Cara Install File APK di HP Android Secara Manual

Cara Install File APK di HP Android Secara Manual

Untuk pengguna smartphone, mereka harus terbiasa dengan instalasi aplikasi. Proses menginstal aplikasi pada smartphone Android biasanya dilakukan melalui Google Play Store.

Banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store membuat kebanyakan orang lebih suka menginstal dari penyedia layanan ini. Karena, cara mengunduh dan menginstal dapat dengan mudah dilakukan dari aplikasi gratis hingga berbayar.

Tidak hanya itu, pemasangan aplikasi melalui penyedia layanan ini juga langsung diperbarui. Namun, terkadang aplikasi yang Anda cari tidak tersedia di Google Play Store atau jika Anda ingin menginstal aplikasi offline (dengan catatan bahwa file apk harus sudah diunduh).

Nah, Anda dapat menginstal aplikasi yang Anda inginkan secara manual, yaitu mengunduh file dengan ekstensi (.apk) dari penyedia lain selain Google Play Store. File APK ini sendiri adalah file perangkat lunak atau program untuk membuat penugasan dalam sistem operasi Android.

Jadi, bagaimana cara menginstal file apk di ponsel Android secara manual dan offline? Artikel ini akan memberi tahu Anda langkah-langkah untuk menginstal file apk di smartphone Android Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal file APK di ponsel Android:

Cara menginstal APK secara manual di ponsel Android

Sebelum anda dapat melakukan langkah-langkah untuk dapat instalasi file apk dengan cara manual pada smartphone anda, maka ada baiknya untuk anda dapat mengatur izin untuk dapat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dalam konfigurasi Android Anda. Ini agar Anda dapat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau yang bukan Google Play Store.

1. Buka Settings / pengaturan pada smartphone Anda.
2. Pilih Safety & Privacy / keamanan dan privasi. Sebagian smartphone mungkin beda letak menu ini, silahkan coba cek dibagian Aditional Settings.

safety & privacy

3. Kemudian izinkan instalasi aplikasi yang tidak dikenal dengan mengklik tombol ON atau daftar periksa di sumber tidak dikenal.

sumber yang tidak dikenal

4. Selanjutnya, unduh file apk yang Anda inginkan. Anda dapat mengunduh file apk di aplikasi atau apk situs web unduhan lainnya. Pada artikel ini, saya mengunduh file Quoda apk untuk Android. Jika Anda menerima pemberitahuan atau notifikasi peringatan saat akan mengunduh file apk, cukup pilih OK.

5. Buka file apk yang sudah Anda unduh sebelumnya.

aplikasi yang sudah di unduh

6. Kemudian klik tombol Continue / Lanjutkan instalasi.

continue installing

7. Kemudian pilih Install.

install aplikasi

8. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Selanjutnya, pilih Done.

aplikasi selesai di install

Anda telah berhasil menginstal file apk pada perangkat smartphone Android Anda secara manual dan offline.

Kesimpulan

Perlu diingat bahwa menginstal file apk dari sumber yang tidak diketahui memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungannya adalah Anda dapat mengunduh dan memasang aplikasi yang tidak ada di Play Store secara bebas.

Sedangkan kelemahannya adalah aplikasi yang berasal dari sumber yang tidak diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti masalah keamanan, di mana file apk mungkin mengandung virus.

Nah, Anda harus terlebih dahulu memverifikasi sumber yang akan Anda gunakan, apakah itu dapat diandalkan atau tidak. Hati-hati saat memilih sumber / situs web untuk mengunduh file apk. Semoga artikel ini bermanfaat!

Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Cara Install File APK di HP Android Secara Manual"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel