Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS

Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman kepada kalian tentang cara instal windows 10 pada laptop baru tanpa sistem operasi (Non-OS) alias FreeDos.

Sebenarnya tidak perlu laptop baru juga, karena ini juga sama hal nya seperti cara instal ulang windows 10 di laptop, notebook, maupun komputer (PC).

Untuk versi windows yang digunakan juga tidak khusus windows 10, Anda bisa menggunakan windows 7, windows 8, atau versi windows lainnya sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop atau komputer yang digunakan.

Tutorial ini juga berlaku untuk semua merek laptop atau komputer seperti HP, Asus, Lenovo, Toshiba, Acer, dan merek lainnya kecuali Apple.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Baterai Laptop di Windows 10

Berhubungan saya menggunakan laptop HP dengan spesifikasi yang bisa dibilang menengah, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan windows 10.

Di sini kondisi laptop saya masih baru (maaf bukan pamer), saya beli dengan tanpa OS (Operating System) atau bisa disebut Non OS, jadi sistem operasinya harus kita instal sendiri.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS

Apa Bedanya Laptop OS dengan Laptop Non-OS?

Laptop OS merupakan laptop yang dijual dan sudah terinstal OS atau sistem operasi. Sistem operasi yang digunakan sudah ditentukan oleh pabrik pembuatnya, sehingga kita tidak bisa memilih sistem operasi mana yang ingin kita gunakan. Untuk harganya pun lebih mahal dibandingkan laptop non-os.

Laptop Non-OS merupakan laptop yang dijual tanpa menggunakan atau belum terinstal OS atau sistem operasi, biasanya disebut dengan FreeDos. Sistem operasinya harus kita instal sendiri secara manual, namun kita bisa memilih sistem operasi mana yang akan digunakan, apakah windows, linux, atau yang lainnya. Untuk harganya, laptop non-os lebih murah dibandingkan laptop os.

Tool dan Software Yang Perlu di Persiapkan

Berhubung kali ini saya akan menginstal windows 10 dengan flashdisk di laptop jadi membutuhkan beberapa alat dan software tambahan, di antaranya sebagai berikut.

  1. USB Flashdisk (Min. 4GB).
  2. Windows 10 ISO.
  3. Rufus (software untuk burning file windows iso ke flashdisk).

Catatan:
Beberapa laptop/notebook/komputer tidak memiliki CD Room, oleh karena itu untuk menginstal sistem operasinya bisa menggunakan flashdisk atau bisa juga dengan menggunakan CD Room eksternal. Jika menggunakan CD Room eksternal berarti kamu perlu DVD untuk melakukan burning file iso windows ke DVD atau menggunakan DVD windows original jika Anda memilikinya.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Pertama, setelah ketiga alat dan software yang dibutuhkan sudah siap kita perlu melakukan burning atau memindahkan file iso windows ke flashdisk dengan menggunakan software rufus.

Sambungkan flashdisk ke laptop > buka software rufus > klik ikon dvd > cari file iso windows >  setelah ketemu klik open > lalu klik start dan tunggu hingga selesai (kurang lebih 20 sampai 30 menit).
Burning File Iso Windows ke Flashdisk Menggunakan Rufus

Catatan:
Sebelum klik Start akan muncul peringatan bahwa semua file yang ada di flashdisk akan hilang karena perlu di format terlebih dahulu.


Kedua, setelah Anda memiliki flashdisk yang memiliki instalan windows sekarang kita perlu mengatur settingan pada BIOS laptop agar saat booting masuk ke flashdisk bukan ke memori atau hard disk laptop. Caranya sebagai berikut.

Sambungkan flashdisk ke laptop > kemudian nyalakan laptop > lalu tekan tombol F2 atau F10 atau F12 atau Del (coba satu per satu setiap merek laptop berbeda) > setelah berhasil masuk ke BIOS silahkan pergi ke bagian System Configuration > Boot Options > lalu tekan Enter.
Setting Booting di BIOS

Lalu pindahkan USB Diskette on Key/USB Hard Disk ke paling atas dengan menekan tombol F5 atau F6 > stelah itu tekan tombol F10 dan pilih Yes untuk menyimpan settingan BIOS.
Setting Booting USB di BIOS

Catatan:
Lihat pada gambar di atas ada UEFI Boot Order dan Legacy Boot Order, UEFI akan lebih di prioritaskan ini bekerja untuk windows 7, windows xp, windows vista atau di bawahnya, sedangkan Legacy bekerja untuk windows 8, windows 10 oleh karena itu berhubungan saya akan menginstal windows 10 jadi saya mengaturnya pada Legacy Boot saja.

Ketiga, setelah berhasil mengatur settingan BIOS agar bisa booting menggunakan flashdisk kini saatnya kita mulai instal windows 10 atau versi windows lainnya di laptop/notebook.

Ketika laptop di nyalakan akan muncul tulisan Press any key to boot from USB silahkan tekan tombol apa saja di keyboard.
Press any key to boot from USB

Setelah itu akan muncul antarmuka atau tampilan instalasi windows klik Instal now.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 1

Setelah itu muncul pengaturan untuk menentukan bahasa, waktu, dan keyboard input, kita ubah saja bagian waktu ke Indonesia lalu klik Next.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 2

Kemudian akan muncul beberapa opsi pilihan windows yang ingin di gunakan, disini saya memilih Windows 10 Pro. Silahkan klik pada versi windows yang ingin Anda instal kemudian klik Next.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 3

Lalu cetang kotak kecil I accept the lincese terms kemudian klik Next.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 4

Setelah itu klik Custom: Install Windows only (advance).
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 5

Keempat, disini kita masuk ke tahap pembagian partisi hard disk, berhubungan ini laptop baru dan belum ada datanya maka saya akan menghapus semua partisi yang ada dan membuatnya secara manual.

Klik pada list partisi hard disk yang ada kemudian klik Delete > OK.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 6

Catatan:
Kalau kamu mau instal ulang jangan delete drive D (primary) lihat pada type nya primary atau system. Primary itu isinya data-data Anda, jadi supaya tidak hilang jangan delete atau format drive d atau drive e dengan di tandai type primary. Cukup format drive c saja atau di tandai type system jika mau instal ulang.

Setelah itu hard disk akan menjadi satu, untuk membuat partisi baru klik pada list hard disknya lalu klik New > masukkan kapasitas untuk drive C disini saya mengaturnya ke 80GB > lalu klik Apply > klik lagi pada list hard disk satunya klik new dan langsung saja klik apply, ini untuk drive D.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 7

Setelah berhasil membuat partisi selanjutnya kita akan menentukan lokasi untuk instal windows pilih saja yang paling kecil ukuran hard disknya, silahkan klik pada list hard disk yang ingin di instal windows lalu klik Next.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 8

Setelah itu proses instalasi sedang dimulai tunggu kurang lebih 30 menit.
Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS 9

Setelah ini selesai selanjutnya Anda tinggal mengatur nama pc atau laptop dan user login dengan menggunakan akun microsoft atau password lokal. Anda tinggal mengikuti perintah yang terdapat pada layar laptop Anda.

Itulah artikel mengenai cara instal windows 10 dengan flashdisk di laptop non-os, jika Anda masih merasa bingung silahkan untuk berkomentar di bawah ini atau dengan langsung menghubungi kami melalui halaman kontak.

Baca juga: Cara Mematikan Komputer Otomatis Dengan Timer

Informasi Tambahan
Ketika Anda selesai membuat partisi dan tinggal mengklik next untuk melakukan proses instalasi namun muncul pesan error seperti ini "We couldn't create a new partition or locate an existing one. for more information see the setup". Itu berarti ada masalah dengan file iso windows yang Anda gunakan, saran saya agar Anda menggunakan file instalasi windows yang lain.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk di Laptop Non-OS"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel