Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger - Kini blogger sudah support atau mendukung penggunaan ads.txt pada blogger. Ads.txt merupakan fitur baru pada dashboard blogger yang baru saja di luncurkan pada tanggal 31 Januari 2018.

Dengan adanya fitur ini beberapa penayang atau publisher Google AdSense mengalami error pada akun adsense mereka notifikasi error tersebut seperti dibawah ini.

Bahasa Inggris:
"Earning at risk - one or more of your ads.txt file doesn't contain your AdSense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue."

Bahasa Indonesia:
"Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda."

Dari pesan di atas dapat kita lihat bahwa ini merupakan masalah serius yang perlu kita atasi atau perbaiki secepat mungkin karena dapat beresiko kepada pendapatan Anda.

Ads.txt sebenarnya sudah ada sejak tahun 2017 lalu, namun beberapa blogger dari seluruh dunia memberi masukkan kepada developer dari Blogger untuk menambahkan fitur ini pada dashboard blogger, karena penggunaan file ads.txt ini harus di simpan pada bagian root domain atau akar domain sama seperti file robots.txt.

Berbeda dengan wordpress dengan menggunakan self-hosting atau hosting sendiri, kita dapat dengan mudah mengupload file ads.txt ini kedalam root domain kita dengan cara login melalui cpanel, namun berbeda dengan blogspot, kita tidak memiliki hak akses ke bagian hosting atau admin panel sehingga seluruh blogger di dunia memberi masukan untuk menambahkan fitur ads.txt ini pada dashboard blogger.

Baca juga: Mengenal Fitur Baru Yang Ada di Blogger

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai ads.txt seperti ini, apa itu ads.txt bagaimana cara kerjanya ?

Bagaimana penayang dan pengiklan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan Ads.txt untuk pendapatan iklan ?

Apakah saya perlu menyiapkan ads.txt di situs saya ?

Bagaimana cara menerapkan Ads.txt di situs WordPress / Blogger ?

Apa format file ads.txt itu ?

Apa efek dari ads.txt di Google ?

Bagaimana cara pembeli menggunakan ads.txt untuk memverifikasi siapa yang berhak menjual ?

Bagaimana melindungi inventaris premium Anda dengan "Ads.txt" ?

Mari kita simak dengan lengkap pembahasannya dan cara penerapannya dibawah ini.

Apa Itu Ads.txt?

Authorized Digital Sellers, atau ads.txt adalah program yang dirancang oleh IAB yang ditujukan untuk mengurangi kecurangan dalam inventaris iklan.

Solusi ini dibuat secara khusus untuk melawan spoofing domain, biasanya pembeli dapat memeriksa apakah penjual adalah sumber inventaris yang sah dan bersertifikat.

Ini akan menghentikan scammers untuk menghasilkan uang di pasar digital dengan menghalangi penjualan inventori yang tidak sah.

Ads.txt merupakan file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan tepercaya untuk menjual inventaris. Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi di antara pengiklan dan penerbit.

Apakah Perlu Menggunakan Ads.txt?

Penggunaan ads.txt tidak di wajibkan, namun sangat di rekomendasikan untuk menggunakannya karena file ads.txt ini dapat membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang pada kasus lain mungkin mengarah ke inventaris palsu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger?

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads.txt kustom > klik editAktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya


Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

3. Lalu masukkan kode di bawah ini :
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan:
Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang akun google adsense milik Anda.

4. Lalu klik Simpan perubahan
5. Silahkan cek apakah file ads.txt sudah terpasang dengan cara mengunjungi https://www.caramanual.com/ads.txt

Catatan:
Silahkan ganti caramanual.com dengan domain milik Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui ID Penayang AdSense?

1. Masuk ke akun AdSense milik Anda
2. Masuk ke bagian Settings > Account information


Cara Mengetahui ID Penayang AdSense

Nah, bagi Anda yang mendapatkan notifikasi atau peringatan pada akun adsense bahwa penghasilan Anda beresiko karena belum mengaktifkan ads.txt pada blogger, silahkan terapkan tutorial ini pada blog Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Ini juga menjadi penyebab iklan adsense tidak tampil atau tidak muncul di blog karena perayap atau robots google adsense memerlukan verifikasi untuk menampilkan iklan di blog Anda yaitu dengan cara mengaktifkan file ads.txt pada blog Anda.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengaktifkan ads.txt di blogger, jika ada hal yang kurang paham silahkan untuk berkomentar dibawah ini, jika ada waktu akan saya bantu. Semoga bermanfaat.

Update:
16/06/2019
Bagi yang muncul notifikasi peringatan ads.txt di akun google adsense meski sudah memasang kode ads.txt di blog atau websitenya silahkan baca artikel cara mengatasi notifikasi peringatan ads.txt di google adsense.

Sumber:
https://support.google.com/adsense/answer/7532444
https://iabtechlab.com/ads-txt-about/
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

26 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger"

  1. gan, saya sudah menambahkan kodenya di ads.txt
    apakah harus menunggu konfirmasi selama 1x24 jam ? soalnya ketika mesikipun sudah diubah, tetap saja ads.txt tidak berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama pastikan file ads.txt sudah terpasang di blog dengan cara mengetikan namadomain(dot)com/ads.txt jika sudah tampil, berarti pemasangan ads.txt di blog sudah berhasil tinggal tunggu saja

      Hapus
  2. Thanks For Sharing Really Helpful

    BalasHapus
  3. Gan soalnya saya baru ni mengenal blog maklum masih ragu, soalnya edsen sudah kaaih sya kaya kode pas sya di teeima untuk di lepas jadi iklan, apa tidak papa kalo dxt saya taruh sebelum iklan adsense yang saya di kasi kaya kode tu tampil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, coba pasang saja kode ads.txt nya

      Hapus
  4. gan,kalau iklan gak muncul pas dibuka versi mobile tapi versi desktop keliatan kenapa gan. Udah ngikutin tutorial nampilin iklan dengah postingan juga ada yg muncul. Udah di pars kodenya.mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di akun adsensenya ada peringatan suruh pasang ads.txt? kalau ada, setelah pasang file ads txt ini silahkan tunggu kurang lebih 24 jam.

      Pastikan juga browser yang digunakan pada smartphone tidak menenggunakan adblock.

      Hapus
  5. Kalau untuk akun adsense nonhost dan di adsense tidak ada peringatan seperti itu, apa mengaktifkan ads.txt juga sangat di rekomendasikan gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun saya juga tidak ada peringatan untuk memasang ads.txt, file ads.txt memang tidak wajib untuk di pasang, namun sangat direkomendasikan untuk menggunakannya.

      Hapus
  6. Terima kasih begitu mendapat email peringatan dari google adsense,langsung dapat solusinya di blog ini..

    BalasHapus
  7. terimakasih,atas pencerahannya bos semoga bos baik baik aja,jika sudah meningal semoga,semua pencerahan menjadi amalan bos ya amin

    BalasHapus
  8. jika belum punya adsense apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini khusus untuk yang menampilkan iklan adsense saja diblognya, jadi kalau belum punya adsense atau status akunnya masih tahap review tidak perlu memasang kode ads.txt.

      Hapus
  9. bang mau nanyak, saya dapat peringatan dari adsense seperti artikel di atas, saya sudah coba rubah seperti penjelasan di atas, namaun peringatan di dasboard adnsese tidak kunjung hilang sudah 3 hari, mohon pencerahannya, saya memakai blogger costum domain, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Pastikan nomor penayang sudah benar, selain itu cek juga web atau blog mana saja yang dikaitkan dengan akun adsense tersebut jika lebih dari 1 blog silahkan masing-masing blog di pasangkan kode ads.txt

      Hapus
    2. Halo,

      Saya sudah menemukan solusinya untuk mengatasi peringatan ads.txt di akun google adsense, silahkan untuk membaca artikel ini:
      https://www.caramanual.com/2019/06/mengatasi-peringatan-ads-txt-google-adsense.html

      Hapus
  10. Saya pengguna blogspot, tapi udah custom domain. Apakah caranya sama dengan uraian seperti di atas. Mohon pencerahannya suhu. Thanks 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Iya betul caranya masih sama seperti di atas.

      Hapus
  11. Mau Nannya nih gan,Blog saya sudah di terima adsense dalam surat berisi pesan "Kabar Baik Situs Anda situssaya.blogspot(dot)com kini siap menampilkan iklan adsense"
    Tetapi setelah saya tunggu selama 1 minggu Iklan Tidak Muncul Juga Pake mode Desktop juga tidak muncul ,Kira kira ada solusinya tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Untuk mengatasi masalah iklan adsense yang tidak muncul silahkan untuk membaca artikel berikut:
      https://www.caramanual.com/2018/10/cara-mengatasi-iklan-adsense-yang-tidak-muncul.html

      Hapus
  12. kasus diadsense saya seperti ini
    situs adsens saya memiliki nama ABC[.]com yang didalamnya terdapat sub domain www[.]ABC[.]com

    di situs yang pakai www sudah berhasil dipasang ads txt, dan peringatan tersebut muncul untuk situs yang TIDAK pakai www.
    Nah, untuk memberikan ads txt pada situs tanpa WWW itu bagaimana, sementara pengaturan nama domain blogger saya memakai www. ??

    mohon pencerahannya
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas,
      Mohon untuk dipelajari kembali, www itu bukan termasuk subdomain.

      Apabila website yang digunakan bukan blogger, silahkan ganti domain pada file ads.txt tersebut contoh:

      example.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

      Silahkan ganti example.com dengan domain Anda.
      Ingat! tanpa menggunakan www jadi cukup gunakan root domain nya saja.

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel