Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi smartphone yang populer di kalangan orang biasa hingga orang-orang penting.

Alasan utama yang menjadikan whatsapp sangat populer diantaranya adalah ukuran filenya yang relatif kecil dan sangat efisien serta fitur-fitur lengkap yang semakin membuat penggunanya nyaman dan senang dalam berkomunikasi.

Namun, seiring perkembangan zaman dan terjadinya kriminalitas dimana-mana, aplikasi whatsapp yang ada pada smartphone Anda pun dapat disadap menggunakan berbagai cara.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut Anda perlu mengamankan pesan whatsapp Anda agar data-data pribadi dan pesan Anda tidak bocor pada pelaku kejahatan untuk kemudian disalahgunakan.

Sehingga ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan untuk mengamankan whatsapp Anda agar tidak bisa dibajak atau disadap oleh orang lain.

Baca juga: Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Muncul di Android

Berikut adalah cara dan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan whatsapp Anda agar tidak bisa disadap.

Cara Mengamankan WhatsApp Supaya Tidak Bisa Dibajak

1. Aplikasi whatsapp sendiri sebetulnya telah dibekali dengan sistem keamanan yang cukup mumpuni. Sebelum itu, Anda perlu masuk pada aplikasi whatsapp Anda terlebih dahulu seperti pada gambar di bawah ini.

WhatsApp Chatting

2. Fokuskan pandangan Anda pada bagian kanan atas yang terdapat tiga titik berurutan sejajar, lalu klik pada titik-titik tersebut yang merupakan pusat setting aplikasi whatsapp itu sendiri, sehingga muncul tampilan seperti gambar ini.

WhatsApp Chatting Setelan

3. Kemudian silahkan klik sub menu setelan/setting yang berada pada bagian bawah tampilan tersebut. Untuk selanjutnya diarahkan pada sub menu setelan/setting selanjutnya seperti pada gambar di bawah ini.

Setelan WhatsApp

4. Selanjutnya silahkan klik pada sub menu bertanda kunci/akun dan mengatur keamanan whatsapp Anda pada verifikasi dua langkah.

Perlu Anda ketahui, verifikasi dua langkah ini adalah fitur yang dikembangkan khusus oleh whatsapp untuk melindungi data percakapan dan akun pemiliknya agar tidak mudah disadap orang lain seperti pada gambar berikut.

Akun WhatsApp

5. Setelah mengklik pilihan verifikasi dua langkah, Anda akan diminta verifikasi mengaktifkannya hanya dengan satu pilihan saja seperti gambar berikut.

Verifikasi Dua Langkah

6. Silahkan klik "Aktifkan" dan Anda akan diminta memasukan 6 digit PIN pada tampilan berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat secara pribadi PIN yang Anda gunakan, karena akan sangat dibutuhkan ketika nomor Anda akan diaktifkan kembali.

Masukan PIN Verifikasi Dua Langkah

7. Perlu Anda ketahui bahwa permintaan PIN ini akan dikonfirmasi pada halaman selanjutnya untuk memastikan keabsahan PIN yang Anda gunakan.

Setelah PIN Anda diterima maka akan muncul permintaan email sebagai upaya lanjutan pelindungan akun Anda jika sewaktu-waktu Anda melupakan PIN yang Anda gunakan.

 Namun, jika Anda tidak ingin mengisinya Anda dapat melewati langkah satu ini dengan mengklik "Lewati" yang berwarna biru.

Masukan Email Verifikasi Dua Langkah

8. Setelah semua langkah Anda lakukan dengan benar, akan muncul tanda ceklist biru sesaat sebelum kemudian Anda akan diarahkan kembali pada beranda whatsapp Anda.

Cukup mudah bukan?

Hal utama yang harus diperhatikan agar tidak terjadi penyadapan adalah jangan memberikan smartphone dan PIN Anda pada sembarang orang.

Semoga Anda berhasil dalam mengamankan akun whatsapp Anda dan tidak terjadi penyadapan setelahnya.

Sekian artikel mengenai cara mengamankan whatsapp agar tidak disadap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel