Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog - Kali ini saya akan membagikan sebuah script anti klik kanan yang bisa digunakan pada blog maupun website wordpress, script ini akan mematikan fungsi klik kanan pada setiap halaman yang ada di blog.

Kita ketahui bahwa ketika kita melakukan klik kanan pada sebuah halaman website disana kita dapat melakukan copy, paste, print, save as, view page source, inspect element, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar konten yang ada pada blog atau website Anda tidak dapat di copy.

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Dengan menggunakan script anti klik kanan ini kemungkinan kecil konten atau artikel Anda akan lebih aman dari para pencuri artikel. Namun perlu Anda ketahui bahwa kode JavaScript anti klik kanan ini juga masih memiliki kelemahan, jadi ini tidak sepenuhnya dapat melindungi artikel Anda dari copas (copy paste), tetapi masih bisa untuk meminimalisir atau mengurangi kemungkinan copas artikel blog Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memasang script anti klik kanan pada blog diantaranya yaitu:

Jangan Mematikan Klik Kanan di Blog atau Website yang Membahas Bahasa Pemrograman

Kadang saya merasa kesal ketika mengunjungi sebuah blog yang membahas tutorial mengenai blogger dan disana terdapat kode script yang begitu panjang, namun kode tersebut tidak bisa di copas atau di copy, terus kita harus ngetik sendiri gitu kodenya? Kan gak mungkin gitu ya, kode yang segitu panjangnya di ketik pas di coba kodenya tidak berfungsi.

Hal seperti ini malah akan membuat pengunjung situs Anda kabur dan mencari tutorial di blog lain. Oleh karena itu hindari penggunaan anti klik kanan pada blog yang membahas coding atau bahasa pemrograman baik itu HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan sebagainya.

Namun jika Anda masih ingin menggunakan anti klik kanan pada blog atau website yang membahas kode atau bahasa pemrograman, Anda dapat mengaktifkan fitur copy paste di bagian tertentu misalnya untuk blogspot atau blogger, biasanya kode script yang di posting pada setiap artikel disimpan pada bagian blockquote oleh karena itu kita dapat mengaktifkan copy dan paste khusus pada bagian blockquote saja, namun diluar itu artikelnya masih tidak bisa di copy.

Baca juga: Cara Agar Artikel Blog Bisa di Copy Paste Pada Bagian Tertentu

Jangan Mematikan Klik Kanan di Blog yang Membahas Pendidikan atau Pembelajaran

Mungkin blog yang membahas tentang pendidikan tidak perlu menonatifkan atau disable fungsi klik kanan pada blog, karena sebagian orang mungkin membutuhkan konten atau artikel Anda untuk di print atau di copas sebagai bahan pembelajaran.

Jujur saja ketika saya masih sekolah banyak tugas-tugas yang perlu di kerjakan dengan mencari artikel di internet kemudian di print seperti makalah, proposal, puisi, pantun, cerita dan sebagainya.

Namun jika Anda tetap ingin agar blog tidak bisa di copas namun bagian tertentu masih bisa di copy dan paste silahkan baca pada artikel yang sudah saya sebutkan di atas.

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog 1

Ada beberapa tujuan atau manfaat yang di dapatkan ketika mematikan fungsi klik kanan pada blog yaitu:
  • Artikel di blog tidak bisa di copy paste
  • Kode blog tidak bisa di lihat (View Page Source dan Inspect Element)
Namun saya akui bahwa cara ini masih bisa di atasi oleh orang-orang yang memang sudah paham dengan dunia internet khususnya blogging atau orang-orang yang suka copy paste artikel blog.

Tetapi hal ini masih bisa untuk mengurangi kejadian tersebut, dan saya juga akan membahas cara bagaimana supaya artikel benar-benar tidak bisa di copas orang lain, silahkan baca artikelnya pada postingan dibawah ini.

Baca juga: [FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste

Langsung saja, bagi Anda yang ingin mematikan fungsi klik kanan pada blog silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Tema > klik Edit HTML
3. Kemudian cari kode </body> letaknya paling bawah
4. Copy kode javascript dibawah ini, lalu Paste diatas kode </body>

<script type='text/javascript'>
var message="Maaf tidak bisa klik kanan";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&amp;&amp;!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&amp;&amp;!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

5. Klik Simpan tema

Catatan:
Kode javascript di atas akan berfungsi apa bila seorang pengunjung melakukan klik kanan pada blog Anda, kemudian akan muncul pop-up peringatan "Maaf tidak bisa klik kanan", tulisan peringatan tersebut bisa Anda ganti sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah cara mematikan fungsi klik kanan pada blog agar artikel tidak bisa di copas, semoga dengan beberapa cara di atas artikel Anda bisa terhindar dari copy paste orang lain.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

8 Komentar untuk "Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog"

  1. Succesfully, gan...
    sangat bermanfaat, terimakasih yaa...

    BalasHapus
  2. Wordpress gimana caranya, kalo masuk di tema gak ada edit html, pilih apa?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengguna wordpress bisa taruh script ini di settingan tema, kalau gak support bisa setting di bagian editor template atau di file header.php

      Hapus
  3. Bingung pengen pasang kode namun kasihan pada pembaca yang barangkali perlu simpan tulisan saya karea ada hal informatif yang kerap saya bagikan di blog. Saya cuma bisa memperpendek RSS feed burner saja. Duh, narablog hitam yang doyan main copas dan AGC itu apa faedah yang akan didapatnya dengan merugikan pihak lain?
    Sudah ada teman-teman saya yang jadi korban. Entah apa saya akan menyusul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, sebelum mematikan fungsi klik kanan pada blog atau agar blog tidak bisa di copy bagaimanapun caranya, yang perlu kita perhatikan yaitu konten atau jenis blog kita apa, jika memang konten kita berisi hal-hal informatif memang sebaiknya tidak usah menonaktifkan fungsi klik kanan.

      Artikel blog di copy paste orang lain juga bukan masalah serieus, sekarang google sudah bisa mengetahui mana artikel asli dan mana yang hasil copas.

      Hapus
  4. Mantab mas, bekerja dengan baik! Good.. ^^

    BalasHapus
  5. gak bisa nemuin kode /body ya? gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Bisa cari kode seperti ini body/ atau /body

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel