Cara Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog Menggunakan CSS

Cara Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog Menggunakan CSS - Salah satu cara untuk menghindari artikel blog Anda di copy paste adalah dengan mematikan fungsi seleksi teks di blog dengan menggunakan css, mengapa harus dengan menggunakan css? Banyak kode script untuk mencegah postingan di blog dari copas atau copy paste dengan menggunakan JavaScript namun hal ini masih bisa di atas dengan menonaktifkan fungsi javascript pada browser yang digunakan.
Cara Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog Menggunakan CSS

Menonaktifkan seleksi teks atau block teks di blog atau website dengan menggunakan css, jauh lebih aman dibandingkan jika menggunakan javascript, selain itu dengan menggunakan css tidak akan berpengaruh terhadap loading blog Anda. Penggunaan kode css ini akan menonaktifkan fungsi dari klik kiri pada bagian teks namun masih bisa jika kita mengklik link atau url yang ada pada blog tersebut. Untuk mencegah agar konten atau artikel Anda terhindar dari copas bisa juga untuk mematikan fungsi klik kanan pada blog, untuk tutorial lebih jelasnya bisa Anda baca pada postingan di bawah ini.

Baca juga: Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Menonaktifkan fungsi seleksi dengan css di blog berarti semua teks yang ada pada blog Anda tidak bisa di select atau di blok. Jika blog atau website Anda membahas mengenai coding atau bahasa pemrograman sebaiknya tidak perlu menonaktifkan fungsi seleksi ini, karena pengunjung blog Anda akan kesulitan saat akan mengcopy kode pemrograman yang mereka butuhkan. Namun jika Anda masih ingin tetap mematikan fungsi seleksi dengan css pada blog, sebaiknya beberapa bagian penting pada blog Anda dibiarkan agar tetap bisa di copy paste, misalnya bagian blockquote, pre, dan code. Biasanya bagian ini sering digunakan untuk menyimpan kode-kode seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, maupun kode pemrograman lainnya.

Baca juga: Cara Agar Artikel Blog Bisa di Copy Paste Pada Bagian Tertentu

Langsung saja kita bahas cara disable text selection, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Tema > klik Edit HTML
3. Copy kode css dibawah ini, kemudian Paste sebelum kode ]]></b:skin> atau </style>
.post-body{
 -webkit-user-select: none;
 -khtml-user-select: none;
 -moz-user-select: none;
 -ms-user-select: none;
 user-select: none;
}
4. Klik Simpan tema

Kode css di atas akan menonaktifkan fungsi seleksi text yang ada pada blog Anda, sehingga blog Anda akan lebih aman terhindar dari copas. Jika dengan menerapkan cara di atas masih kurang nyaman saya sarankan agar Anda membaca artikel full cara menghindari blog dari copy paste orang lain pada artikel dibawah ini.

Baca juga: [FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste

Itulah tutorial mengenai cara menonaktifkan fungsi seleksi teks dengan css di blog, semoga bermanfaat.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

4 Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog Menggunakan CSS"

  1. wah work mas caranya..terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, jika ingin mengaktifkan fungsi seleksi pada bagian tertentu seperti bagian blockquote, pre, dan code sehingga bagian tersebut dapat di seleksi dan di copy silahkan baca artikelnya disini : https://www.caramanual.com/2018/02/cara-agar-artikel-blog-bisa-di-copy-paste-pada-bagian-tertentu.html

      Hapus
  2. thank you sahabat.. bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak mas. Nyesel baru coba sekarang~

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel