Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger - Iklan otomatis (Auto ads) merupakan fitur baru dari Google AdSense untuk menampilkan berbagai jenis iklan seperti text & display ads, In-feed ads, In-article ads, Matched content, Anchor ads, dan Vignette ads secara otomatis.

Ada enam jenis iklan auto ads yang sudah saya sebutkan diatas dan mungkin masih akan bertambah dikemudian hari, semua jenis iklan ini dapat Anda aktifkan atau non-aktifkan dengan satu klik tombol saja tanpa perlu repot-repot menghapus kode iklan, karena iklan otomatis atau auto ads ini hanya menggunakan satu kode saja dan iklan akan secara otomatis tampil menyesuaikan struktur template blog Anda.

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger

Iklan otomatis ini sangat membantu Anda yang masih awam atau pemula dengan AdSense, menggunakan iklan otomatis di blogger akan lebih mudah dibandingkan dengan iklan AdSense unit yang harus diletakan satu per satu pada blog Anda.

Sehingga dengan adanya fitur baru auto ads atau iklan otomatis AdSense ini sangat membantu sekali dalam menempatkan posisi iklan di blog Anda.

Mungkin Anda akan mengalami beberapa masalah seperti iklan tampil tidak sesuai yang di inginkan, misalnya jenis iklan matched content yang seharusnya muncul dibawah artikel, ini malah muncul di bagian bawah blog tentu hal ini akan menjadi sebuah pertimbangan untuk kita sebelum menggunakan iklan otomatis ini.

Namun saya ingatkan kembali bahwa hal tersebut terjadi karena struktur template blog Anda yang kurang mendukung untuk menampilkan iklan tersebut.

Baca juga: Cara Memasang Iklan AdSense di Tengah Postingan

Yang saya sukai dari iklan otomatis adsense ini yaitu jenis iklan Anchor ads dan Vignette ads, kedua jenis iklan ini termasuk overlay ads atau iklan hamparan/lembaran penutup yang memenuhi layar smartphone Anda tetapi mudah di tutup atau di close oleh pengguna, sehingga tidak mengganggu mereka ketika sedang membaca artikel di blog Anda.

Baca juga: Cara Verifikasi Alamat (PIN) Google AdSense

Jenis-jenis Format Iklan Otomatis AdSense

Sebelum memasang iklan otomatis adsense di blogger, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis format iklan yang ada pada fitur auto ads yang baru ini.

Text & display ads

Display ads adalah iklan grafis atau gambar yang akan tampil dalam berbagai bentuk dan ukuran, misalnya leaderboard (728x90), banner (468x60), dan skyscraper (120x600).

Sedangkan text ads adalah iklan teks biasanya menyertakan judul yang juga merupakan tautan yang dapat diklik ke sebuah laman web, yang terdiri dari satu atau dua baris teks dan alamat situs.

Iklan text & display hanya akan muncul di unit iklan Anda pada waktu yang optimal, saat AdSense menganggapnya berkinerja dengan baik.

Format iklan ini mendukung pada tampilan desktop dan mobile.

In-feed ads

In-feed ads adalah iklan yang dirancang untuk menyesuaikan dengan feed blog Anda, biasanya ditempatkan pada daftar artikel atau berita dan juga pada daftar produk maupun layanan yang terdapat pada situs Anda.

In-feed ads merupakan iklan yang disesuaikan agar mirip dengan tampilan dan nuansa konten Anda.

Ketika pengunjung menggulir atau melihat daftar artikel maupun produk di halaman situs web Anda dan menemukan iklan dalam feed tersebut, mereka masih akan tahu bahwa itu adalah iklan, sehingga iklan tersebut tidak akan menggangu pengunjung dan iklan ini terlihat bagus di laman blog atau situs Anda.

Saat ini format iklan in-feed hanya tersedia untuk ponsel.

In-article ads

In-article ads adalah iklan yang dirancang sesuai dengan minat pembaca blog atau situs Anda, jenis iklan ini akan tampil di antara paragraf artikel blog atau situs Anda.

Formatnya menggunakan aset pengiklan berkualitas tinggi yang berarti iklan tersebut akan terlihat hebat di samping konten Anda.

Formatnya juga telah dioptimalkan Google sehingga kinerjanya bagus pada halaman artikel blog atau situs Anda, sekaligus memberikan pengalaman membaca yang lebih baik bagi pengunjung situs web Anda.

Format iklan ini mendukung pada tampilan desktop dan mobile.

Matched content

Matched content adalah jenis iklan bawaan yang menggabungkan iklan dengan rekomendasi artikel atau konten yang ada pada situs Anda.

Dengan menawarkan lebih banyak konten kepada pengunjung, hal ini dapat berpotensi meningkatkan waktu pembaca berada di situs atau blog Anda, meningkatkan jumlah tayangan laman, dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan Anda.

Jika memenuhi syarat, AdSense akan merekomendasikan konten dari situs Anda yang paling relevan bagi pembaca blog Anda. Selain itu, iklan dapat ditampilkan di antara rekomendasi artikel ini.

Iklan ini hanya akan tampil jika blog atau situs Anda memiliki jumlah tanyangan yang tinggi.

Saat ini format iklan matched content hanya tersedia untuk ponsel.

Anchor ads

Anchor ads adalah iklan seluler yang menempel pada tepi layar smartphone atau ponsel pengguna dan dapat dengan mudah ditutup.

Iklan jenis ini hanya akan ditampilkan oleh AdSense pada waktu yang optimal untuk membantu meningkatkan pendapatan Anda, dan pada saat yang sama memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi pengunjung blog Anda.

Iklan ini hanya berfungsi di laman yang dioptimalkan untuk perangkat seluler kelas atas.

Format iklan anchor hanya tersedia untuk ponsel.

Vignette ads

Vignette ads adalah iklan seluler layar penuh yang muncul di antara pemuatan laman situs Anda, artinya ketika pembaca akan meninggalkan atau membaca konten lain di situs Anda iklan ini akan muncul saat loading berpindah ke laman lain.

Iklan ini menempel di tepi layar dan bisa dilewati atau ditutup pengunjung setiap saat.

Iklan vinyet ini ditampilakan saat seseorang meninggalkan sebuah halaman, bukan ketika pembaca baru membuka laman Anda, sehingga pengunjung Anda tidak perlu menunggu iklan dimuat atau ditampilkan.

Format iklan vignette hanya tersedia untuk ponsel.

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger

Setalah mengetahui jenis-jenis iklan otomatis atau auto ads ini, sekarang kita mulai dengan cara memasang iklan otomatis adsense di blogger.

1. Masuk ke akun AdSense milik Anda.
2. Klik pada bagian My ads > Auto ads > Setup auto ads.

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger 1

3. Kemudian akan muncul pop-up berisi kode iklan otomatis.

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger 2

4. Copy semua kode tersebut.
5. Masuk ke Blogger.com
6. Klik Tema > Edit HTML
7. Cari kode </head>
8. Paste kode iklan otomatis, diatas kode </head>

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger 3

9. Klik Simpan tema

Catatan:
Jika tidak bisa menyimpan kode iklan otomatis adsense, silahkan parse terlebih dahulu kode iklan Anda menggunakan tool parse html lalu coba klik simpan tema.

Cara mengatur jenis iklan apa saja yang akan ditampilkan

Setelah Anda berhasil memasang kode iklan otomatis adsense di blog Anda, sekarang tinggal Anda atur jenis iklan apa saja yang ingin ditampilkan pada blog atau situs Anda.

1. Masuk ke akun AdSense milik Anda.
2. Klik pada bagian My ads > Auto ads > klik icon pensil.

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger 4

3. Silahkan klik tombol kecil yang ada pada bagian samping disetiap jenis iklan.

Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger 5

4. Jika sudah, klik Save.

Tips Sebelum Beralih ke Iklan Otomatis (Auto Ads)

Iklan otomatis (auto ads) merupakan cara baru yang paling ampuh untuk memasang iklan di semua halaman web situs Anda, hanya dengan menambahkan sepotong kode cukup sekali pada bagian <head> sampai </head> didalam template blog atau situs Anda, iklan akan tampil diseluruh halaman web Anda. Berikut ini beberapa tips sebelum beralih ke iklan otomatis:
  • Pastikan kode iklan units (kode iklan yang lama) sudah Anda backup.
  • Lakukan backup template blog Anda sebelum beralih menggunakan iklan otomatis.
  • Coba pasang iklan otomatis ini selama satu minggu atau waktu yang Anda tentukan.
  • Bandingkan hasil pendapatan ketika menggunakan iklan units dan iklan otomatis (auto ads).
  • Pastikan iklan otomatis tampil ditempat-tempat yang cocok pada bagian template Anda(tidak ngawur atau acak-acakan).

Itulah artikel mengenai cara memasang iklan otomatis adsense di blogger, pasang iklan jenis auto ads ini jika memang Anda masih baru dan belum berpengalaman dalam menggunakan AdSense, karena auto ads atau iklan otomatis ini akan membantu Anda menempatkan berbagai jenis iklan pada blog Anda secara otomatis hanya dengan menggunakan satu kode saja.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

49 Komentar untuk "Cara Memasang Iklan Otomatis AdSense di Blogger"

  1. Apakah kode iklan units yang lama harus kita hapus dulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jumlah iklan units di satu halaman sudah ada 5, saran saya hapus dulu kode iklan yang lama, baru menggunakan kode iklan otomatis ini.

      Tapi kalau iklan units kurang dari 3, tanpa perlu di hapus juga tidak masalah. Hanya saja jika hasilnya iklan otomatis ini muncul berdampingan dengan iklan units, itu kembali lagi kepada admin blognya, apakah mau dibiarkan atau tidak.

      Jadi, kalau mau pakai iklan otomatis (auto ads) ini lebih baik coba dulu sehari, lalu lihat dimana saja letak iklan yang muncul. Jika memang bagus posisi iklannya, silahkan gunakan jenis iklan otomatis ini, tapi kalau tampil berantakan lebih baik teteap menggunakan iklan units.

      Hapus
  2. Berpengaruh nggak ya, trhdp kecepatan loadingnya jika pengunjung membuka web/situs yg uda d terapkan iklan otomatis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Dibandingkan dengan iklan units auto ads atau iklan otomatis ini lebih ringan, karena hanya dengan menggunakan satu kode saja, kita bisa menampilkan beberapa jenis iklan yang ingin ditampilkan.

      Hapus
  3. saya kemarin sudah mencoba auto ads, tapi bagi saya memperburuk tampilan blog saya, karena iklan muncul ditempat yang tidak terduga seperti header, footer, bahkan antara komentar pengunjung.

    Bagi blogger ini langkah yang baik karena menaikkan penghasilan, begitulah saya rasakan meskipun baru saya pasang sehari memnag terlihat perbedaanya,

    tapi saya posisikan saya sebagai pembaca, begitu saya coba blog saya sendiri versi mobile, iklan sangat mengganggu, akhirnya hari ini saya cabut dan pasang ads unit yang biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Sabda,
      Terima kasih atas masukkannya, yang mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca lain.

      Salah satu kekurangan auto ads atau iklan otomatis yaitu posisi iklan tidak bisa diatur, sehingga tanpa kita duga iklan ini bisa muncul ditempat-tempat atau diposisi yang kurang tepat. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali sebelum menggunakan auto ads di blog Anda.

      Hapus
  4. iklan saya kok malah gak keluar ya, self hosting wordpress

    BalasHapus
  5. Wah sepertinya blog jejak maya tidak bisa ikut pasang adsense otomatis besutan google ini hehe adminnya yang nggak bisa utak-atik templat
    lagian blog sepi pengunjung tampaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu mba, iklan otomatis (auto ads) ini sangat mudah pengunaannya, cukup pasang satu kode iklan sebelum kode </head>, iklan akan otomatis muncul.

      Hapus
  6. Trmaksih mas atas infonya ... apa auto ads ini bisa diatur lagi jika berada ditempat yg tidak kita inginkan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Auto ads ini akan muncul secara otomatis di blog, dan letaknya tidak bisa kita atur sendiri. Oleh karena itu jika auto ads ini menampilkan iklan yang tidak sesuai dengan letak yang diinginkan, saran saya gunakan saja ads units.

      Hapus
  7. Blog mas ini sudah pakai iklan otomatis ini atau belum ya? Saya mau coba juga sih keliatannya menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah mencobanya, iklan auto ads ini sangat menarik jika pada tampilan mobile khususnya jenis iklan anchor dan vignette (vinyet).

      Jadi saya sarankan menggunakan iklan otomatis hanya yang versi mobile saja, sedangkan untuk iklan banner/spanduk saya sarankan menggunakan iklan units agar letaknya bisa diatur.

      Hapus
  8. Saya baru coba pasang. biasanya berapa lama iklan akan muncul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan biasanya langsung muncul, kalau tidak coba hapus dulu kode iklan yang lama.

      Hapus
  9. terimakasih infonya mas....baru saja kemarin saya pasang yang otomatis ini, memang iklan tampilnya ditempat-tempat yang sudah ditentuin sama adsense....

    BalasHapus
  10. Ini hanya berlaku buat blogger ya gan? Kalau untuk adsense youtube?

    BalasHapus
  11. saya coba kok belum muncul ya iklannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan yang lamanya di hapus dulu coba, iklan auto ads ini tidak muncul langsung setelah di pasang, coba tunggu sampai 24 jam.

      Hapus
  12. unit iklan saya udah 5 biji ni, harus dihapus dulu atau langsung ditambahkan iklan otomatisnya? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya iklan unit yang lama hapus dulu, supaya bisa kelihatan letak iklan otomatis ini tampil dimana saja.

      Hapus
  13. bang, gimana yah cara nge-hapus iklan lama dari blog, soalnya waktu saya coba buat iklan otomatis, iklannya tidak muncul, saya takut karna masalah iklan lamanya yang membuat masalah, bisa tidak di kasih tutorialnya gimana cara hapus iklan lama di blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,

      Untuk menghapus iklan lama atau lebih tepatnya iklan unit, kita hanya perlu menghapus kode iklannya dari blog, biasanya iklan adsense di blog diletakkan pada bagian template editor dan juga tata letak blog.

      Saya informasikan bahwa pada akun adsense tidak menyediakan fitur hapus iklan, yang ada hanyalah sembunyikan. Dengan menyembunyikan dan tidak menggunakan kode iklan tersebut, dalam waktu beberapa hari unit iklan akan hilang pada akun adsense.

      Jika ingin mencoba memasang iklan otomatis atau "auto ads" lebih baik semua iklan lama dihapus terlebih dahulu.

      Mengenai masalah iklan otomatis tidak muncul memang memerlukan waktu agar iklan bisa tayang. Coba pasang dan tunggu dalam waktu kurang lebih 24 jam.

      Jika memang tidak muncul, pastikan Anda sudah memasang ads.txt pada blog atau web yang ingin menggunakan iklan otomatis ini.

      Hapus
  14. Pada saat daftark adsensekan kita disuruh pasang kode dihead, apa pada saat ingin pasang auto ads kode yang sebelumnya harus dihapus dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,

      Kode yang disimpan di bawah tag <head> bisa di hapus, ini sangat saya rekomendasikan supaya tidak ada double javascript.

      Selain itu iklan auto ads ini bertujuan untuk memudahkan publisher yang masih awam untuk menampilkan iklan di situsnya hanya dengan menaruh satu kode saja.

      Hapus
    2. Berapa lama kira2 akan tampil?

      Hapus
    3. Berdasarkan pengalaman saya kurang lebih 24 jam, atau selambat-lambatnya hingga 48 jam.

      Hapus
    4. Apa auto ads bisa digabungkan dengan add unit?

      Hapus
    5. Auto ads dapat digabungkan dengan ads unit, jika masih ada space atau ruang maka auto ads akan mengisi ruang kosong tersebut dengan iklan.

      Hapus
  15. Blog saya kan baru seminggu, apakah bisa dipasang iklan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah punya akun adsense, bisa dipasang langsung iklan "auto ads" ini.

      Hapus
  16. kenapa punya saya iklannya tidak muncul ...?

    BalasHapus
  17. ga cara pasang iklan di blogger bisa ga ya?

    BalasHapus
  18. Gan cara ngatasin iklan adsense di homepage gmn? ga enak bgt ada di dpn halaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Kalau menggunakan iklan otomatis akan susah untuk mengaturnya, kalau untuk iklan unit silahkan baca artikel ini https://www.caramanual.com/2018/04/menyembunyikan-iklan-adsense-di-halaman-pencarian.html

      Hapus
  19. hola,
    saya mau tanya, untuk iklan yang otomatis kita tambahkan melalui gadget itu sebenarnya masih berlaku atau tidak ya?

    BalasHapus
  20. Sebenarnya enak pakek fitur Auto Ads, sayangnya karena kita gak diberi opsi menempatkan iklan, jadi tampilan iklannya kadang ada di tempat yang tak terduga :D

    BalasHapus
  21. Mau tanya mas. Kenapa ya iklan otomatis saya kok tidak muncul di dalam konten/artikel. Saya pake template blogger contempo. Saya aktifkan iklan di dashboard penghasilan apa ini berpengaruh? Apa saya harus nonaktifkan dulu iklannya dia dashboard penghasilan biar iklannya mau tampil dalam konten? Mohon bantuannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Sepengetahuan saya iklan otomatis tidak akan tampil didalam postingan, iklan otomatis hanya muncul dibeberapa bagian seperti header, sidebar, dan footer.

      Untuk menampilkan iklan dibagian postingan silahkan untuk mengaturnya secara manual.
      Silahkan baca artikel ini:
      https://www.caramanual.com/2018/02/cara-memasang-iklan-adsense-di-tengah-postingan.html

      Untuk menampilkan iklan sesuai keinginan kita, lebih baik menggunakan iklan jenis unit, karena iklan otomatis itu akan muncul secara acak di beberapa bagian blog dan tidak bisa kita atur letaknya.

      Hapus
    2. Waktu saya pake tema blogger simple iklannya muncul mas. Tapi pas ganti contempo jadi ga ada iklan dalam artikel. Pengen sih pake iklan unit aja tapi masih takut edit htmlnya mas hehe. Mau edit tema biar lebih responsive sama seo friendly aja puyeng tujuh keliling soalnya nggak ada yg ngajarin. Tanya mbah google tambah pusing tutorialnya banyak bgt trus kebanyakan artikel lama di mbah google jadi takut nggak work. Kebanyakan takutnya saya. Eh maaf malah curhat.

      Hapus
    3. Sepertinya untuk iklan otomatis memang butuh penyesuaian beberapa hari, jadi silahkan coba saja dulu dengan tema yang sedang digunakan saat ini. Saran saya silahkan coba selama 2 hari, jika memang tidak tampil iklan otomatisnya, lebih baik tidak menggunakan template tersebut jika memang ingin ada iklan di tengah artikel.

      Hapus
    4. contempo itu versi pc emang udah di setting hanya untuk iklan unit. coba gan buka di versi mobile pasti auto ads muncul

      Hapus
  22. Memasang bayak iklan pengaruh gak ya deng loding blog,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Memasang banyak iklan tentu menambah beban loading blog, termasuk iklan adsense maupun iklan banner lainnya.

      Jika mau pakai iklan unit dari adsense, kamu bisa pakai 1 javascript saja untuk semua jenis unit iklan yang ada di blog.

      Atau bisa dengan menggunakan iklan otomatis / auto ads yang pada dasarnya memang hanya menggunakan satu kode saja.

      Terima kasih.

      Hapus
  23. Malam gan, gan saya mau tanya, misalnya kita punya 2-3 blog. Satu Kode auto ads untuk semua blog atau harus bikin satu-satu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Pada dasarnya semua kode iklan adsense itu sama yang membedakannya hanyalah pada nomor ID AdSense nya saja. Jadi, satu kode tersebut bisa untuk beberapa situs.

      Tapi sebelum itu, pastikan situs atau blog lainnya juga sudah terdaftar di akun adsensenya supaya bisa menampilkan iklan.

      Selain itu, apabila kita menggunakan 1 kode iklan saja untuk beberapa situs atau blog maka kita tidak dapat menganalisa penghasilan.

      Jadi, lebih baik gunakan kode iklan yang berbeda untuk situs lainnya.

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel