Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Semua orang tentu menginginkan agar website atau blog mereka muncul di halaman pertama google.

Namun persaingan ini semakin ketat dan sulit untuk mendapatkan posisi teratas di google.

Tanpa kita telusuri juga hal ini sudah pasti terjadi, banyak artikel atau postingan baru yang di terbitkan setiap hari oleh pemilik website maupun blogger di seluruh dunia.

Bayangkan saja jika niche atau tema website kita memiliki jumlah pesaing yang banyak tentu kesempatan untuk menempati urutan pertama di google juga akan semakin sulit.

Apalagi baru-baru ini google sudah menerapkan algoritma baru, tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua.

Sebenarnya agar artikel bisa di index google dalam waktu beberapa detik saja bisa dilakukan dengan mudah, Anda hanya perlu melakukan submit URL baru ke google search console.

Hal ini juga sudah bukan rahasia lagi, sudah sejak beberapa tahun lalu saya menerapkan cara ini setelah posting artikel baru di blog.

Dalam waktu beberapa menit saja atau bahkan hanya perlu beberapa detik saja artikel sudah bisa tampil di hasil pencarian google, dan kalau beruntung bisa ada di halaman pertama dan urutan teratas.

Cara ini memang sangat ampuh untuk mempercepat indeks artikel blog atau website, namun ada beberapa hal yang baru dan berbeda dari cara sebelumnya.

Faktor utama agar artikel cepat terindex google bukan lagi melalui submit URL melainkan Fetch as google yang bisa Anda lakukan pada google webmaster.

Walaupun begitu saya tetap melakukan kedua hal tersebut.

Tapi masih ada faktor lain juga supaya postingan website atau blog menjadi nomor 1 di google, mari kita bahas bersama cara agar artikel cepat terindex google di bawah ini.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

1. Daftarkan Blog / Website ke Google Webmaster

Agar blog atau website muncul di google, Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke Google Search Console atau yang biasa kita kenal sebagai Google Webmaster.

Tujuan mendaftarkan blog atau website Anda ke webmaster tool ini adalah untuk memverifikasi bahwa Anda merupakan pemilik resmi blog atau website tersebut.

Baca juga: Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster

Jika Anda sudah berhasil memverifikasi situs Anda, maka dalam kurun waktu beberapa hari saja blog atau website Anda sudah bisa muncul di google.

2. Tambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster

Setelah mendaftarkan blog Anda ke webmaster tool dan sudah berhasil memverifikasinya, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menambahkan sitemap blog Anda ke google webmaster.

Baca juga: Cara Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster

Sitemap atau peta situs ini berfungsi untuk memudahkan robot atau spider untuk melakukan perayapan (crawling) ke seluruh URL yang ada pada sitemap situs Anda.

Pada umumnya sitemap blog berisi sekumpulan artikel, mulai dari yang paling lama sejak pertama Anda membuat blog hingga postingan terbaru.

Khusus untuk pengguna platform blogger, secara default sitemap blog Anda sudah ada tanpa perlu menambahkannya ke webmaster tool, namun untuk melakukan beberapa penyesuaian maka Anda perlu menabahkannya.

Untuk pengguna wordpress, mungkin Anda perlu menambahkannya dengan cara menginstal sebuah plugin, sitemap ini harus ada dan bersifat wajib.

Dengan menggunakan sitemap, setiap konten yang ada di blog atau website Anda akan terindex secara otomatis, namun dengan jangka waktu tertentu dan tergantung seberapa cepat google melakukan perayapan pada situs Anda.

3. Melakukan Ping ke Google Webmaster

Perhatian! Untuk saat ini melakukan ping ke webmaster tool sedang mengalami kendala, hal ini sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu.

Ping Google Webmaster Tool:
https://www.google.com/webmasters/tools/ping
blogsearch.google.com/ping

Jika Anda membuka kedua URL di atas mungkin akan muncul sebuah pesan Error 400 atau Bad Request.

Meski sendang mengalami masalah, saya harap fitur ini bisa digunakan kembali.

Oleh karena itu, saya tetap menambahkan ping ke google webmaster di artikel ini karena melakukan ping ke google bisa juga untuk mempercepat index sebuah artikel atau blog Anda.

4. Melakukan Submit URL ke Google Webmaster

Dulu, atau beberapa bulan lalu untuk mempercepat artikel supaya bisa terindex di google bisa dengan cara melakukan submit URL di google search console.

Tapi, yang saya alami hal ini tidak secepat dulu.

Biasanya setelah submit URL artikel muncul akan terindex dalam hitungan detik atau menit, tapi sekarang perlu waktu berhari-hari agar artikel terindeks google.

Namun hal ini masih perlu Anda lakukan untuk mempercepat index artikel Anda di hasil penelusuran google, silahkan lakukan submit URL baru dengan membuka tautan ini.

https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

Fitur ini membantu untuk memberitahu setiap URL baru yang akan di tambahkan pada indeks google, namun tidak menjadi jaminan atau prediksi kapan artikel atau postingan baru Anda akan muncul di indeks google.

5. Melakukan Fetch as Google di Google Webmaster

Pada akun resmi twitter Google Webmaster mengatakan:
For normal crawling and indexing, just use a sitemap file. To submit individual URLs, use Fetch as Google. But if you just want to click "↻ recrawl," we're never gonna let you down.
Dari kutipan di atas, bisa kita ketahui bahwa untuk perayapan dan indeks normal cukup menggunakan sitemap yang artinya dengan menggunakan sitemap saja secara otomatis website dan konten yang ada pada situs Anda akan otomatis di index namun dengan jangka waktu tertentu.

Untuk melakukan submit URL individu seperti halaman atau artikel baru bisa menggunakan Fetch as Google, jadi kalau Anda sudah memposting atau mempublish artikel baru silahkan lakukan Fetch as Google ini di Google Search Console.

Tapi untuk fitur "↻ recrawl" ini belum tersedia baik di webmaster tool yang lama maupun webmaster tool yang baru, kita tunggu saja update dari google webmaster.

Untuk melakukan Fetch as Google silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Masuk ke Gooogle Search Console.
2. Pilih salah satu website atau blog Anda yang sudah di verifikasi.
3. Kemudian klik pada bagian Crawl > Fetch as Google.
4. Lalu masukan URL artikel seperti gambar di bawah ini dan klik Fetch.

Fetch as Google - Search Console

5. Lalu klik Request Indexing.

Request Indexing - Search Console

6. Kemudian akan muncul popup, silahkan verifikasi reCAPTCHA kemudian pilih Crawl only this URL lalu klik Go.

Submit Method Crawling URL - Search Console

Catatan:
Submit URL dan Fetch as Google: Jika Anda ingin menggunakan fitur ini lebih baik menggunakannya maksimal 10 kali per hari karena ada batas maksimalnya dan akan di reset setiap minggu.

Cara Mengetahui Apakah Artikel Sudah Terindex Atau Belum

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah artikel atau postingan yang baru saja kita publikasikan sudah terindex atau belum cukup mudah.

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, caranya buka Google Penyamaran dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + N lalu ketik URL google.com atau google.co.id setelah itu tulis URL artikel yang baru Anda publish, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google 1

Itulah artikel mengenai cara agar artikel cepat terindex google, dengan menerapkan cara ini saya yakin setiap artikel yang Anda publish akan cepat diindex google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel