Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copas

Menambahkan link sumber secara otomatis ketika artikel atau postingan blog Anda di copas orang lain merupakan tindakan yang perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pencurian konten blog. Membuat link sumber otomatis ketika postingan blog di copy paste orang lain memang tidak menjamin seutuhnya artikel Anda aman dari tindakan pencurian artikel. Karena kode JavaScript yang saya bagikan ini hanya akan menampilkan link sumber dari konten asli yang di copas.

Untuk mengamankan artikel Anda dari copy paste orang lain, mungkin bisa membaca artikel saya yang sudah dibuat sebelumnya dengan judul [FULL] Cara Mencegah Artikel Blog di Copy Paste.

Banyak sekali artikel-artikel di internet yang dapat di salin dan salah satunya artikel ini. Artikel di beberapa situs blogger, wordpress, dan lainnya dapat dengan mudah kita salin atau copy.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Terkait di Tengah Postingan

Tidak sedikit orang menyalin artikel untuk di publikasikan kembali pada situs mereka atau pada media sosial, namun tidak banyak juga yang ingat mengenai sumber artikel yang mereka salin.

Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menambahkan kode JavaScript yang berfungsi ketika artikel blog Anda di copy kemudian di paste dimana saja, mau di blog, di media sosial, di word, di notepad, dan sebagainya secara otomatis akan menampilkan sumber link tulisan tersebut.

Walaupun link sumber tersebut masih bisa di hapus secara manual, setidaknya kita bisa memberikan peringatan bahwa terdapat link sumber ketika di paste yang artinya kalau mau copas artikel ya sertakan link sumbernya.

Membuat link sumber otomatis ini merupakan cara lama yang masih bisa kita manfaatkan dengan baik, oleh karena itu jika Anda tertarik untuk memasang link sumber otomatis di blog silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copas

Cara Memasang Link Sumber Otomatis di Blog

Kode ini sudah saya test di beberapa browser seperti, Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Maxthon, UC Browser, Opera Mini dan berfungsi dengan baik. Untuk melihat demonya silahkan klik tombol dibawah ini:


1. Masuk ke Blogger.com.
2. Klik Tema > Edit HTML.
3. Cari kode </body>.
4. Copy kode JavaScript dibawah ini, kemudian Paste di atas kode </body>.

Versi 1
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink="<br/><br/>Read more: "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
//]]>
</script>

Versi 2
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

5. Klik Simpan tema.

Sekian artikel mengenai cara membuat link sumber otomatis saat artikel di copas, semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

6 Komentar untuk "Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel di Copas"

  1. Sudah saya terapkan di blog saya yang bahasa inggris mas, terima kasih semoga berkah dan bermanfaat

    BalasHapus
  2. Wah, bermanfaat.
    Maaf saya juga ikut copas, tapi cuma kode-nya ya.
    Saran, yang versi 1, gak ada "ganti baris-nya", tolong biar mantap tambahin '
    .

    BalasHapus
  3. lebih baik pasang link ketika artikel blog kita dicopas dari pada pasang anti copas, karena kalau pasang anti copas blog tutorial mempersulit pengunjung untuk memasang kode html nya, thanks 4 shering

    salam bw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Iya betul sekali, daripada memasang anti copas di blog sehingga semua teks tidak dapat di seleksi atau di copy lebih baik menggunakan link sumber otomatis.

      Tapi masih ada cara lain supaya hanya bagian tertentu saja yang dapat di copas, berikut artikel lengkapnya: https://www.caramanual.com/2018/02/cara-agar-artikel-blog-bisa-di-copy-paste-pada-bagian-tertentu.html

      Hapus
  4. Terima Kasih ilmunya sangat membantu dan saya sudah terapkan di blog saya

    BalasHapus
  5. mantap panduan cara pasang link sumber copasnya ka

    salam edukasibahasainggris com

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel