Apa Itu SERP ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu SERP ? Inilah Pengertian dan Fungsinya - Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar istilah SERP khususnya para blogger, namun Anda sendiri masih belum paham apa yang dimaksud dengan SERP. Oleh karena itu saya akan mencoba menjelaskan pengertian dan manfaat dari SERP, perlu Anda ketahui bahwa hal ini sangat berkaitan dengan yang namanya SEO, jadi alangkah baiknya sebelum membahas SERP Anda pelajari dulu makna dari SEO tersebut.

Baca Juga : Apa Itu SEO ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

SERP sangatlah penting kita perhatikan, jangan sampai SERP yang kita miliki kalah dengan orang lain, setidaknya milikilah beberapa konten ataupun produk dengan hasil SERP yang bagus karena bisa jadi itulah yang membuat situs web kita hidup. Mungkin Anda sendiri masih bingung dengan apa yang dimaksud SERP tersbut, jadi silahkan Anda pahami dan pelajari pengertian SERP dibawah ini.
Apa Itu SERP ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu SERP ?

SERP (Search Engine Result Page) adalah hasil penelusuran yang ditampilkan mesin telusur berdasarkan kata kunci yang digunakan oleh pengguna. SERP yang baik adalah yang menempati posisi paling atas pada hasil penelusuran. Hal ini bisa kita peroleh dari seberapa baiknya kita mempelajari SEO, karena SEO terdiri dari berbagai macam teknik yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan SERP pada hasil penelusuran.

Apa Fungsi dan Manfaat dari SERP ?

Fungsi dan manfaat utama yang dapat kita rasakan jika memiliki SERP yang bagus adalah banyaknya visitor atau pengunjung yang datang pada situs web kita. Jika situs web kita merupakan situs jual beli online maka kemungkinan besar adalah penjualan produk yang semakin meningkat.

Bagaimana Mendapatkan Posisi SERP Yang Tinggi ?

Untuk mendapatkan posisi SERP yang baik, yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari dan mempraktekan berbagai teknik seo yang ada, misalnya Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page. Selain itu gunakanlah backlink untuk meningkatkan SERP pada hasil penelusuran Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui Posisi SERP Web Kita ?

Banyak sekali situs web online yang memiliki tool atau fitur untuk mengecek posisi SERP sebuah halaman web, tetapi yang paling sering saya gunakan untuk mengetahui posisi atau urutan konten di mesin penelusuran yaitu dari situs web ini.
http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php
Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi kata kunci yang sudah Anda targetkan dan mengatur lokasi yang Anda targetkan misalnya Indonesia maka gunakanlah google.co.id untuk mengecek ada di posisi berapakah konten yang Anda miliki, dan perlu Anda ketahui bahwa rank atau posisi tersebut akan berbeda-beda disetiap negaranya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan secara singkat pengertian dari SERP, untuk lebih dalam mempelajari SERP Anda harus mempelajari dan melakukan beberapa teknik SEO yang sudah saya sebutkan diatas, pastinya dengan mempelajari teknik seo Anda akan mendapatkan SERP yang tinggi pada hasil penelusuran.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

15 Komentar untuk "Apa Itu SERP ? Inilah Pengertian dan Fungsinya"

  1. banyak sih istilah - istilah yang kadang ndak saya mengerti, seperti salh satunya tentang "SERP", menjadi yang pertama itu memang penting tapi menjadi yang terbaik dan memberikan solusi itu jauh lebih penting...
    *Salam sehat Ceria...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, siap-siap, solusi nyusul biar tau dulu pengertiannya

      Hapus
    2. Yang penting langsung praktek, kalau istilah-istilahan bikin pening.

      Hapus
  2. SERP itu saya mah baru tahu sedikit, makin di pelajari makin banyak aja penjabarannya, mau di praktekin belum nyampe-nyampe... pelan-pelan aja-lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang, serp adalah tujuan utama dari teknik seo, jadi kalau di jabarin pasti banyak banget

      Hapus
    2. Aku belum pernah mencoba situs atau web diatas.

      Hapus
  3. sampai saat ini saya masih di halaman berikutnya di google SERP, susah yah masuk di halaman pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, soalnya saingan makin kesini pasti makin banyak, jadi jangan sampai malas belajar kalau ga mau ketinggalan

      Hapus
  4. Masih kesusahan neh untuk mendapatkan posisi pertama di Google. Kontennya harus semakin menarik juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah membuat konten harus bisa menarik, tapi bagaimana caranya supaya konten menarik bisa di lihat banyak orang, yaitu pakai teknik seo off page, bisa dengan promosi ataupun blogwalking

      Hapus
  5. Belajar SEO itu sungguh luas sekali, apalagi tentang SERP, sebenarnya SEO sendiri bagian dari SERP juga ya ?
    Dan aku menerapkan teknik SEO on page dan SEO off page, biar hasilnya maksimal, apalagi artikel lomba wajib itu.

    BalasHapus
  6. Posisi SERP sering banget berubah... :D
    Kadang diatas kadang dibawah...
    Yang penting nikmatin aja ya Kang... :D

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel