[FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste

[FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste - Mencegah postingan blog di copas oleh orang lain merupakan tindakan yang perlu kita lakukan dengan cepat, jangan sampai artikel Anda di copy paste oleh orang lain tanpa mendapat izin dari Anda atau bahkan tidak menampilkan link sumber dari blog Anda.

Tentu hal ini tidak kita inginkan, karena menulis sebuah artikel di blog membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam dan kemudian di copas begitu saja oleh orang lain tentu kita akan merasa kesal dengan perbuatan seperti ini. Lalu bagaimana caranya supaya postingan blog kita tidak bisa di copas atau copy paste orang lain? Silahkan baca artikel ini sampai tuntas dan ikuti semua cara yang ada.

Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste

Ada berbagai cara mencegah artikel blog di copy paste orang lain, disini saya akan membagikan beberapa tutorial untuk menghindari postingan blog Anda di copas, ini berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya alami.

Bagi Anda yang tidak ingin artikel atau postingan blognya di copas orang lain saya sarankan untuk melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mencegah artikel blog Anda di copas orang lain.

Lalu bagaimana jika artikel blog milik Anda sudah terlanjur di copy paste orang lain? Untuk mengatasi postingan blog yang sudah di copas akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui dengan lengkap cara mencegah postingan blog di copas orang lain, silahkan ikuti tips yang saya berikan dibawah ini.


1. Matikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

Menonaktifkan fungsi klik kanan pada blog tentu akan membuat sebagian orang kesusahan saat akan melakukan copy artikel Anda.

Cara ini mungkin masih bisa di atasi oleh sebagian orang, karena melakukan copy artikel atau postingan blog bisa dilakukan dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard seperti ctrl+c.

Dan fungsi lain dari menonaktifkan atau disable klik kanan yaitu blog Anda akan terhindar dari inspect element dimana seseorang tidak dapat melihat kode script pada bagian tertentu di blog Anda.

Baca juga: Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

2. Memasang Script Anti CTRL+U di Blog

Tidak jauh beda dengan fungsi yang pertama, fungsi ctrl+u adalah untuk menampilkan seluruh kode script blog Anda, termasuk di dalamnya terdapat konten atau artikel blog Anda.

Sehingga memasang script anti ctrl+u di blog juga sangat penting dan memiliki dua manfaat sekaligus yaitu kode script blog aman dan artikel atau postingan blog juga aman.


3. Menonaktifkan Fungsi Seleksi Teks di Blog

Jika Anda tidak ingin menggunakan kedua cara diatas Anda dapat menggunakan cara ini saja, namun alangkah baiknya Anda menggunakan cara pertama dan kedua agar artikel atau postingan blog Anda aman dan terhindar dari copy paste.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan menonaktifkan fungsi seleksi teks pada blog berarti setiap teks yang ada pada blog Anda tidak akan bisa di seleksi atau di blok sehingga artikel tidak akan bisa di copy paste.

Namun cara ini perlu di imbangi dengan menggunakan cara agar artikel blog bisa di copy pada bagian tertentu, karena jika blog Anda membahas tentang kode pemrograman cara ini sangat tidak efektif, mungkin sebagian pengunjung blog Anda sangat membutuhkan kode script yang Anda bagikan pada blog Anda dan hal ini tentu tidak mungkin di tulis ulang dengan cara manual oleh pengunjung blog Anda, mereka akan cenderung mencari artikel dari blog lain.


4. Memperpendek RSS Feed Blog

Dari ketiga cara di atas, cara ini merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh Anda lewati. Ingat, memperpendek atau menyingkat rss feed blog sangat penting dilakukan.

Ini untuk menghindari blog Anda di copy paste orang lain dengan cara AGC (Auto Generated Content) dimana jika rss feed blog Anda di biarkan penuh maka semua artikel blog Anda akan mudah di copy paste walaupun Anda menerapkan cara pertama, kedua, dan ketiga.


Ke empat cara di atas akan membantu Anda mencegah artikel blog di copy paste atau di copas orang lain, saya sarankan agar Anda menerapkan semuanya agar artikel atau postingan blog Anda aman, namun Anda juga bisa menerapkan langkah ke tiga dan ke empat saja jika dirasa cara pertama dan kedua tidak dibutuhkan oleh Anda.

Cara pertama, kedua, dan ketiga jika digunakan bersama memang akan sangat aman dan terhindari dari copy paste, namun akan percuma saja jika cara ke empat tidak di terapkan.

Jadi semua cara di atas memang perlu Anda lakukan untuk menghindari postingan blog Anda di copas orang lain.

Itulah tutorial lengkap cara mencegah artikel blog di copy paste orang lain, jika Anda memiliki pertanyaan silahkan berikan komentar dibawah ini atau bisa menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

3 Komentar untuk "[FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste"

  1. Keren nih, bermanfaat banget bagi para blogger yang ingin melindungi kontennya dari perbuatan orang yang ga bertanggung jawab :)

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat, tapi kenapa blog anda tidak menggunakan fitur yang dijelaskan di atas, apakah ada kekurangan ketika blog menerapkan langkah di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Ada ratusan tutorial yang saya publish disini namun bukan berarti semuanya juga harus saya terapkan disini, semuanya kembali ke kebutuhan blog itu sendiri.

      Salah satu contoh, apabila saya menonaktifkan fitur seleksi teks di blog ini, lalu apabila terdapat kode script yang panjang apakah pengujung blog harus mengetiknya sendiri? tentu tidak kan.

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel