Agen SBOBET

Cara Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda

Cara Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda - Mencari nama domain yang bagus, tepat, dan menarik memang sangat sulit, apalagi sekarang hampir semua orang sudah mengenal teknologi, tidak sedikit dari mereka memiliki website atau toko online pribadi. Oleh karena itu, memilih nama domain untuk produk atau brand Anda sendiri akan lebih sulit, namun jika tidak dilakukan sekarang maka kedepannya akan semakin sulit lagi untuk menemukan nama domain yang baik untuk Anda gunakan.

Untuk memudahkan Anda memilih nama domain untuk bisnis Anda, pastikan sebelumnya Anda sudah memiliki produk, yang dimaksud dengan produk disini yaitu bisa berupa barang, layanan atau jasa. Selanjutnya Anda tinggal memilih beberapa kata yang mudah dibaca dan coba gabungkan dengan nama produk Anda.

Tulis setiap nama domain yang menurut Anda bagus, apapun itu silahkan tulis jangan Anda tunda-tunda karena pasti akan mudah lupa. Jika telah memiliki beberapa domain yang ingin Anda gunakan, cobalah pilih kembali dari beberapa domain yang sudah Anda tulis, mungkin Anda juga bisa bertanya kepada teman atau keluarga Anda domain mana yang menurut mereka paling simpel dan mudah di ucapkan.

Mencari ide untuk nama domain itu bisa kapan saja dan dimana saja, jujur saja saya sendiri mencari ide nama domain saat di toilet/wc kantor dan saat pulang ke rumah. Ide-ide tersebut kadang muncul sangat banyak, oleh karena itu Anda perlu sedia buku catatan atau apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menulis nama domain yang Anda dapatkan.

Ingat, Anda mungkin tidak dapat menemukan ide dalam waktu satu hari saja, bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Saran saya walaupun Anda masih belum menemukan nama domain lebih baik tenang dan tidak usah terburu-buru. Takutnya setelah memilih nama domain, Anda malah kecewa karena menemukan nama domain yang lebih bagus.

Jika Anda sudah memiliki daftar nama domain, silahkan cek di internet apakah nama domain tersebut masih bisa Anda gunakan atau sudah di pakai oleh orang lain. Jika hal ini terjadi, silahkan lupakan nama domain tersebut, dan cobalah berpikir kembali untuk mencai nama domain yang unik dan menarik.

Jika Anda sudah kehabisan ide, masih ada cara lain untuk menemukan ide-ide yang menarik untuk mancari nama domain yang unik dan menarik. Sekarang sudah ada situs-situs online yang memberikan saran maupun ide untuk memilih nama domain. Anda bisa menggunakan situs tersebut untuk mebantu atau memancing ide Anda kembali.

Baca juga: 5 Website Ini Membantu Anda Memilih Nama Domain

Memilih nama domain yang baik itu harusnya yang tidak memilik arti dan makna, jika Anda berusaha seperti ini maka sama saja Anda telah menciptakan sebuah kata orisinil yang memang baru pertama kali Anda ucapkan. Namun kembali lagi, jika Anda mencari nama domain untuk bisnis, mungkin tidak akan lepas dari identitas produk yang Anda miliki.

Oleh karena itu mencari nama domain perlu dilakukan perlahan, tidak perlu Anda berpikir keras untuk mendapatkan sebuah nama domain karena sama saja Anda membuang-buang waktu tanpa hasil, dengan sendirinya ide-ide untuk nama domain akan muncul asalkan Anda pancing dengan membaca atau menonton film atau aktivitas lainnya.
Cara Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda


Apa Itu Domain?

Dikutip dari Wikipedia, nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain ini berfungsi untuk mempermudah pengguna internet untuk melakukan akses ke server, selain itu dapat digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit seperti alamat IP atau IP address.

Nama domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari situs web, contonya "caramanual.com". Nama domain kadang disebut dengan istilah URL, Link, atau alamat website.

Kesimpulannya,
Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi website Anda. Karena bersifat unik, nama domain tidak boleh sama antara satu dengan yang lainnya.

Ada beberapa poin penting sebelum Anda memilih sebuah nama domain, hal ini perlu Anda perhatikan dan bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih nama domain untuk bisnis Anda. Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum memilih nama domain:

1. Gunakan Nama Domain Yang Sederhana

Semakin pendek nama domain yang digunakan semakin bagus, kenapa? Domain yang pendek dan sederhana akan lebih mudah di ingat. Ini merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan, karena nama domain yang terlalu panjang cenderung lebih susah populer.

Bayangkan jika seorang pelanggan Anda menyukai produk yang Anda jual, kemudian pelanggan Anda memberitahu temannya untuk membuka website Anda dengan menyebutkan nama domain website Anda yang begitu panjang, ini akan sulit di ingat sehingga lebih sulit populer.

Usahakan memilih nama domain tidak lebih dari 15 karakter dan jangan terlalu menggunakan banyak kata, cukup maksimal 3 kata saja dalam sebuah nama domain.

2. Cari Nama Domain Yang Brandable

Nama domain yang branded ini tentu akan memudahkan Anda dalam mempromosikan produk Anda, dengan nama domain yang bermerek dan mudah di ingat kesempatan untuk lebih populer sangatlah besar, orang-orang cenderung akan membicarakan mengenai produk yang Anda jual. Disini jika nama domain Anda mudah di ingat maka mereka akan kembali lagi membuka website Anda.

Untuk menggunakan nama domain yang brandable atau bermerek penggunaan angka dan tanda penghubung harus di hindari, ini adalah masalah sebenarnya karena tidak terdengar seperti merek. Mereka yang baru pertama kali mendengar nama domain Anda mungkin akan sedikit aneh dan kesulitan ketika menulisnya.

3. Mudah Diucapkan

Anda mungkin berpikir "kenapa harus mudah diucapkan? padahal kebanyakan orang akan mengetik atau mengklik tautan".

Pada poin pertama dan kedua saya menekan kan agar nama domain yang Anda gunakan mudah dicupakan atau dibaca. Ini agar nama domain yang Anda gunakan lebih mudah di baca dan di ingat, sehingga orang-orang yang membicarakan situs Anda akan lebih tertarik untuk membuka situs Anda dan akhirnya website Anda lebih mudah populer.


4. Gunakan Ekstensi .com

Kenapa harus menggunakan .com? saya yakin jika seseorang diberitahun mengenai nama domain Anda tanpa diberitahu eksteksi yang digunakan, mereka akan otomatis menulis ekstensi .com.

Contoh:
Ceritanya, Anda sedang mencari ide dan tips untuk memilih nama domain yang akan digunakan untuk website Anda. Kemudian Anda bertemu saya di jalan dan bertanya langsung mengenai hal ini.
Anda: Bro, gimana sih caranya memilih nama domain yang baik untuk website?.
Saya: Ada banyak faktor, kamu cek saja di website saya.
Anda: Apa alamat websitenya?.
Saya: Caramanual.

Dari cerita singkat di atas, saya yakin Anda akan menambahkan ekstensi .com pada alamat website yang saya sebutkan.

Bagaimana jika nama domain yang di inginkan sudah di ambil orang? apakah saya harus menggunakan ekstensi lain seperti .net .info .org?.

Jika hal itu terjadi lebih baik cari nama domain lain, karena bisa menguntungkan pemilik domain .com seperti pada cerita singkat di atas, selain itu bisa membingungkan pelanggan Anda.

5. Hindari Penggunaan Merek Dagang

Ini adalah poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan, karena hubungannya sangat erat dengan hukum. Sebelum memilih nama domain alangkah baiknya Anda memeriksa nama domain yang ingin Anda gunakan, apakah domain tersebut bebas dari merek dagang milik orang lain?.

Silahkan periksa nama bisnis dan domain Anda pada website database merek dagang (trademark) berikut ini:
https://www.uspto.gov/
http://www.wipo.int/branddb/id/en/
http://e-statushki.dgip.go.id/
http://www.dgip.go.id/


6. Gunakan Kata Kunci Pada Nama Domain

Kata kunci (keyword) pada nama domain membantu website Anda untuk mendapatkan peringkat teratas pada hasil penelusuran. Walaupun hal ini sudah tidak sekuat dulu, namun penggunaan kata kunci pada domain masih bisa Anda coba untuk meningkatkan peringkat website Anda.

7. Hindari Penggunaan Angka dan Karakter

Sangat tidak direkomendasikan jika domain yang inginkan telah dimiliki orang lain kemudian Anda memodifikasinya dengan menambahkan angka atau karakter seperti tanda penghubung.

Sudah saya jelaskan sebelumnya, penggunaan angka dan tanda penghubung pada nama domain akan sulit untuk di ucapkan, oleh karena itu lebih baik jika Anda menambahkan kata imbuhan atau kata sambung pada nama domain Anda dibandingkan dengan menambahkan angka atau karakter pada domain Anda.

8. Periksa Nama Domain Bekas atau Baru

Sebelum memilih nama domain pastikan dulu nama domain tersebut benar-benar fresh atau baru pertama kali Anda gunakan. Silahkan cek di website ini:

https://archive.org/
https://www.expireddomains.net/

Jika nama domain sudah pernah digunakan pastikan Anda memeriksanya dengan teliti, jangan sampai domain tersebut memiliki reputasi yang buruk di masa lalu, karena dampaknya akan sama ketika Anda gunakan, ini terlalu beresiko.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini mengenai cara memilih nama domain untuk bisnis Anda, mungkin masih banyak poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum memilih nama domain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Memilih Nama Domain Untuk Bisnis Anda"

  1. wah cocok semua untuk tipsnya mas.. kalau saya domain untuk pribadi aja mas, bukan bisnis hehe

    ReplyDelete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Bola Tangkas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel