Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Muncul di Android

Sebagian orang mungkin pernah mengalami notifikasi dari beberapa aplikasi di HP tidak mau muncul khususnya WhatsApp.

Coba bayangkan jika seseorang mengirimi Anda pesan karena membutuhkan bantuan Anda sesegera mungkin, namun pesan itu malah tak kunjung masuk pada smartphone Anda.

Tentunya hal ini akan sangat menyulitkan bukan, disini saya akan mencoba membahas cara mengatasi pesan WhatsApp yang tersembunyi di HP Android.

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi WhatsApp?

Ya,

WhatsApp adalah sebuah aplikasi untuk mengirim pesan, gambar, video, file dan sebagainya yang dalam penggunaanya hanya membutuhkan koneksi internet tanpa memakan pulsa.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Muncul di Android

Di zaman yang sudah canggih ini, mayoritas penduduk Indonesia telah menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi seperti mengirim pesan singkat atau SMS, telepon, bahkan video call.

Tetapi tahukah Anda, beberapa smartphone dirancang dengan keamanan berintegritas tinggi sehingga beberapa notifikasi dari aplikasi baru yang Anda install tidak akan berjalan mulus.

Disini saya akan membahas tentang notifikasi whatsapp yang tersembunyi atau bahkan tidak muncul sama sekali di HP Android, baik ketika smartphone Anda dalam keadaan stand by ataupun offline tanpa harus memeriksa langsung pada aplikasi tersebut.

Penyebab utama notifikasi dari beberapa atau bahkan semua aplikasi tidak muncul yaitu adanya settingan atau pengaturan di HP Anda yang salah.

Hal ini menyebabkan notifikasi atau pemberitahuan dari beberapa aplikasi di android tidak muncul meski aplikasi tersebut sudah di instal ulang.

Baca juga: Cara Menonaktifkan AdBlock di Android

Jika Anda mengalami hal yang sama dengan saya silahkan untuk mencoba memperbaikinya dengan cara yang sudah coba saya terapkan sendiri.

Sebelum itu saya ingin informasikan bahwa saya menggunakan HP Xiaomi, jadi mungkin beberapa bagian dari tutorial ini akan sedikit berbeda jika Anda menggunakan HP merek lain.

Baik langsung saja kita coba mengatasi pesan whatsapp dan aplikasi lain di android yang tersembunyi atau tidak mau muncul, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Muncul

1. Pastikan aplikasi whatsapp Anda telah terpasang pada smartphone dengan baik. Selanjutnya Anda perlu mengunjungi menu pengaturan pada smartphone Anda, silahkan klik pada menu Setelan.

Setelan HP Android

2. Kemudian Anda akan diarahkan pada menu pengaturan secara keseluruhan untuk smartphone Anda. Disini Anda perlu mencari sub menu perizinan yang berada pada bagian bawah pengaturan smartphone Anda, jika sudah ketemu silahkan klik menu bagian Perizinan.

Setelan HP Android Xiaomi

3. Anda akan diarahkan lagi menuju sub menu perizinan itu sendiri seperti gambar dibawah ini. Dalam sub menu perizinan terdapat 4 sub menu lainnya yang memiliki fungsi berkaitan satu sama lainnya. Disini masalah Anda akan segera teratasi dengan mengklik bagian menu "Mulai otomatis".

Setelan HP Android Xiaomi Perizinan

4. Dalam sub menu Mulai otomatis ini, Anda akan daftar seluruh aplikasi pada smartphone Anda, baik yang sedang berjalan atau yang tidak sedang digunakan.

Mulai Otomatis Aplikasi

Lalu Anda harus mengklik pada button aplikasi whatsapp yang berwarna abu-abu sehingga berganti warna menjadi biru seperti dibawah ini.

Mulai Otomatis Aplikasi Dengan Mengkliknya

5. Setelah langkah diatas Anda lakukan dengan benar, ada baiknya Anda memeriksa kembali perizinan aplikasi whatsapp Anda telah berhasil dan berada pada kolom "dapat mulai otomatis" seperti gambar di bawah ini. Anda cukup menekan tombol kembali satu kali pada smartphone Anda lalu masuk pada sub menu perizinan lagi.

Daftar Aplikasi Diizinkan Mulai Otomatis

6. Setelah semua langkah Anda lakukan dengan benar, mintalah bantuan teman Anda untuk mencoba mengirim pesan whatsapp pada nomor Anda. Jika berhasil maka pesan tersebut akan muncul saat smartphone Anda dalam mode stand by dan menunjukan notifikasi pesan baru untuk Anda, seperti pada gambar berikut.

Notifikasi WhatsApp Muncul

Bagaiamana? cukup mudah bukan.

Langkah-langkah di atas juga bisa Anda lakukan pada aplikasi pendukung lainnya yang ada pada smartphone Anda.

Sehingga notifikasi dari aplikasi yang ada pada HP Android Anda muncul tepat waktu.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak muncul di android. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Muncul di Android"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel