Cara Agar Link Eksternal Terbuka di Tab Baru

Sebagian orang mungkin ingin agar eksternal link yang ada di blog bisa dibuka pada tab baru secara otomatis tanpa perlu menggantinya secara manual satu per satu.

Hal ini mungkin menjadi alasan masing-masing dari setiap blogger, kalau saya sendiri untuk internal link tidak menggunakan tag target="_blank" sehingga ketika link internal di klik akan tetap  berada di halaman tab yang sama.

Sedangkan untuk eksternal link saya selalu menggunakan tag target="_blank" jadi link eksternal akan muncul atau dibuka di tab baru apabila di klik.

Ngomong-ngomong apa Anda sudah tahu apa itu eksternal link dan internal link?

Jika belum, akan saya jelaskan sedikit tentang eksternal link dan internal link di bawah ini.

Apa itu Eksternal Link ?

Eksternal link adalah URL atau tautan website lain yang ada di dalam website kita atau bisa kita sebut dengan link yang mengarah ke website lain.

Apa itu Internal Link ?

Internal link adalah URL atau tautan yang berasal dari website kita sendiri atau bisa kita sebut dengan link yang mengarah ke halaman lain di website kita sendiri.

Itulah sedikit penjelasan mengenai eksternal link dan internal link.

Baca juga: Mengubah Kata Menjadi Link Otomatis di Blog

Bicara soal eksternal link agar bisa dibuka pada tab baru saya sendiri baru mengetahuinya beberapa bulan lalu.

Sudah ada ratusan post atau artikel yang memiliki eksternal link namun tidak terbuka secara otomatis ketika link tersebut di klik.

Jika kita edit atau ubah satu-satu secara manual, mungkin perlu banyak waktu hal ini tentu akan sangat tidak efektif apabila kita sudah memiliki ratusan bahkan ribuan artikel.

Oleh karena itu dengan bantuan JavaScript ini kita bisa mengubah semua link eksternal menjadi open new tab atau membuka di tab baru ketika di klik.

Apa Manfaat Membuka Link Eksternal di Tab Baru ?

Sedikit saya kasih bocoran mengenai link eksternal yang sebaiknya di berikan tag target="_blank" atau open new tab.

Dalam hal SEO, membuka link eksternal di tab baru adalah untuk mengurangi Bounce Rate atau rasio pantulan antara seberapa banyak pengunjung dan seberapa lama mereka berada di situs atau blog Anda.

Logikanya seperti ini, jika pengunjung sedang membaca artikel Anda kemudian mereka mengklik link atau tautan yang ada pada artikel tersebut, kemudian dialihkan ke website lain maka waktu yang dihabiskan pembaca akan lebih pendek.

Berbeda apabila, link eksternal pada postingan atau artikel Anda memiliki tag target="_blank" maka ketika pembaca mengklik tautan tersebut artikel Anda tidak akan hilang atau di alihkan ke website lain oleh karena itu rasio waktu yang dihabiskan oleh pembaca lebih panjang.

Hal ini tentu menjadi salah satu faktor yang penting untuk kita perhatikan.

Cara Agar Link Eksternal Terbuka di Tab Baru

Cara Membuat Semua Link Eksternal Terbuka di Tab Baru

1. Masuk ke Blogger.com
2. Masuk ke bagian Template > Edit HTML
3. Kemudian masukan kode javascript ini di atas kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function externalLinku(){for(var e=document.getElementsByTagName("a"),t=0;t<e.length;t++){var n=e[t];n.getAttribute("href")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.target="_blank")}}externalLinku();
//]]>
</script>

4. Lalu klik Simpan tema

Anda juga bisa menggunakan kode di bawah ini yang sudah di beri tag rel="nofollow noopener"

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function externalLinku(){for(var e=document.getElementsByTagName("a"),t=0;t<e.length;t++){var n=e[t];n.getAttribute("href")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.rel="nofollow noopener")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.target="_blank")}}externalLinku();
//]]>
</script>

Kode di atas memiliki dua perintah sekaligus:

Nofollow merupakan perintah untuk mencegah bot mengakses atau mengindeks tautan tersebut.

Noopener untuk mencegah link berbahaya yang mengambil alih tab yang sedang dibuka. Bagi Anda yang menggunakan tag target="_blank" maka perlu menambahkan tag rel="noopener" atau rel="nofollow noopener" untuk alasan keamanan.

Kesimpulan

Dengan bantuan kode javascript di atas, kini Anda dapat mengubah semua link eksternal agar dibuka di tab baru ketika di klik dengan mudah dan cepat.

Alangkah baiknya link eksternal diberikan perintah target="_blank" untuk mengurangi bounce rate situs atau blog Anda, selain itu tambahkan juga tag rel="noopener" pada setiap link atau tautan yang diberikan perintah open new tab untuk alasan keamanan.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

6 Komentar untuk "Cara Agar Link Eksternal Terbuka di Tab Baru"

  1. Memang merancang eksternal link agar dibuka di tab baru memang penting, jadi pembaca tidak akan meninggalkan postingan kita begitu saja, karena postingan kita masih tersemat di tab yang berbeda

    BalasHapus
  2. Untuk link eksternal (nofollow) yang Tidak menggunakan perintah target="_blank" apakah sebaiknya menggunakan Noopener atau biarkan saja hanya nofollow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Kalau link tersebut tidak "Open new tab" maka tidak perlu menggunakan "Noopener".

      Hapus
  3. Sangat membantu, terima kasih sharingnya

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel