Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph di Blogger

Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph di Blogger - Perlu Anda ketahui bahwa Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna paling banyak di dunia. Ada sekitar 2,13 miliar lebih pengguna aktif di seluruh dunia setiap bulannya, data ini berdasarkan statistik facebook februari 2018 dan terlihat meningkat hingga 14% dari tahun ke tahun.

Dari 15 negara dengan jumlah pengguna facebook terbanyak, Indonesia menempati urutan ke 4 setelah Brazil yang menempati urutan ke 3 dengan total pengguna hingga 130 juta pada bulan januari 2018 kemarin. Data ini menunjukan bahwa facebook menjadi salah satu situs sosial media yang memiliki pengguna aktif terbanyak, oleh karena itu sebagian orang ada yang memanfaatkan facebook untuk memperkenalkan produk mereka secara lebih luas, hal ini merupakan peluang yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda miliki.

Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph di Blogger

Selain itu, tak heran jika Facebook dijadikan sebagai tempat untuk berdiskusi. Banyak sekali grup-grup di Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk berdiskusi bersama orang-orang yang memiliki minat atau bakat yang sama sehingga Anda dapat berbagi pengalaman bersama mereka. Tidak hanya itu saja, terkadang sebagian orang membagikan sebuah tautan atau beberapa URL situs yang menjadi sebagai bahan rujukan dari apa yang sedang mereka diskusikan.

Jika situs tersebut tidak menggunakan atau memasang meta tag facebook open graph, maka ketika sebuah tautan itu di bagikan pada halaman atau group facebook tidak akan memiliki tampilan atau struktur yang bagus. Untuk mengatasi masalah ini Facebook telah memiliki meta tag tersendiri yang berguna agar tampilan dari setiap tautan yang dibagikan ke Facebook memiliki tata letak yang baik dan mudah dibaca.

Baca juga: Meta Tag Yang Dipahami Oleh Google

Sebagian besar orang sangat sering membagikan konten ke Facebook berupa halaman web. Saat pertama kali seseorang membagikan tautan, maka Crawler Facebook akan mengumpulkan beberapa informasi yang terdapat pada halaman web tersebut seperti judul, deskripsi, dan gambar. Untuk seorang Blogger hal ini wajib dilakukan karena dapat meningkatkan jumlah visitor Anda.

Apa Fungsi Meta Tag Facebook Open Graph?

Fungsi utama dari meta tag facebook open graph adalah untuk mengatur beberapa informasi yang akan ditampilkan seperti judul, deskripsi, url, nama penulis, gambar, dan informasi lainnya yang dibutuhkan, sehingga ketika membagikan konten ke Facebook memiliki tampilan atau cuplikan yang tertata rapih dan mudah dibaca. Sebagian besar konten dibagikan ke Facebook sebagai URL dari sebuah halaman web, jadi ini sangat penting bagi Anda untuk memberi mark up situs web dengan menggunakan meta tag facebook open graph untuk mengendalikan bagaimana konten Anda muncul di Facebook.

Baca juga: Cara Bom Komentar di Status Facebook

Tanpa menggunakan meta tag open graph ini, Facebook akan secara manual membuat tebakan terbaik untuk di jadikan sebagai judul, deskripsi, maupun gambar. Jika hal seperti ini terjadi maka sangat disayangkan, karena jika konten Anda muncul di Facebook dan menampilkan judul, deskripsi, atau gambar yang tidak sesuai maka Anda akan kehilangan minat pembaca, sehingga memasang meta tag facebook open graph di blog atau di situs web Anda sangatlah penting untuk mengatur bagaimana konten Anda muncul di Facebook.

Contoh Pengunaan Meta Tag Facebook Open Graph

Berikut ini contoh konten dari halaman web ini yang telah menggunakan meta tag facebook open graph:

Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph di Blogger 1

Dapat kita lihat bahwa tampilan konten diatas lebih maksimal dan lebih menarik perhatian pengguna Facebook lainnya sehingga dapat meningkatkan minat pembaca untuk membuka situs web Anda.

Mengenal Meta Tag Dasar Facebook Open Graph

Terdapat meta tag facebook open graph yang paling umum dan wajib digunakan pada semua jenis konten di situs Anda:
Tag Dasar
Tag Keterangan
og:title Judul artikel atau nama situs Anda.
og:description Keterangan singkat tentang konten atau situs Anda, biasanya antara 2 hingga 4 kalimat. Ini akan ditampilkan dibawah judul kiriman di Facebook.
og:url URL kanonikal (Canonical) untuk situs web Anda. Ini harus berupa URL polos tanpa adanya variabel ataupun parameter lainnya.
og:image URL untuk gambar yang muncul ketika seseorang atau Anda membagikan konten dari situs web ke Facebook.
fb:app_id ID aplikasi ke halaman Anda. Temukan ID aplikasi di Dasbor Aplikasi.
Anda mungkin saja ingin menambahkan dua tag meta facebook open graph dibawah ini, untuk meningkatkan distribusi konten Anda dan meningkatkan interaksi pengguna yang lebih besar:
Tag Keterangan
og:type Jenis media konten Anda. Tag ini berdampak pada bagaimana konten Anda muncul di Kabar Berita Facebook. Jika Anda tidak menentukan jenis tipe tag ini, maka default-nya adalah website. Setiap URL harus berupa objek tunggal, jadi beberapa nilai og:type tidak diperbolehkan. Temukan daftar lengkap jenis objek di Referensi Jenis Objek.
og:locale Bahasa yang digunakan pada situs web. Default-nya adalah en_US. Anda juga dapat menggunakan og:locale:alternate jika Anda memiliki terjemahan bahasa lain yang tersedia. Pelajari tentang bahasa yang di dukung pada dokumentasi pelokalan Facebook.

Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph di Blogger

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu klik Tema > Edit HTML
3. Cari kode <head>
4. Copy kode meta tag dibawah ini, lalu Paste dibawah kode <head>
<!-- Facebook Open Graph -->
<meta content='100015303767757' property='fb:admins'/>
<meta content='154832828481584' property='fb:app_id'/>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:image:alt'/>
<b:else/>
<meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEireI2egl1YbfO_LCXJmzb8DB7R4iSD6ZZf8cgZRrQ1Zkl6TE517jJnJ9skzQa07uIgS5z5SqcxjH5Smrvc7m80Ycum_t4iTdJDb-QnUdJ7FI7kYr-cGe2aDesEvKJPlWDqEMq7B09OWdU/s1600/logo-hd.jpg' property='og:image'/>
<meta content='Cara Manual - Logo' property='og:image:alt'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:title'/>
<meta content='Cara Manual - Kumpulan tutorial blogger lengkap untuk pemula, cara membuat blog keren, cara mendesain blog agar menarik, tips dan trik blogspot.' property='og:description'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>
5. Lalu ganti beberapa kode yang diperlukan (saya tandai dengan warna merah)
6. Kemudian klik Simpan tema

Catatan:
- Ukuran gambar minimal 200 x 200 pixels.
- Untuk melihat ID App Anda, silahkan masuk ke tautan ini: https://developers.facebook.com/apps/redirect/dashboard
- Jika belum memiliki ID App, silahkan buat disini: https://developers.facebook.com/?advanced_app_create=true
- Untuk mendapatkan ID Admin, silahkan klik pada foto profile facebook Anda, contoh: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=406687996517989&set=a.400110943842361.1073741826.100015303767757&type=3&theater

Cara Menguji Meta Tag Facebook Open Graph

Setelah Anda selesai memasang meta tag facebook open graph di blog Anda, sekarang Anda dapat mulai menguji atau mencobanya pada alat debugger facebook melalui tautan dibawah ini:

https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing/

Catatan:
Klik kurangi lagi jika Anda baru saja menyimpan atau mengedit meta tag facebook open graph pada template blog Anda.

Itulah artikel mengenai cara memasang meta tag facebook open graph di blogger, jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan silahkan menghubungi kami melalui halaman kontak atau dengan cara memberikan komentar dibawah ini.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

4 Komentar untuk "Cara Memasang Meta Tag Facebook Open Graph di Blogger"

  1. Penting juga sih yah pasang open graph ini, biar seo gitu heheh

    BalasHapus
  2. mantap, banyak tutorial hasil penulusuran di google, dipostingan ini baru sesuai yang saya inginkan, terima kasih sukses selalu

    BalasHapus
  3. Min, buat postingan meta tag terbaru yang lengkap dong seperti yang kamu pasang di blog ini,

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel