Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus di Blogspot

Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus di Blogspot - Sebelumnya kemarin kita pernah bahas mengenai file robots.txt dan kumpulan kode robots yang seo friendly. Kali ini kita bahas bagian yang lainnya yaitu tag tajuk robot, jika kita ambil pengertiannya tak tajuk robot ini masih sama saja seperti robots.txt khusus. Untuk mengingatnya kemabli Anda bisa membancanya pada artikel berikut.

Baca Juga : Apa Itu Robots.txt ? Inilah Pengertian dan Fungsinya

Setelah paham pengertian dari robot tersebut mari kita bahas tentang bagaimana mengaktifkan fitur tag tajuk robot khusus di blogspot. Tag ini akan berfungsi seperti file robots, namun tag ini berlaku untuk bagian home, arsip, penelusuran, laman dan postingan. Tetapi tetap saja kita juga harus memperhatikan fitur yang satu ini, karena akan sangat membantu mengoptimalkan blog kita jika kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus di Blogspot

Dalam penggunaan tag tajuk robot ini, kita perlu mengetahui fungsi dari tiap-tiap tag yang ada seperti all, noindex, nofollow, none, noarchive, nosnippet, noodp, notranslate, noimageindex, unavailable_after. Nah, beberapa bagian tersebut harus kita pahami arti dan fungsinya, untuk mengetahui bagian tersebut Anda bisa membacanya pada artikel berikut.

Baca Juga : Tag Meta Yang Dipahami Oleh Google

Jika Anda sudah paham dan mengerti bagian-bagian tag robot tersebut sekarang kita akan coba terapkan pada blog kita. Namun saya ingatkan kembali bahwa, penggunaan tag robot yang salah dapat menyebabkan mesin telusur mengabaikan situs Anda, oleh karena itu Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan fitur tag robot khusus ini. Untuk cara setting tag tajuk robot khusus di blogger bisa Anda simak tutorialnya dibawah ini.

1. Masuk ke Blogger.com
2. Klik pada bagian Setelan > Preferensi Penelusuran
3. Silahkan aktifkan tag tajuk robot khusus, lalu setting seperti gambar dibawah ini.

Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus di Blogspot Workflow

4. Klik simpan perubahan

Tag tajuk robot diatas memiliki arti kurang lebih seperti ini, untuk bagian beranda/homepage semua link/url yang ada akan diindeks oleh mesin telusur dan dilarang untuk menggunakan deskripsi alternatif dari ODP/DMOZ. Sedangkan mesin telusur dilarang merayapi dan mengindeks pada laman arsip dan penelusuran. Untuk bagian posting dan laman secara default dan menyeluruh akan disetting seperti itu artinya sama seperti pada bagian beranda/homepage, namun kita juga bisa mengubah tag robot khusus ini pada bagian laman atau pos tertentu.

* Update: 04/05/2018

Penjelasan singkat mengenai tag tajuk robots.txt khusus:

all : Tidak ada batasan untuk mengindeks atau melayani.
noindex : Jangan tampilkan halaman ini di hasil pencarian dan tidak menunjukkan "cached" link dalam hasil pencarian.
nofollow : Jangan ikuti link di halaman ini.
none : Sama dengan tag noindex dan nofollow.
noarchive : Tidak menunjukkan "cached" link dalam hasil pencarian.
nosnippet : Jangan tampilkan potongan dalam hasil pencarian untuk halaman ini.
noodp : Jangan menggunakan metadata dari Open Directory Project (ODP) untuk judul atau potongan ditampilkan untuk halaman ini.
notranslate : Jangan menawarkan terjemahan dari halaman ini dalam hasil pencarian.
noimageindex : Jangan indeks gambar di halaman ini.
unavailable_after: [RFC-850 date/time] : Jangan tampilkan halaman ini dalam hasil pencarian setelah tanggal yang ditentukan. Tanggal harus ditentukan dalam format RFC 850.

Semoga dengan kita mengaktifkan tag tajuk robot khusus ini kita dapat mengoptimalkan lagi hasil penelusuran kita di mesin telusur hingga mendapatkan posisi atau rank yang baik. Karena dengan mendapatkan posisi atau rank yang bagus di mesin telusur akan membuat blog kita ramai dengan pengunjung atau visitor, untuk itu kita perlu semangat dalam membangun blog mulai dari awal hingga seterusnya.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Cara Setting Tag Tajuk Robot Khusus di Blogspot"

  1. disini ada panduan memperbaiki eror di webmaster gk? soalnya blog saya bnyak yang eror, padahal saya baru di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karna terlalu sering memperbarui postingan kali Neng...seringnya mengedit artikel yang sudah di publikasikan akan berpengaruh terjadinya kesalahan perayapan di search console

      Delete
    2. tadinya saya juga mo ngomong begituh...eh udah keduluan, gimana, coba?

      Delete
  2. selama ini hanya mengikuti tutorial seo tentang cara mengatur tajuk robot.txt, baru disini saya dapat penjelasan tajuk robot.txt, makasih mas infonya

    ReplyDelete
  3. saya baru daftar di webmaster, dns server tidak keluar, entahlah saya masih baru, belum tahu apa-apa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mba pakai domain TLD biasanya itu disebabkan karena server domainnya sedang down, tapi jika sudah stabil pasti tidak akan error coba saja cek seminggu berikutnya...

      Delete
  4. Masih saya pelajari lagi ya gan apa itu tag tajuk robot, yang jelas memang selama ini saya tidak pernah otak atik bagian robot.txt lantaran kurang paham...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di pelajari dulu kang, biar paham,,,hehe

      Delete
  5. Sama settingan ini juga masih bingung min, soalnya ada yang memberikan setinngan berbeda pada pengaturan tag tajuk robot. antara Mas Sugeng, Bung Frangki dan Arlina beda semua, saya jadi bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun berbeda-beda dalam settingannya tapi kita memiliki satu kesamaan yaitu pada bagian Beranda dan Default untuk Pos dan Laman tidak memilih noindex.

      Delete
    2. iya benar, tpi untuk versi mas Sugeng tidak ada tanda centang pada bagian Beranda dan Default untuk Pos dan Laman. apakah fungsinya sama saja.

      Delete
    3. Tanpa melakukan settingan khusus pada bagian ini, blogger sudah mengaturnya secara default untuk mengindeks halaman Beranda, Pos, dan Laman.

      Jika tidak mengisinya maka sama saja mengikuti apa yang di sarankan oleh blogger atau mengikuti settingan default.

      Berhubungan ini merupakan settingan tahap lanjutan jadi kalau memang belum paham tentang ini lebih baik tidak perlu melakukan setting tambahan, dan biarkan saja nonaktif agar mengikuti settingan yang sudah di tentukan blogspot.

      Delete
    4. Baik min, terima kasih sudah menjawab semua pertanyaanku dan selamat beraktivitas kembali.

      Delete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel