Cara Memasang Widget Kode Warna di Blog

Cara Memasang Widget Kode Warna di Blog - Widget kode warna ini akan sangat membantu Anda dalam memilih warna yang cocok untuk mendesain blog atau website Anda. Bagi seorang programmer hal ini mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar, namun jika Anda masih awam di dunia internet khususnya Blogger mungkin hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui kode-kode warna biasa Anda lihat di blog Anda masing-masing.
Cara Memasang Widget Kode Warna di Blog

Ternyata memberi warna pada teks maupun background di blog harus dengan menggunakan kode warna (meskipun bisa dengan menggunakan teks atau ditulis langsung warnanya dengan menggunakan Bahasa Inggris, misalnya Anda ingin warna merah maka kode warna yang perlu di tulis adalah Red). Mengapa harus menggunakan kode warna, padahal lebih mudah ditulis secara langsung warnanya ? Pertanyaan yang bagus, sebenarnya tidak ada masalah jika Anda ingin menggunakan kode warna atau dengan ditulis langsung warnanya, tetapi kelebihan menggunakan kode warna yaitu Anda dapat memilih warna mulai dari yang strong sampai dengan yang soft sedangkan jika ditulis langsung Anda tidak bisa mendapatkan warna yang soft, karena jika Anda ingin warna merah dan di tulis red berarti yang dihasilkan adalah warna merah itu saja. Jadi untuk menghasilkan warna yang bagus dalam sebuah desain template blog maupun website lainnya sangat cocok apabila menggunakan kode warna.

Pada umumnya kode warna digunakan untuk memberikan warna pada setiap bagian di blog atau website seperti teks, background, menu navigasi, header, footer, dan sebagainya. Kode warna juga dapat ditulis atau digunakan pada kode CSS dan kode HTML sesuai dengan kebutuhan, namun yang paling umum digunakan yaitu untuk digunakan pada kode CSS karena kode warna merupakan bagian dari desain dan kode css umumnya untuk memberikan desain seperti memberi warna, jarak, batas dan sebagainya, sedangkan kode HTML biasanya digunakan untuk kerangkanya dan dapat memanggil kode CSS untuk memperindahnya. Keduanya sangat berkaitan erat, jika di ibaratkan dengan manusia HTML adalah tubuhnya sedangkan CSS adalah bajunya.

Baca juga: Kumpulan Kode Tag HTML Lengkap dan Fungsinya

Kode warna terdiri dari beberapa jenis dan cara penulisannya diantaranya yaitu :

  • Warna Hex atau Hexadecimal
  • Warna RGB
  • Warna RGBA
  • Warna HSL
  • Warna HSLA
  • Warna berdasarkan nama (Bahasa Inggris)

Widget atau tools kode warna yang saya gunakan disini yaitu untuk menghasilkan kode warna Hex, RGB, dan HSL saja, kedua kode warna yang dihasilkan dari tools kode warna ini sudah cukup untuk mewakili semua jenis penulisan kode warna yang sudah disebutkan di atas, karena kode warna Hex dan RGB keduanya lebih populer dibangdingkan dengan jenis penulisan kode warna lainnya. Dan bagi Anda yang ingin lebih mengetahui lebih dalam mengenai beberapa jenis dan cara penulisan kode warna bisa dibaca pada link artikel dibawah ini.

Baca juga: Beberapa Jenis dan Cara Penulisan Kode Warna

Baik langsung saja disini saya memiliki 2 jenis widget kode warna yang pertama dapat menghasilkan kode warna Hex, RGB, dan HSL sedangkan yang kedua hanya dapat menghasilkan kode warna Hex saja namun memberikan 4 warna opsional atau saran warna lainnya. Masing-masing memiliki kelebihannya Anda dapat memasang salah satunya atau bahkan menggunakan keduanya secara bersamaan. Berikut cara memasang widget kode warna di blog dengan mudah :


1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu klik pada bagian Halaman > Buat Halaman
3. Masukkan judul halaman yang Anda inginkan
4. Copy kode dibawah ini Widget Pertama
<object border="0" classid="clsid:D27CDB6E-AE6D-11CF-96B8-444553540000" codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=6,0,40,0" height="480" id="obj1" width="480"><param value="http://www.2createawebsite.com/build/color.swf" name="movie"><param value="High" name="quality"><embed pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" quality="High" src="http://www.2createawebsite.com/build/color.swf" name="obj1" type="application/x-shockwave-flash" width="485" height="485"></embed></object>

5. Kode Widget Kedua
<object align="middle" classid="clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000" codebase="http://fpdownload.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=8,0,0,0" height="480" id="col" width="480"><param value="sameDomain" name="allowScriptAccess"><param value="http://www.2createawebsite.com/build/col.swf" name="movie"><param value="high" name="quality"><br /><param value="#ffffff" name="bgcolor"><embed pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" quality="high" allowscriptaccess="sameDomain" type="application/x-shockwave-flash" src="http://www.2createawebsite.com/build/col.swf" bgcolor="#ffffff" name="col" width="480" align="middle" height="480"></embed></object>

6. Kemudian klik Publikasikan

Catatan penting untuk menggunakan tools ini Anda perlu mengatifkan Adobe Flash Player, caranya seperti dibawah ini :
Cara Memasang Widget Kode Warna di Blog - Enable Adobe Flash Player
 Jika setelah memasang widget kode warna di blog dan muncul seperti gambar di atas "Click to enable Adobe Flash Player" Anda klik saja pada bagian tersebut.
Cara Memasang Widget Kode Warna di Blog - Run Flash
Setelah itu akan muncul pesan seperti gambar di atas "Run Flash", klik saja Allow. Maka sekarang tools kode warna yang Anda pasang sudah bisa digunakan.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasang Widget Kode Warna di Blog"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel