Mengenal Bagaimana Cara Hosting Gratis

Mengenal Bagaimana Cara Hosting Gratis

Hosting biasa juga disebut sebagai Web Hosting secara sederhana dapat didefinisikan sebagai penyewaan ruang untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet atau secara online. Data yang dimaksudkan dapat berupa apa saja seperti file, gambar, email, aplikasi, program atau script dan database.

Layanan hosting ini membuat kita tidak perlu menyediakan satu komputer khusus yang dipaksa untuk selalu online di kantor, kita cukup melakukan kerja sama dengan penyedia jasa hosting tersebut. Penyedia Hosting di internet biasanya menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan kelengkapan lainnya sehingga kita bisa membuat sebuah website.

Server atau penyedia jasa hosting ini bisa dihuni oleh banyak pelanggan (banyak website), tiap-tiap pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing. Yang perlu diketahui adalah jasa hosting ini tentu ada yang berbayar dan ada pula yang menyediakan hosting gratis.

Berbagai Macam Tipe Hosting Murah

Kita akan dengan mudah menemukan beraneka ragam layanan hosting, dari mulai yang gratisan, murah, hingga yang harganya agak menyulitkan kantong kita. Semua kategori hosting yang ada tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, untuk itu kita perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Hosting gratis, ini merupakan layanan yang banyak diminati karena tak berbayar. Namun, seperti yang kita tahu hal-hal yang sifatnya gratis memang biasanya memiliki satu atau dua kelemahan seperti contohnya akan ada banyak iklan yang muncul pada website dan sebagian tidak memungkinkan bagi kita untuk memiliki domain pribadi.

Banyak memang perusahaan yang menawarkan Web Hosting Gratis namun biasanya layanannyaakan sangat terbatas bila dibandingkan dengan hosting yang berbayar.

2. Shared atau Virtual web hosting, layanan ini adalah sebuah layanan hosting yang menjadikan beberapa situs web berada pada satu server yang sama. Ini artinya tiap situs web harus berbagi tempat atau istilahnya shared space. Semua domain yang ada dalam server yang sama dapat berbagi sumber daya dari server tersebut, contohnya seperti RAM dan CPU.

Fitur yang disediakan jenis layanan shared web hosting ini bisa cukup luas. Satu situs web bisa dihost bersama dengan reseller. Hosting yang satu ini paling banyak peminatnya karena biayanya lebih murah. Meski terhitung murah, namun layanan ini tidak menyimpan banyak kelemahan jika dibanding dengan layanan hosting gratis.

3. Cloud hosting merupakan hosting jenis baru yang kuat, terukur, dan bisa dihandalkan berdasarkan keseimbangan beban server dan adanya bantuan perhitungan tagihan. Layanan hosting ini memungkinkan kita untuk membayar hanya apa yang kita gunakan, sehingga berapa uang yang kita keluarkan akan sepadan dengan apa yang kita butuhkan dan kita dapatkan.

Mengapa Memilih Hosting Gratis atau Domain Murah?

Hosting gratis adalah pilihan tepat bagi para pemula yang ingin membuat website tapi masih minim pengetahuan teknis. Layanan hosting gratis memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mewujudkan kreativitasnya dalam bentuk sebuah website.

Baik hosting berbayar maupun gratis sama-sama memberikan fitur maupun tools yang akan mendukung website. Jika kita bisa mendapatkan berbagai fitur dasar yang kita butuhkan secara gratis mengapa harus mencari yang mahal? Hal ini tentu dapat dipertimbangkan untuk memilih hosting gratis.

Tidak hanya itu, meskipun jasa layanan VPS murah cenderung dikaitkan dengan sifatnya yang dipenuhi iklan, namun ternyata jika kita jeli memilih layanan hosting gratisan kita dapat menemukan yang bebas iklan. Hal ini tentu akan membuat kita semakin nyaman dalam membuat website.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Bagaimana Cara Hosting Gratis"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel