Apa Itu Competency Management?

Apa Itu Competency Management ?

Setiap perusahaan memiliki sasaran atau tujuan organisasi yang berbeda. Tetapi, bagaimana mungkin perusahaan dapat mencapai tujuannya jika tidak mengetahui apa saja kelemahan dan kelebihan karyawan yang dimilikinya?

Ibarat Anda berperang, Anda tentu harus dibekali dengan berbagai strategi, siasat serta persenjataan yang lengkap. Satu lagi, semua strategi ini tidak akan bisa berjalan mulus tanpa adanya pengelolaan pasukan dan komandan perang yang handal. Inilah sebabnya, perusahaan Anda membutuhan competency management. Lalu, apa itu competency management?

Pengertian Competency Management / Manajemen Kompetensi

Manajemen kompetensi atau Competency Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memenuhi tujuan organisasi; menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien; mempertahankan tingkat kinerja karyawan dan profesionalisme yang tinggi; dan memberikan layanan yang sangat baik kepada pelanggan.

Dengan memahami setiap kelebihan dan kekurangan karyawan, tim HR dapat lebih mudah menempatkan setiap karyawan di pos – pos yang tepat berdasarkan kompetensinya masing – masing. Dampaknya, tentu saja kinerja perusahaan lebih efektif karena setiap orang ditempatkan dalam posisi yang tepat atau "the right man on the right place".

Proses manajemen kompetensi (Competency Management) yang baik memungkinkan tim HR untuk melihat kompetensi yang dimiliki setiap karyawan dalam satu panel. Tidak perlu lagi melewati beberapa rangkaian proses yang rumit. Seperti pelatihan, seminar, pengembangan profesi, formulir kinerja dan quesioner, yang terkadang justru bertele – tele dan menguras banyak waktu atau tenaga.

Software Competency Management

Selain itu di era modern, kini pengelolaan kompetensi karyawan jauh lebih mudah lagi. Dengan Software Competency Management, tim HR dapat mengelola bakat dan pengembangan karyawan berdasarkan pengalaman kerja atau kompetensi skill yang dimilikinya cukup dalam satu platform.

Manfaat Aplikasi Competency Management


1. Pengembangan karyawan

Karyawan yang sudah bekerja dengan baik layak mendapatkan penghargaan atau reward. Dengan aplikasi Competency Management, penilaian kinerja karyawan dapat dilakukan dengan efektif.

Karyawan juga bisa melihat dengan jelas ketarampilan apa yang dibutuhkan dalam karir di masa depan. Selanjutnya, tim HR dapat merekomendasikan hal – hal yang relevan berdasarkan profil penilaian karyawan.

2. Belajar

Manajemen Kompetensi ( Competency Management ) menyediakan fitur untuk memungkinkan tim HR mendapatkan hasil maksimal dan menghindari penjadwalan kursus atau pelatihan yang tidak perlu.

Dengan Aplikasi Competency Management, karyawan dapat memahami mengapa mereka perlu mengikuti kelas atau pelatihan sesuai bidang yang diminati.

3. Menghemat biaya

Penerapan Aplikasi Competency Management dapat memangkas biaya pengeluaran perusahaan yang biasanya dimanfaatkan untuk pelatihan, seminar atau kursus. Perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu karena sudah mengetahui jenis pelatihan yang tepat bagi karyawan tertentu. Sehingga dapat mencegah pemborosan biaya pelatihan yang tidak perlu bagi karyawan.

Sudah siap mengelola kompetensi karyawan di perusahaan Anda dengan cara yang lebih modern?

Anda dapat menggunakan Aplikasi Competency Management dari LinovHR untuk mengelola kompetensi sumber daya manusia yang anda miliki, manajemen akan dapat mudah mengukur dengan jelas secara komperhensif kompetensi apa saja yang harus dikuasai berdasarkan kebutuhan masing-masing unit kerja.

Selain itu LinovHR juga memiliki Software Goal Management, dengan aplikasi ini akan memungkinkan Anda membuat dan mengelola sasaran ( target kerja ) untuk karyawan dan unit organisasi Anda, Mau tahu lebih lebih lanjut mengenai Kedua Software ini ? Segera Hubungi tim sales LinovHR untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan uji coba Aplikasi Goal Management Online secara gratis.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Competency Management?"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel