Meningkatkan Struktur URL Situs

Meningkatkan struktur situs akan memberikan dampak yang baik untuk website kita, dengan menggunakan URL yang teratur akan mudah dipahami oleh pengguna maupun mesin penelusuran. Pada umumnya URL menggunakan sebuah kata sesuai dengan judul konten yang dibuat namun terkadang masih ada saja yang menggunakan URL atau link dengan angka atau id yang dibuat secara otomatis, hal ini akan lebih sulit dipahami pengguna maupun mesin penelusuran sehingga alangkah baiknya jika penggunaan URL menggunakan kata yang mudah dipahami.

URL yang mudah dipahami akan menyampaikan informasi konten dengan mudah, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum melanjutkan pembahasan meningkatkan struktur URL situs. Pertama adalah apakah Anda sudah tahu yang dimaksud dengan URL ? Jika belum, silahkan Anda membaca konten yang sudah saya sediakan untuk memahami apa yang dimaksud URL tersebut.

Baca Juga : Apa Itu URL ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Setelah membaca konten diatas, saya harap Anda sudah paham yang dimaksud dengan URL. Hal kedua yang harus Anda ketahui adalah struktur URL blogger.com dan wordpress.org sangatlah berbeda. Ingat bahwa wordpress.com (free) dan wordpress.org (premium) juga berbeda dan yang kita bahas disini adalah blogger dan wordpress premium atau berbayar.

Baca Juga : Pengertian Wordpress dan CMS

Daftar Isi

Yang membedakan antara blogger dengan wordpress adalah struktur url wordpress lebih mudah diatur dibandingkan dengan blogger, biasanya kita sering menyebutnya dengan permalink atau permanent link. Link permanen inilah yang perlu kita perhatikan dalam meningkatkan struktur website kita. Baiklah, yang pertama kita bahas adalah mengatur struktur URL pada blogspot.

Meningkatkan Struktur URL Situs

Meningkatkan Struktur URL di Blog

Yang perlu kita perhatikan dalam menginkatkan struktur URL di blog adalah dengan menggunakan fitur permalink yang ada, biasanya Anda akan melihat fitur tersebut ketika Anda sedang menulis sebuah konten atau artikel baru. Mengapa saya bilang konten baru ? Karena konten yang sudah di publish tidak bisa kita ganti menjadi URL atau link yang seperti kita inginkan, untuk membuat link atau URL seperti yang kita inginkan adalah dengan membuat konten baru dan mengaturnya sebelum Anda publikasikan konten atau artikel tersebut.

Lihat sebelah kanan Anda ketika Anda sedang membuat konten atau artikel baru, Anda akan melihat sebuah tulisan permalink atau permanent link yang dalam bahasa Indonesianya adalah tautan permanen, seperti gambar berikut :
Meningkatkan Struktur URL Situs Blogger
Anda bisa mengubah tautan atau URL sesuai dengan keinginan Anda dengan memilih Tautan Permanen Khusus, kemudian klik selesai jika Anda sudah merasa cukup.

Meningkatkan Struktur URL di Wordpress

Bagi pengguna wordpress mungkin hal ini sudah tidak asing lagi, penggunaan struktur url di wordpress lebih mudah disesuaikan. Kita dapat melakukan setting terhadap setiap kategori yang kita buat, misalnya untuk konten yang membahas blog diberikan nama blogger dan konten yang membahas wordpress diberikan nama wordpress maka akn terlihat seperti ini :
example.com/blogger/your-post-title/ dan example.com/wordpress/your-post-title/

Untuk membuat URL yang lebih terstruktur pada wordpress Anda cukup mengklik URL dibagian bawah judul konten yang sedang Anda buat atau konten yang lama. Mengapa konten lama ? berbeda dengan blogger, wordpress premium dapat dengan mudah mengganti permalink dari konten yang sudah pernah kita publish sebelumnya.
Meningkatkan Struktur URL Situs Wordpress
Anda hanya perlu klik edit, kemudian sesuaikan dengan url atau link yang ingin Anda gunakan.

Tips Untuk Meningkatkan Struktur URL Situs

  • Gunakan Kata Kunci Dalam URL
Menggunakan kata dalam URL akan lebih baik dibandingkan dengan ID atau parameter yang dibuat secara otomatis seperti example.com/uncategory/p12122017/ hal ini mungkin akan lebih menyulitkan pengguna dan mesin penelusuran dalam menentukan informasi konten yang terkandung didalamnya.

Langkah terbaik yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang ditargetkan dalam URL, hal ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan URL yang tidak terstruktur. Perlu di ingat bahwa Anda tidak perlu menggunakan kata kunci yang berlebihan dalam URL misalnya mengulang kembali kata kunci yang Anda targetkan pada URL.
  • Gunakan Struktur Direktori Yang Sederhana
Khususnya pada pengguna wordpress, buatlah sebuah direktori atau folder yang sederhana seperti yang sudah saya contohkan diatas. Menggunakan direktori sederhana akan lebih mudah dipahami baik pengguna maupun mesin telusur misalnya, untuk konten tutorial diberikan nama tutorial contohnya : example.com/tutorial/cara-membuat-blog/

Hindari penggunaan kategori atau direktori yang terlalu dalam atau terlalu bertingkat misalnya : example.com/tutorial1/tutorial2/tutorial3/tutorial4/tutorial5/cara-membuat-blog/
  • Gunakan Satu Versi URL Untuk Konten Anda
Jika Anda menggunakan sebuah subdomain dan domain utama dalam membuat konten alangkah baiknya hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai konten yang berada pada subdomain dan domain sama hal ini akan merusak reputasi konten tersebut. Misalnya salah satu pengguna membaca konten yang ada pada versi subdomain dan pengguna lainnya membaca konten pada versi domain utama, hal ini sangatlah tidak baik untuk itu dengan menggunakan pengalihan 301 atau direct link merupakan solusi terbaik yang perlu Anda lakukan.

Atau Anda juga dapat menggunakan URL kanonis pada elemen tautan rel="canonical" jika Anda tidak dapat mengalihkannya, ini juga mencegah terjadinya duplikat konten yang sangat tidak baik untuk situs Anda.

Hindari penulisan konten yang sama, baik pada subdomain maupun domain utama yang Anda gunakan untuk mempublikasikan konten Anda, selain itu gunakanlah URL dengan huruf kecil dibandingkan dengan menggunakan huruf kapital pada URL pengguna akan lebih mudah mengingatnya dengan menggunakan huruf kecil pada URL.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Meningkatkan Struktur URL Situs"

  1. Kalau sayamah untukmasalah meningkatkan url,, biarlah blog yang mengatur heheh,,, tapi kadang urlnya saya tentukan sendiri sih..heheh

    ReplyDelete
  2. dari awal ngblog hingga sekarang nggak pernah mempelajari hal tersebut diatas, hanya selewat-selewat doang, makanya struktur URL saya rada ngabalieur kan?

    ReplyDelete
  3. iya maksudnya itu diganti sesusai judul, biasanya judul di blog kalau lebih dari 5 kata suka kepotong, jadi kalau mau ikutin judul harus di ganti manual/kostum.

    ReplyDelete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel