produk Anda.
  • Pembeli semakin menggunakan Pinterest untuk menemukan produk yang relevan.
  • Singkatnya, Pinterest bisa memainkan peran besar dalam strategi social commerce Anda. Tidak hanya dapat mengirimkan ribuan lead penjualan yang berkualitas, juga dapat membantu Anda membangun citra merek yang kuat.
Berikut ini bagaimana Anda dapat menggunakan Pinterest untuk memperkuat strategi pemasaran e-commerce.

Baca Juga : Cara Mengganti Template Blog Dengan Mudah

Meskipun memiliki potensi e-commerce yang besar, untuk menjangkau pelanggan potensial Anda dan orang-orang yang mungkin tertarik pada produk, maka yang perlu dilakukan adalah:
  • Terlibat dengan audiens target dan pelanggan potensial.
  • Meningkatkan visibilitas produk Anda.
  • Gunakan Viewer Pinterest untuk membangun bisnis e-commerce Anda.
  • Dapatkan umpan balik langsung dari pelanggan pada produk.
  • Meningkatkan lalu lintas rujukan Anda.
Pinterest akan bekerja sebagai advokat untuk produk Anda dan mengirimkan lalu lintas rujukan. Tapi Anda tidak dapat membuat penjualan langsung.

Membuat Halaman bisnis Pinterest

Jika Anda serius unutk menggunakan Pinterest buatlah halaman Pinterest Bisnis. profil Pinterest Bisnis ini dirancang khusus untuk organisasi yang ingin terlibat dengan pelanggan mereka. Untuk mendapatkan halaman Pinterest Bisnis yang diverifikasi, Anda hanya perlu untuk mengkonfirmasi alamat website. Ini akan menambah kredibilitas lebih lanjut untuk profil Anda dan juga membuat Anda layak untuk fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh profil individu.

Aktifkan Rich Pins Greator

Penelitian menunjukkan bahwa Pins yang mencakup harga menarik 30% lebih disukai di Pinterest. Ada dua cara untuk menambahkan label harga untuk Pins Anda. Anda dapat menambahkan harga dalam deskripsi produk atau bisa mengaktifkan Rich Pins. Mirip dengan kartu Twitter, Rich Pins adalah fitur yang hebat untuk website e-commerce. Secara otomatis mengambil harga dan stok rincian dari halaman produk Anda dan menampilkannya dengan posting Pinterest. Untuk petunjuk rinci tentang konfigurasi Rich Pins silahkan masuk ke link berikut https://business.pinterest.com/en/rich-pins.

Libatkan Pengikut Anda


Untuk menjadi sukses di jaringan sosial, Anda perlu untuk menarik pengikut dan kemudian memastikan mereka terlibat. Untuk menarik pengikut di Pinterest, Tanggapi setiap komentar yang ada, dan mengadakan tanya jawab antara anda dan pengikut anda, mengucapkan terima kasih kepada mereka. Hal-hal kecil seperti ini akan membuat mereka nyaman dan meningkatkan pengikut Anda. Anda juga dapat menjalankan kontes khusus untuk Pinterest dan meminta pengunjung website Anda untuk berpartisipasi.

Gunakan Pinterest untuk SEO

Seiring waktu, Pinterest telah terbukti menjadi sumber besar lalu lintas rujukan untuk website karena kekuatan SEO nya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari itu, gunakanla nama deskriptif untuk gambar Anda dan menambahkan deskripsi dengan setiap Pin, bersama dengan URL produk. Gunakan kata kunci yang menggambarkan produk Anda. Tapi hindari isian kata kunci. Menggunakan terlalu banyak kata kunci, dan mengurangi keterlibatan pada Pins Anda. Buat deskripsi nama gambar dengan kata kunci yang diperlukan saja.

Memantau Kinerja Dengan Analytics

Untuk memantau kemajuan Anda pada Pinterest dan melihat posting yang mendapatkan respon tertinggi, Anda dapat menggunakan built-in Pinterest analytics. Statistik ini hanya tersedia untuk pengguna Pinterest Bisnis, sehingga Anda harus mendaftar untuk halaman bisnis. Analytics akan menunjukkan Pins dengan jangkauan tertinggi , paparan, komentar dan sejenisnya. Ditambah, Anda juga akan mendapatkan rincian tentang demografis dan geografis pengikut Anda.

Pinterest lebih efektif dalam meningkatkan penjualan e-commerce karena didasarkan pada visual. Dengan menciptakan kehadiran Pinterest yang kuat, Anda dapat memulai bisnis yang sangat efektif dan ribuan rute pengunjung dari Pinterest ke toko e-commerce Anda. Jika digunakan dengan cara yang benar, itu dapat menjadi alat social commerce yang efektif.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

10 Komentar untuk "Menggunakan Pinterest Untuk Pemasaran Bisnis"

  1. Kalau bagi sayamah Pinterset teh masih rada asing,,, jrang menggunakan,,, rata2 banyak yang pake facebbokk,,, tapi kalu melihat dan membaca data2 diatas,, emang pinterest wajib dipertimbangkan untuk pemasaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, memang Pinterest masih agak asing kalau buat orang Indonesia, tapi mungkin kedepannya bisa jadi peluang yang bagus buat bisnis online, fungsinya sih hampir sama seperti Instagram.

      Hapus
  2. Kebetulan saya belum pernah mencoba nih kang, boleh lah dicoba biar nambah konsumen gituh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul atuh, kan si akang jualan online ya, bisa lah coba tips diatas buat nambah-nambah konsumen

      Hapus
  3. Saya punya akun pinterest, tapi gak tahu cara makenya mang.... wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, tinggal klik klik aja mang, intinya sih yang penting punya ya mang, biar kaya orang-orang...

      Hapus
  4. Saya belum pernah memakai alat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan alat mas, itu sosial media seperti instagram...

      Hapus
  5. Cuma jadi membernya aja nggak pernah aktif. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, yang penting kita punya mas, biar kayak orang-orang

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel