Blogger Update 2018: Inilah Fitur Yang Akan Diubah, Dihapus, dan Ditambahkan

Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 15/05/018 Google mengumumkan akan ada perubahan atau update terbaru untuk produk Blogger di tahun 2018.

Setelah melakukan beberapa perubahan pada bagian Dashboard Blogger di tahun sebelumnya, kini Blogger melakukan beberapa perubahan pada fitur-fitur yang dimilikinya.

Selain itu, akan ada beberapa fitur yang dihapus dan juga fitur baru yang akan ditambahkan pada update selanjutnya.

Sebagai salah satu platform blogging gratis yang memiliki banyak pengguna, Blogger memiliki tampilan dashboard dan fitur-fitur yang mudah digunakan oleh pemula.

Tak heran jika platform blogging gratis ini menjadi salah satu tempat favorit untuk membuat blog atau website personal termasuk saya sendiri.

Seiring berkembangnya teknologi, blogger telah melakukan update beberapa kali setiap tahunnya guna untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan pengalaman blogging kepada penggunanya.

Blogger Update 2018: Inilah Fitur Yang Akan Diubah, Dihapus, dan Ditambahkan

Di tahun 2018 ini Blogger akan mengalami beberapa update atau pembaruan dalam waktu beberapa bulan kedepan.

Yuk, lihat apa saja fitur yang akan diubah, dihapus, dan ditambahkan pada update terbaru ini.

Perubahan pada fitur yang ada di Blogger

Akan ada beberapa perubahan pada fitur yang ada di blogger saat ini yang akan di luncurkan dalam beberapa bulan kedepan, diantaranya yaitu:

1. Google+ Integrations

Integrasi Google+: Selama beberapa bulan ke depan, Blogger akan mengubah integrasi widget Google+ ke dalam widget HTML, dengan ini Anda akan lebih mudah ketika berbagi dan melihat pengikut Anda.

2. OpenID

OpenID: Blogger sebelumnya mengizinkan pengguna untuk berkomentar di blog menggunakan penyedia identitas OpenID (pihak ketiga), selain itu OpenID juga bertindak sebagai penyedia identitas ketika berinteraksi dengan sistem lain di internet.

Karena rendahnya penggunaan fitur ini, Blogger tidak akan lagi mendukung OpenID sebagai penyedia atau untuk membuat komentar pada sebuah blog, dan semua komentar yang sebelumnya menggunakan OpenID akan diubah menjadi Anonim.

3. Improved Localization and Blogspot ccTLDS

Peningkatan Lokalisasi dan ccTLDS Blogspot: Lokasi Anda menentukan layanan negara Anda. Secara historis, layanan ini telah diberi label dan diakses melalui nama domain tingkat atas kode negara (ccTLD), seperti blogspot.co.id untuk Indonesia.

Pada update selanjutnya Blogger tidak lagi menggunakan lokasi untuk menentukan sebuah nama domain. Semua domain yang menggunakan ccTLD blogspot akan di alihkan ke blogspot.com, ini akan membantu menyederhanakan URL untuk audiens internasional.

Fitur yang akan dihentikan dari Blogger

Seiring dengan pembaruan di atas, fitur-fitur berikut ini akan segera dihentikan atau dihapus dari Blogger selama beberapa bulan ke depan, karena tingkat penggunaan yang rendah dan memungkinkan tim Blogger untuk lebih fokus pada pengembangan fitur-fitur baru. Fitur yang akan dihapus iantaranya yaitu:

1. Third Party Gadgets

Gadget Pihak Ketiga: Anda tidak akan bisa menambahkan gadget pihak ketiga pada layout, namun Anda masih dapat menambahkan HTML khusus atau JavaScript melalui gadget "HTML/JavaScript".

2. Next Blog

Blog Berikutnya: Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda mengunjungi blog lain yang serupa dengan yang sekarang. Pemilik blog masih dapat menggunakan widget Daftar Blog untuk membagikan blog favorit mereka secara langsung.

3. Polls Widget

Widget Jajak Pendapat: Penggunaan widget ini cenderung sangat sedikit bahkan hampir tidak sama sekali, oleh karena pada update berikutnya widget ini akan dihapus. Untuk saat ini Hasil Jejak Pendapat akan tetap tersedia di Google Takeout.

4. Textcube

Blog blogspot yang ada, yang diimpor dari situs TextCube akan terus ditayangkan di alamat blogspot.com, sementara file yang semula dihosting di Textcube akan tersedia melalui Google Takeout.

Fitur baru yang ditambahkan Blogger

Selain dari perubahan di atas, Blogger telah meluncurkan beberapa fitur baru yang sudah bisa kita rasakan saat ini dan juga beberapa fitur baru yang akan diluncurkan pada beberapa bulan kedepan, diantaranya yaitu:

1. HTTPS for Custom Domains

HTTPS untuk domain khusus: Keamanan internet sangat penting bagi Blogger, domain khusus kini mendukung koneksi terenkripsi dengan HTTPS.

Pelajari lebih lanjunt tentang HTTPS untuk Custom Domain.

2. Multilogin

Multilogin: Memiliki banyak akun? Tidak masalah! Multilogin memungkinkan Anda untuk beralih di antara akun Google yang berbeda tanpa keluar (logout).

3. Spanner

Spanner: Ini merupakan sistem penyimpanan baru untuk data-data atau file blogger.

4. Video Management

Manajemen Video: Dengan antarmuka manajemen yang baru, Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menghapus video yang telah Anda unggah.

5. Google Takeout

Google Takeout: Blog Anda merupakan data Anda. Dengan pembaruan mendatang untuk alat ini, Anda akan dapat mengakses informasi lebih lanjut saat mengunduh data dari Google Takeout.

Itulah artikel mengenai update blogger di tahun 2018 dan beberapa fitur yang akan diubah, dihapus, dan ditambahkan. Semoga bermanfaat.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

6 Komentar untuk "Blogger Update 2018: Inilah Fitur Yang Akan Diubah, Dihapus, dan Ditambahkan"

  1. Mantaf gan, itu fitur https untuk custom domain nya lumayan

    BalasHapus
  2. keren, bisa upload file langsung ke blogger. Spanner akan menjadi penantian yang menarik

    BalasHapus
  3. keep it up google, jangan lupa aplikasi blogger androidnya di update juga.

    BalasHapus
  4. Ada yang saya mau tanya, soal aplikasi android untuk posting dari App Blogger apakah juga akan mendapat pembaharuan? Soalnya aplikasi ini sangat sangat sangat sangat minim pembaharuan, sedangkan semua aplikasi mengupdate aplikasi di playstorenya, ini Blogger App tidak pernah di update.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk update di atas khusus pengguna desktop, untuk aplikasi blogger di android saat ini masih belum ada informasi mengenai kapan updatenya.

      Hapus
  5. Baru baca info updatenya Google.

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel