HL8

Cara Mengecek Multi Touch di HP Android

Cara Mengecek Multi Touch di HP Android

Jika merasa layar smartphone Anda sudah mulai error, lamban dan sering mengalami lag ketika disentuh, pasti Anda akan panik dan bagi yang memiliki banyak uang pasti akan langsung membawanya ke tempat service.

Tetapi, bagaimana jika hal serupa dialami oleh kalangan pelajar atau anak-anak yang masih meminta uang jajan dari orang tua mereka.

Tentu saja hal ini tidak akan mudah, jadi sebelum membawa smartphone Anda ke tempat service, ada baiknya pastikan terlebih dahulu tingkat error yang dialami smartphone Anda.

Bisa jadi touchscreen android Anda tidak mengalami kerusakan parah yang benar-benar butuh diservice.

Bagi Anda yang kebingungan dan panik ketika hal ini terjadi, aplikasi multitouch tester hadir sebagai solusi dini untuk mengetahui tingkat kerusakan pada smartphone Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Muncul di Android

Mari simak baik-baik aplikasi sederhana ini untuk mengecek touchscreen android Anda apakah mengalami error atau tidak.

Cara Tes Multi Touch di HP Android

1. Anda harus mendownload aplikasi multitouch tester terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat Anda download pada play store smartphone Anda dengan ukuran file yang bersahabat. Silahkan Anda mengetikkan "MULTITOUCH TESTER" pada kolom search dibagian atas seperti gambar.

MultiTouch Tester di Play Store

2. Setelah muncul aplikasi yang Anda cari, Anda dapat membaca info detail terlebih dahulu sebagai tambahan pengetahuan mengenai fungsi multitouch tester itu sendiri. Atau jika Anda ingin segera menyelesaikannya, silahkan Anda klik INSTAL untuk memproses pemasangan aplikasi tersebut pada smartphone Anda dan tunggulah beberapa menit hingga aplikasi terinstal dan muncul tombol BUKA seperti dibawah ini.

Buka Aplikasi MultiTouch Tester

3. Setelah aplikasi berhasil diinstal dan Anda mengklik tombol buka maka tampilan awalnya akan muncul seperti dibawah ini.

Tampilan Aplikasi MultiTouch Tester

4. Setelah muncul gambar diatas langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk mengetahui dimana saja letak touchscreen smartphone Anda yang bermasalah/rusak adalah menempelkan beberapa jari Anda pada layar. Sentuh dititik yang sering Anda gunakan atau boleh sembarang seperti gambar dibawah ini. Disini saya menggunakan kelima jari saya secara bersamaan.

Sentuh Layar SmartPhone

5. Ketika smartphone Anda mengalami kerusakan yang parah dan memang membutuhkan tindak lebih lanjut seperti service, maka sentuhan jari Anda pada layar tidak akan menimbulkan warna berbeda seperti diatas. Jika ada satu titik sentuh yang tidak berwarna berarti titik tersebut yang kemungkinan mengalami kerusakan. Dan hasil akhir dari aplikasi ini adalah menampilkan seberapa banyak titik yang kita sentuh seperti gambar dibawah  ini.

Jumlah Sentuhan yang Terdeteksi

Angka lima yang muncul diatas merupakan banyaknya jumlah titik yang tersentuh oleh jari penggunanya. Dan Anda dapat memastikan kembali dengan beberapa kali menyentuh kembali layar smartphone Anda.

Anda juga bisa mengetes seberapa banyak HP atau smartphone Anda mendukung fitur multi touch ini dengan menggunakan sepuluh jari Anda atau bisa dengan meminjam jari teman Anda.

Baca juga: Cara Mengganti Background Chat WhatsApp di Android

Sebenarnya Anda dapat mengecek seberapa banyak sentuhan jari yang mendukung di HP Anda dengan pengujian langsung dari aplikasi tersembunyi yang ada di smartphone Anda tapi ini memerlukan kode rahasia yang mungkin setiap merek HP berbeda-beda.

Misalnya di HP Asus Zenfone, Anda bisa membuka aplikasi kalkulator kemudian tekan tombol .12345+= maka akan muncul berbagai fitur untuk mengetes semua hardware smartphone Anda.

Oleh karena itu dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan lebih mudah dalam mengecek jumlah sentuhan jari yang mendukung di smartphone Anda.

Selain itu jika Anda menyentuh layar smarphone Anda dengan kelima jari Anda namun ada satu atau dua yang tidak menampilkan warna seperti gambar di atas, maka hal ini juga tidak bisa dikatakan sebagai error.

Karena bisa saja smartphone Anda tidak mendukung multi touch yang terlalu banyak atau hanya terbatas misalnya dua sampai tiga sentuhan saja secara bersamaan.

Untuk itu, lebih baik cek kembali spesifikasi HP Anda dan lihat berapa jumlah maksimal sentuhan jari yang bisa smartphone Anda deteksi secara bersamaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengecek Multi Touch di HP Android"

  1. Semakin lengkap dan variatif aplikasi smartphone sekarang ya.
    Sekarang adanya aplikasi penguji sensitivitas touchscreen ngga bikin panik buru2 ke tempat servis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, sekarang jadi lebih mudah untuk mengecek multitouch smartphone kita.

      Delete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel