Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Meta Deskripsi di Blog

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Meta Deskripsi di Blog - Deskripsi pada suatu halaman web sangatlah penting digunakan, banyak beberapa tools SEO yang merekomendasikan menggunakan deskripsi pada setiap laman web, bahkan meta deskripsi ini lebih penting digunakan dibandingkan dengan meta keyword. Karena keyword bukanlah faktor yang dapat menentukan ranking sebuah halaman web pada hasil penelusuran. Jadi, lebih baik kita fokus untuk mengoptimalkan deskripsi pada setiap laman web.

Meta tag deskripsi pada sebuah laman web memberikan mesin telusur ringkasan mengenai suatu laman. Meta deskripsi ini bisa berupa kalimat mauapun paragraf pendek yang memberikan informasi ringkas mengenai suatu laman tertentu, sedangkan judul merupakan gabungan dari beberapa kata atau frasa. Seperti tag <title> yang sudah kita bahas sebelumnya, meta tag deskripsi ini juga diletakkan diantara tag <head> pada dokumen HTML situs web blog Anda.

Daftar Isi

    Daftar isi diatas merupakan panduan lengkap untuk belajar SEO untuk pemula dari awal hingga mahir, sewaktu-waktu daftar isi tersebut dapat berubah dan akan terus di update secara bertahap.
    Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Meta Deskripsi di Blog

    Apa Manfaat Dari Meta Tag Deskripsi ?

    Meta tag deskripsi pada sebuah laman web sangatlah penting, mesin telusur mungkin akan menggunakan deskripsi tersebut sebagai cuplikan pada hasil penelusuran. Hal ini masih "mungkin" karena mesin telusur akan mencari bagian yang lebih relevan untuk ditampilkan sebagai cuplikan pada hasil penelusuran. Sebagai alternatif lainnya, mesin telusur mungkin menggunakan data dari ODP (Open Directory Project) sebagai deskripsi alternatif dari sebuah laman web. Oleh karena itu, menambahkan meta deskripsi pada setiap laman web merupakan hal baik, jika seandainya mesin telusur tidak dapat menemukan bagian yang cocok untuk ditampilkan sebagai cuplikan pada hasil penelusuran.

    Bagaimana Cara Mengaktifkan Meta Tag Deskripsi Pada Postingan Blog ?

    Untuk dapat mengaktifkan dan menggunakan meta deskripsi untuk postingan blog maka kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu, karena pada dasarnya meta deskripsi ini tidak langsung aktif. Untuk dapat menggunakan meta deskripsi di postingan blog silahkan lihat tutorial mengaktifkan meta deskripsi di blog :

    1. Masuk ke Blogger.com
    2. Masuk ke bagian Setelan > Dasar
    3. Kemudian berikan deskripsi singkat (akan muncul dibawah title blog)
    4. Masih dibagian Setelan klik pada Preferensi penelusuran
    5. Pada bagian Tag Meta Deskripsi silahkan Anda aktifkan dan isi maksimal 150 karakter (ini akan muncul pada hasil penelusuran homepage blog Anda)
    6. Kemudian klik Simpan perubahan

    Bagaimana Cara Menggunakan Meta Deskripsi di Blog ?

    Cara diatas sudah cukup untuk memberikan deskripsi blog pada hasil penelusuran, namun deskripsi tersebut hanya memperbolehkan menggunakan 150 karakter saja, lalu bagaimana cara menggunakan deskripsi blog agar lebih dari 150 karakter ? silahkan lihat dibawah ini tutorial memasang meta deskripsi di blog :

    1. Masuk ke Blogger.com
    2. Masuk ke bagian Template > Edit HTML
    3. Cari kode <head>
    4. Copy meta tag berikut, dan simpan dibawah kode <head>
    <meta content='DESKRIPSI BLOG' name='description'/>
    atau
    <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
    5. Lalu klik Simpan template

    Catatan :
    - Kode deskripsi pertama merupakan pemberian deskripsi blog secara custom, kita bisa menggunakan lebih dari 150 karakter.
    - Kode deskripsi kedua merupakan pengambilan deskripsi dari Preferensi penelusuran.

    Bagaimana Cara Menggunakan Deskripsi Untuk Laman Konten/Postingan ?

    Cara diatas merupakan pemberian deskripsi untuk homepage blog saja, sedangkan untuk masing-masin konten atau postingan tidak bisa menggunakan deskripsi tersebut. Lalu bagaimana memberikan deskripsi pada setiap postingan di blog :

    1. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu seperti tutorial pertama
    2. Masuk ke bagian Template > Edit HTML
    3. Cari kode <head>
    4. Copy meta tag deskripsi berikut, lalu simpan dibawah kode <head>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
    <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
    </b:if>
    </b:if>
    5. Klik Simpan template
    2. Jika sudah, masuk ke bagian postingan bukalah salah satu artikel yang ada
    3. Jika Anda melihat "Deskripsi Penelusuran" maka isilah dengan deskripsi yang sesuai dengan konten tersebut.
    Deskripsi Penelusuran Pada Artikel Blog
    4. Kemudian publikasikan/perbarui konten yang sudah diberikan deskripsi

    Catatan :
    Kode meta deskripsi khusus untuk postingan sama saja dengan kode deskripsi untuk homepage, hanya saja saya menambahkan kode pengecualian atau biasa disebut dengan tag conditional. Untuk memperlajari kode tag conditional Anda bisa membacanya pada artikel berikutnya.

    Baca Juga : Kumpulan Kode Tag Conditional dan Fungsinya

    Tips Mengoptimalkan Penggunaan Meta Tag Deskripsi

    • Rangkum Konten Dengan Akurat
    Tulislah deskripsi yang memberikan informasi dan dapat menarik perhatian pengguna jika muncul sebagai cuplikan pada hasil penelusuran. Hal ini perlu Anda perhatikan bahwa deskripsi yang Anda buat untuk setiap laman konten haruslah sesuai.

    Hindari menggunakan deskripsi yang tidak berhubungan dengan konten, selain itu jangan menggunakan kata kunci yang terus diulang pada deskripsi karena dengan jumlah kata yang singkat yang ditampilkan pada hasil penelusuran ini akan menjadi tidak menarik. Menyalin seluruh isi konten dan menjadikannya sebuah deskripsi juga bukan hal yang baik dan ini perlu Anda hindari.

    • Gunakan Deskripsi Unik Untuk Setiap Konten

    Memiliki deskripsi yang unik untuk setiap konten merupakan hal terbaik untuk menjelaskan secara singkat dari setiap konten yang ada pada situs tersebut. Ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna maupun mesin telusur, karena dapat memberikan informasi yang singkat mengenai suatu laman.

    Hindari untuk menggunakan deskripsi yang sama pada seluruh konten yang Ada, karena dapat membuat bingung pengguna maupun mesin telusur, dan ini adalah hal yang tidak perlu Anda lakukan.

    Gunakan meta tag deskripsi untuk memberikan ikhtisar tentang apa konten Anda sebenarnya kepada pengguna dan mesin telusur.
    Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara penggunaan meta deskripsi pada homepage blog dan deskripsi untuk artikel atau konten blog, hal ini perlu Anda pelajari kembali untuk mengoptimalkan hasil penelusuran pada mesin telusur, sehingga situs web Anda akan memiliki rank atau posisi terbaik pada setiap hasil penelusuran konten.

    Related Posts

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    13 Responses to "Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Meta Deskripsi di Blog"

    1. Semua cara diatas, aku menerapkannya. Dan hasilnya lumayan, pengunjung kini membludak dan artikel-artikel bisa diatas posisinya. Dulu aku sempat meremehkannya. Dan menganggap tidak penting.
      Setiap mau membuat artikel baru, deskripsi tidak pernah terlupakan.

      ReplyDelete
    2. untuk memberikan meta deskripsi biasanya saya copy paste dari paragraf pertama artikel saya, apa itu gk papa??

      ReplyDelete
      Replies
      1. untuk kedepannya mending jangan gitu deh mba, 1 paragraf kan bisa memiliki ratusan hingga ribuan kata, itu hampir sama dengan semua konten, mending ambil kesimpulannya saja dari isi konten tersebut...

        Delete
      2. iya, saya pilih yang sedikit aja, :)

        Delete
    3. Fungsi dari meta deskripsi sangat penting sekali ya kang ? Oleh karena itu mungkin hukumnya wajib ya menempalkan meta ini pada setiap blog kalau mau keren mah.

      ReplyDelete
    4. Izin ya Mas mau saya save soalnya punya saya lupa kaga dipasang Meta Des.

      ReplyDelete
    5. seperti biasa, penjelasannya lengkap dan mudah dimengerti, dulu juga saya suka mengabaikan deskirpsi singkat konten blog, tapi sekarang deskripsi tak pernah terlewatkan

      ReplyDelete
    6. Oh iya yah, kenapa gw gak pernah kepikiran yah. Besok-besok deh diaplikasikan langsung

      ReplyDelete
    7. ayo,, yang blognya belum pake deskripsi jangan sampai lupa lagi. ini sudah ada tutorialnya yang super lengkap & dijamin manjur. hehe

      ReplyDelete
    8. Yang masih pemula ayo belajar disini

      ReplyDelete
    9. Wahh ini dia gan thanks ya.. Harus pasang meta tag deskripsi di templatenya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Meta deskripsi penting loh di pasang di blog, jadi jangan sampai di biarkan kosong atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

        Delete
    10. thanks gan sharingnyA bermanfaaf sekali buat saya

      ReplyDelete

    Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

    1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
    2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
    3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel