Apa Itu PageRank ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu PageRank ? Inilah Pengertian dan Fungsinya - Dari ratusan algoritma yang digunakan mesin telusur Google beberapa diantaranya adalah berfungsi untuk memberikan peringkat terhadap seluruh web yang berada di internet yaitu Google PageRank. Pagerank ini merupakan bagian yang penting dari optimasi mesin pencari atau SEO, tujuan dasar dari algoritma pagerank ini menentukan web yang paling penting hingga yang tidak penting sesuai dengan jumlah pagerank yang dimiliki situs web tersebut.

Baca Juga : Apa Itu SEO ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Pagerank memiliki skala tertentu yaitu mulai dari 0 hingga 10, namun beberapa situs web mungkin ada yang masih N/A atau Not Available yang artinya tidak tersedia ini berarti bahwa web tersebut masih belum memiliki peringkat yang baik di mesin penelusuran Google. Untuk mendapatkan sebuah pagerank yang tinggi sangatlah sulit dibandingkan dengan mendapatkan sebuah backlink, perlu ribuan atau bahkan jutaan backlink untuk mendapatkan pagerank yang tinggi. Oleh karena itu salah satu cara mendapatkan pagerank yaitu dengan mencari backlink sebanyak-banyaknya.

Baca Juga : 12 Backlink Guest Book Berkualitas
Apa Itu PageRank ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Google PageRank ?

Pagerank adalah algoritma dari mesin telusur Google yang berfungsi menganalisis link dan memberikan nomor atau peringkat ke setiap halaman web yang ada di internet. Peringkat pagerank sebuah halaman web dihitung dari 0-10, semakin besar pagerank yang dimiliki sebuah halaman web maka semakin besar peluang untuk mendapatkan posisi paling atas pada hasil penelusuran Google.

Tetapi peluang untuk mendapatkan posisi paling atas di mesin pencaria Google ini tidak memiliki pengaruh yang besar seperti dulu, karena sekarang Google sudah menerapkan beberapa algoritma baru yang berfungsi untuk menentukan halaman web mana yang harus menempati urutan pertama dan seterusnya.

Apa Fungsi dari PageRank ?

Fungsi utama dari pagerank yaitu menganalisis berbagai link yang masuk (backlink) kemudian akan dihitung berapa jumlah link yang masuk (Inbound) dan link yang keluar (Outbound) dari sebuah halaman web tersebut, yang kemudian akan menghasilkan pagerank yang kita dapatkan.


Pagerank juga berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting atau populer mulai dari skala yang paling tinggi 10 hingga skala yang paling rendah yaitu 0. Semakin tinggi pagerank yang dimiliki sebuah halaman web maka semakin populer halaman web tersebut, karena dengan pagerank yang tinggi yang milikinya itu berarti bahwa situs web tersebut banyak ditautkan oleh situs web lain.

Bagaimana Cara Mendapatkan PageRank ?

Dari berbagai situs web yang saya pelajari bahwa untuk mendapatkan pagerank dibutuhkan backlink yang memiliki pagerank juga. Hal ini juga belum bisa saya pastikan karena saya sendiri baru mempraktekan hal tersebut, dan perlu beberapa bulan untuk melihat hasilnya. Nah dibawah ini merupakan beberapa hal yang saya praktekan untuk memperoleh pagerank :

1. Mencari Backlink Yang Banyak

Mencari backlink sangatlah penting untuk meningkatkan SERP kita pada hasil penelusuran, ini juga akan memberikan nilai yang baik kepada situs kita. Jika backlink yang kita dapatkan memiliki pagerank yang tinggi maka kemungkinan besar kita juga akan mendapatkan pagerank tersebut walaupun nilainya kecil. Jadil tetaplah konsisten dalam mencari backlink untuk situs web kita sendiri.

2. Perhatikan PageRank dari Masing-masing Backlink

Sebaiknya Anda perhatikan kualitas backlink yang Anda cari, ada kalanya 1 backlink pagerank 1 lebih baik dibandingkan dengan 100 backlink pagerank 0. Oleh karena itu, jika Anda memiliki backlink dengan kualitas pagerank rendah maka gunakanlah teknik seo link tier untuk memfilter backlink-backlink tersebut.

3. Perhatikan Jumlah Link Keluar

Jumlah link keluar atau outbound link ini perlu Anda perhatikan dengan baik, untuk mendapatkan pagerank janganlah memberikan link keluar atau backlink ke situs orang lain. Jika Anda ingin menautkan sesuatu kepada situs lain maka gunakanlah link mati. Hal ini sangatlah berpengaruh karena jumlah link keluar yang terlalu banyak dibandingkan dengan link masuk sangatlah tidak baik untuk situs kita.

Rumus Algoritma PageRank

Untuk menentukan pagerank sebuah halaman web, Google menggunakan algoritma sebagai berikut :
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Keterangan :
  • PR(A) adalah Pagerank halaman A
  • PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A (yang dimaksud adalah pagerank dari backlink yang mengarah ke situs A)
  • C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1 (yang dimaksud adalah jumlah link keluar dari backlink yang mengarah ke situs A)
  • d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1
  • N adalah jumlah keseluruhan halaman web yang terindeks oleh Google
Dilihat dari rumus di atas bahwa pagerank berlaku untuk setiap halaman di situs Anda bukan untuk keseluruhan situs web Anda. Pagerank sebuah halaman web ditentukan dari pagerank yang dimiliki oleh backlink tersebut. Namun pemberian pagerank tidak langsung diberikan begitu saja, diperlukan penghitungan pembagian berkali-kali hingga menemukan hasil yang tepat.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian pagerank, semoga Anda bisa memahami dan mempelajari hal ini karena sangat berpengaruh baik untuk kualitas SEO yang dimiliki situs Anda. Untuk mendapatkan pagerank yang tinggi maka Anda perlu mempelajari beberapa teknik seo, salah satunya adalah teknik seo off page dan mencari backlink yang berkualitas untuk situs web Anda.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

8 Komentar untuk "Apa Itu PageRank ? Inilah Pengertian dan Fungsinya"

  1. lalu....setelah saya baca pengertian dan fungsi pagerank dengan mendetail ini apakah saya kudu teriak WOW gituh?

    BalasHapus
  2. Pernah 'nyicipin' PR 2 mang, tapi duluu... sekarang mah... ngos-ngosan ngejarnya, wkekeke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, sekarang kelihatannya susah banget ya mang

      Hapus
  3. Pagerank sekarang apakah masih work Kang...?

    BalasHapus
  4. dulu sering banget ngejar google pagerank, tapi sekarang apakah google pagerank masih update mas??

    BalasHapus
  5. Gak begitu memperhatikan page rank. Tapi klo backlink emng hrs diperhatikan bngat

    BalasHapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel