Cara Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog

Seorang blogger, wartawan, penulis, siswa dan lainnya mungkin membutuhkan sebuah tool atau alat yang bisa menghitung jumlah kata dalam sebuah artikel.

Jika dilakukan secara manual untuk menghitung jumlah kata pada artikel memang masih bisa, namun itu tidak mungkin karena saya yakin sebuah artikel memiliki jumlah kata yang sangat banyak ratusan hingga ribuan.

Jadi kalau di hitung secara manual itu tidak ada yang mau melakukannya bahkan itu mustahil di lakukan oleh seseorang.

Apalagi teknologi pada masa kini sudah sangat maju dan berkembang dengan sangat cepat, sebuah alat atau tools online yang dapat menghitung jumlah kata pada artikel sudah pasti ada dan banyak di kembangkan oleh beberapa orang.

Mengetahui jumlah kata dalam sebuah artikel atau postingan memang sangat penting bagi sebagian orang.

Apalagi seorang blogger dan wartawan khususnya, mereka mungkin memiliki patokan atau batas minimal untuk membuat sebuah artikel yang akan di publish pada website mereka.

Sehingga mengetahui jumlah kata yang mereka tulis sangatlah penting.

Cara Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog

Sebenarnya ada beberapa tool online untuk mengetahui jumlah kata bahkan jumlah karakter yang ada pada setiap artikel atau postingan.

Namun di sini saya hanya akan menjelaskan dua saja.

Pertama saya akan menjelaskan sebuah tool online yang dapat menghitung jumlah kata maupun karakter dari sebuah artikel atau postingan.

Dan yang kedua saya akan menjelaskan sebuah tool offline yang memiliki fungsi sama, namun bedanya tool ini dapat digunakan tanpa perlu adanya koneksi internet.

Baik langsung saja kita bahas di bawah ini alat atau tool yang bisa menghitung jumlah kata pada artikel maupun postingan yang ada di internet.

Menghitung Jumlah Kata Menggunakan WordCounter (Onilne Tool)

Sesuai dengan namanya tool online yang satu ini dapat Anda gunakan untuk menghitung jumlah kata maupun karakter pada sebuah artikel maupun postingan.

Tool online ini memiliki fitur yang lengkap jika dibandingkan dengan tool online penghitung kata lainnya.

WordCounter dapat menyimpan kata atau tulisan yang Anda tuliskan di sana, tool ini hampir mirip seperti text editor.

Selain itu tool online yang satu ini bisa mengetahui jumlah kata, karakter, kalimat, paragraph, bahkan bisa menghitung jumlah keyword density dari sebuah artikel.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang tidak saya sebutkan di atas, mungkin Anda bisa langsung mencobanya sendiri dan bandingkang dengan tool online penghitung kata lainnya.

Untuk mengetahui jumlah kata dan karakter dari sebuah artikel atau postingan menggunakan tool online WordCounter, Anda bisa menulisnya di sana atau memasukan artikel yang ingin Anda ketahui jumlah kata dan karakternya.

Coba di sini: https://wordcounter.net/

mengetahui jumlah kata menggunakan wordcounter

Menghitung Jumlah Kata Menggunakan Microsoft Word (Offline Tool)

Microsot word merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah kata.

Saya yakin di setiap komputer atau laptop software atau perangkat lunak ini pasti ada bahkan bisa menjadi sebuah software yang wajib ada.

Berhubungan dengan pengolahan kata, pasti perangkat lunak yang sudah tidak asing lagi di telinga kita ini memiliki fitur untuk menghitung jumlah kata pada artikel maupun postingan.

Meski hanya memiliki fitur untuk menghitung jumlah kata, karakter, dan paragraph, saya rasa microsoft word sudah memenuhi syarat untuk di jadikan alat atau tool alternatif untuk mengetahui jumlah kata pada sebuah artikel maupun postingan.

Dari segi fitur memang tool online lebih unggul karena berfokus pada penghitungan jumlah kata, sedangkan microsoft word sebagai perangkat lunak untuk pengolahan kata yang universal.


Untuk mengetahui jumlah kata maupun karakter dari sebuah artikel Anda cukup meletakan atau copy dulu terlebih dahulu artikel tersebut, kemudian paste pada microsoft word.

Setelah itu lihat pada bagian pojok kiri bawah, biasanya sudah terlihat berapa jumlah kata pada tulisan yang sudah kita ketik maupun artikel yang ingin kita ketahui jumlah katanya.

mengetahui jumlah kata pada microsoft word

Kemudian klik pada bagian tersebut, nanti akan muncul sebuah pop-up atau layar kecil yang menunjukan lebih detail jumlah kata, karakter, dan paragraph.

mengetahui jumlah kata, karakter, parapgrahp pada microsoft word

Mengitung Jumlah Kata di Situs Caramanual.com (Online Tool)

Word count online tool ini saya buat di blog ini untuk memudahkan saya dalam menghitung jumlah kata, karakter, kalimat, paragraf, dan keyword atau kata kunci yang paling banyak di gunakan.

Selain untuk saya gunakan sendiri Anda juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan Anda ketika menulis artikel mungkin untuk mengetahui jumlah kata yang sudah di tulis.

Tool word counter sederhana ini sangat mudah digunakan dengan fitur yang sudah cukup lengkap untuk mengitung jumlah kata atau karakter yang Anda tulis.

Coba di sini: https://www.caramanual.com/p/word-count.html

Word Count Online Tool

Itulah artikel mengenai cara mengetahui jumlah kaya pada artikel blog, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

4 Komentar untuk "Cara Mengetahui Jumlah Kata Pada Artikel Blog"

  1. Gunain aplikasi menghitung jumlah kata suatu artikel seperti ini caranya yang benar gimana,mas ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui jumlah kata yang ada pada sebuah artikel cukup dengan menyalin (copy) artikel tersebut lalu tempelkan (paste) pada tool online tersebut atau pada word.

      Hapus
  2. Permisi gan. Mau tanya. Kenapa ya blog aku kok artikel nya gak keindex google. Padahal udah berkali-kali cek robots txt, sitemap dll.. udah webmaster juga. Tapi belum ada di google. Blog tahun 2017 aktif lagi 2019. Jika berkenan balas komentar ini. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Ada banyak faktor yang mempengaruhi artikel blog tidak terindeks di google. Berikut ini beberapa hal yang perlu di pastikan agar artikel bisa terindeks.

      1. Cek file robots.txt usahakan tidak ada perintah yang memblokir google bot misalnya perintah disallow untuk mempelajari tentang robots.txt silahkan baca artikel ini:
      https://www.caramanual.com/2016/11/apa-itu-robotstxt-inilah-pengertian-dan.html
      2. Cek pada bagian template, Blogger > Tema > Edit HTML usahakan tidak ada perintah noindex
      3. Untuk mengecek apakah blog terindeks atau tidak, dengan cara seperti ini:
      site:caramanual.com
      4. Untuk mengecek postingan terindeks atau tidak, bisa copy saja url postingannya dan paste di google pencarian, bukan di address bar browser ya.
      5. Apabila blog terkena sandbox google maka artikel Anda akan menghilang dari hasil pencarian google.
      6. Apabila blog yang sudah tidak aktif lama, dalam kasus ini dari tahun 2017 dan baru aktif lagi tahun 2019. Ini juga menyebabkan google bot atau perayap google lebih lama mengindeks blog Anda.

      Dan masih banyak lagi penyebab hilangnya artikel di hasil pencarian google.

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel