Cara Buat Podcast di WordPress Dengan Mudah

Cara Buat Podcast di WordPress Dengan Mudah

Apakah Anda ingin memulai podcast? Ingin tahu seperti apa tampilan setup Podcast yang sempurna? Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara buat podcast sendiri dengan WordPress langkah demi langkah.

Anda akan belajar tentang cara kerja podcast, peralatan podcast, plugin WordPress terbaik podcast yang benar-benar Anda butuhkan.

Apa itu Podcasting dan Bagaimana Cara Podcast Bekerja?

Podcast adalah serangkaian file audio episodik yang dapat digunakan pengguna untuk mengunduh dan mendengarkan.

Agar podcast berfungsi, Anda perlu memiliki file audio dan RSS Feed agar pengguna dapat berlangganan untuk tetap diperbarui dan mengunduh episode baru ketika mereka keluar.

Karena WordPress hadir dengan sistem feed RSS bawaan untuk blog, banyak podcaster memilih untuk menggunakan WordPress sebagai platform situs podcast mereka.

Anda dapat menghubungkan situs web podcast Anda dengan aplikasi podcasting seperti iTunes untuk memudahkan jutaan pengguna untuk mendengarkan dan berlangganan. Saya akan membahas ini nanti di artikel.

Setelah Anda tahu apa itu podcast dan cara kerjanya, mari kita lihat cara buat podcast dengan menemukan topiknya.

Menemukan Topik untuk Podcast Anda

Podcast cukup populer dan ada lusinan podcast di berbagai topik di luar sana. Untuk bersaing, Anda perlu mencari dan memilih topik yang akan dibahas pada podcast. Anda juga perlu mengetahui apa yang menarik bagi audiens.

Latihan sederhana ini akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang podcast dan apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan lupa untuk menuliskannya. Anda sekarang dapat mempersempitnya ke topik yang sangat spesifik. Misalnya, jika podcast tentang musik maka Anda dapat mempersempitnya ke genre, era, wilayah, atau artis tertentu.

Sekarang, mungkin ada beberapa podcast yang sangat populer yang membahas topik serupa. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa bersaing dengan mereka?

Anda dapat bersaing dengan orang-orang besar, dengan menjadi diri Anda sendiri. Podcast Anda akan memiliki wawasan unik, perspektif, gaya, dan suara yang khas. Ini akan menjadi pengalaman yang berbeda bagi audiens dan banyak dari mereka akan senang mendengarkan. Sekarang, Anda telah memutuskan tentang apa yang ingin Anda katakan, mari kita lihat hal-hal yang diperlukan.

Hal Hal yang Diperlukan Dalam Membuat Podcast

Untuk pengaturan podcasting profesional, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal pertama dalam cara buat podcast adalah situs web atau blog yang Anda pilih. Yang kedua adalah peralatan untuk merekam podcast. Terakhir, Anda harus memiliki alat yang tepat untuk mempublikasikan podcast di internet, sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan dan jangkauan maksimum.

Langkah 1. Pengaturan Situs Web: Hosting WordPress dan Nama Domain

Menentukan Web Hosting

Langkah paling penting dalam membangun situs web adalah memilih platform yang tepat. Sebaiknya gunakan WordPress yang dihosting sendiri untuk menyiapkan situs web podcast Anda.

WordPress dapat menginstal plugin terbaik, menyesuaikan desain situs Anda, dan yang paling penting menghasilkan uang tanpa batasan.

Nama domain adalah alamat situs web Anda di internet. Ini adalah apa yang orang ketik untuk masuk ke situs web Anda. Misalnya, google.com. Web hosting adalah rumah situs web Anda di internet. Di sinilah semua file dan gambar Anda disimpan.

Setiap situs web membutuhkan hosting web. Kami merekomendasikan menggunakan IDWEBHOSTCOM karena mereka adalah salah satu penyedia hosting yang direkomendasikan WordPress resmi, dan salah satu layanan hosting web terbesar di dunia.

Langkah 2. Memilih Peralatan Podcasting yang Tepat

Saat podcast Anda tumbuh, Anda akan belajar tentang alat-alat baru yang dapat digunakan untuk menghasilkan podcast berkualitas lebih tinggi. Namun sebagai pemula, alat paling penting yang Anda butuhkan adalah mikrofon yang baik. Jangan gunakan mikrofon internal komputer untuk merekam podcast karena kualitas suaranya kurang baik.

Ada 3 pilihan mic populer di kalangan podcasters diantaranya Samson C01U (USB), Rode Podcaster (USB), dan Heil PR-40 (koneksi XLR, bukan USB). Peralatan lain yang mungkin ingin Anda beli: headphone, lengan mik, shock mount, dan filter pop.

Langkah 3. Merencanakan Episode Podcast Pertama Anda

Anda perlu merencanakan episode podcast sebelum merekamnya. Ada beberapa keputusan penting yang perlu dipikirkan.

  1. Konten Episode
  2. Apa yang akan menjadi topik untuk beberapa episode pertama? Anda dapat merencanakan konten secara teratur, bekerja pada konten dengan membuat garis besar dan kemudian menggali rinciannya.
  3. Panjang Episode
  4. Cara buat podcast yang selanjutnya adalah dengan memastikan kisaran waktunya antara 20 menit hingga lebih dari satu jam. Durasi episode bergantung pada konten dan pemirsa Anda. Tidak ada aturan ketat tentang berapa panjang ideal untuk episode podcast yang bagus. Jika Anda memiliki konten yang bagus, maka jangan memotongnya agar sesuai dengan panjangnya. Demikian pula, jangan seret konten terlalu banyak sehingga Anda dapat mengisi panjang episode yang diinginkan.
  5. Media Pendukung
  6. Jangan lupakan musik intro, musik latar, atau suara lain yang mungkin ingin Anda tambahkan ke podcast untuk efek dramatis. Berikut adalah beberapa tempat di mana Anda dapat menemukan musik dan soundtrack bebas lisensi untuk digunakan dalam episode podcast Anda atau sebagai musik tema Anda. Tinjau dengan saksama persyaratan pemberian lisensi sebelum menggunakan trek apa pun di podcast Anda : Arsip musik gratis, Pustaka audio YouTube, dan Musik bursa gratis.
  7. Storyboard dan Scripting
  8. Anda tentu bisa mencatat hanya dengan melihat garis besar ide-ide. Anda harus benar-benar menuliskan naskah. Ini membantu Anda tetap fokus dan membuat Anda dapat terdengar lebih profesional dan siap. Anda masih dapat melanjutkan dan mengucapkan skrip selama perekaman, tetapi memiliki skrip yang sebenarnya membuat Anda tetap pada jalurnya dan menghasilkan konten berkualitas lebih baik. Setelah meluangkan waktu untuk merencanakan episode dan memberikan lebih banyak pemikiran untuk konten, sekarang saatnya untuk merekam podcast pertama Anda.

Langkah 4. Merekam Podcast Pertama Anda

Untuk merekam podcast, Anda memerlukan perangkat lunak perekaman audio. Perangkat lunak ini akan membantu merekam dan mengedit file audio Anda. Perangkat lunak perekaman podcast terbaik yang digunakan oleh sebagian besar podcaster adalah Audacity. Ini adalah perangkat lunak bebas, lintas platform, dan open source yang mampu merekam podcast profesional berkualitas studio.

Setelah menginstal Audacity, Anda perlu membukanya dan membuat proyek baru dari menu File. Untuk merekam suara Anda, cukup klik pada tombol rekam. Sekarang Anda bebas merekam podcast.

Jangan khawatir tentang waktu jeda, istirahat, atau gangguan apa pun yang mungkin Anda buat saat bercerita. Anda dapat mengedit rekaman sebanyak yang Anda mau. Anda juga dapat mengimpor file musik dari File » Impor dan mengaturnya sebagai musik latar belakang.

Setelah Anda merekam podcast, Anda perlu mengekspornya. Kebanyakan podcaster mengekspor file audio mereka dalam format MP3 karena itu menciptakan ukuran file yang lebih kecil dengan kualitas yang baik. Anda juga harus pintar menamai file podcast.

Ingat podcast adalah seri episodik, jadi akan lebih baik menggunakan praktik penamaan yang menggunakan episode atau nomor seri dalam nama file. Beberapa saran seperti WPB001.mp3 atau WPBep001.mp3. Simpan versi terakhir file podcast Anda ke folder terpisah di komputer.

Langkah 5. Mempublikasikan Podcast Anda dengan WordPress

Setelah Anda membuat beberapa episode, dan sudah puas dengan kualitasnya, sekarang saatnya mempelajari cara buat podcast di WordPress. Anda harus masuk ke area admin dari situs WordPress.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Blubrry PowerPress Podcasting. Setelah aktivasi, Anda akan melihat item menu PowerPress di menu admin WordPress.

Setup Blubrry di WordPress

Setelah di klik Anda akan dibawa ke halaman pengaturan plugin WordPress. Jika Anda menggunakan Blubrry untuk meng-host file podcast, maka Anda perlu mengklik tombol untuk mengkonfigurasi statistik Blubrry dan layanan hosting. Mengklik tombol akan memunculkan popup di mana Anda harus memasukkan email dan kata sandi akun hosting Blubrry Anda.

Akun Blubrry Hosting Setting Email dan Password

Selanjutnya, Anda perlu mengisi sisa informasi pada halaman pengaturan. Berikan judul untuk podcast Anda dan isi kolom iTunes. Bidang iTunes ini untuk deskripsi, kategori, subtitle, karya seni, dll akan digunakan dalam umpan RSS podcast, dan iTunes akan menggunakannya untuk menempatkan podcast Anda di direktori mereka. Jangan lupa klik tombol "Simpan Perubahan" untuk menyimpan pengaturan. Situs WordPress sekarang siap untuk menerbitkan podcast Anda.

Menghasilkan Uang dari Podcast Anda

Ini membutuhkan banyak waktu dan komitmen yang kuat untuk membuat podcast Anda sukses. Agar semuanya berkelanjutan dalam jangka panjang, Anda perlu mencari cara untuk memonetisasi podcast Anda. Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk menghasilkan uang dari podcast.

  • Sponsor langsung. Jika Anda berpikir bisnis akan mendapat manfaat dari mensponsori podcast Anda, jangan ragu untuk menghubungi mereka untuk menjadi sponsor.
  • Gunakan pemasaran afiliasi untuk merekomendasikan produk dan layanan pihak ketiga kepada audiens Anda.
  • Jual produk dan layanan Anda sendiri dengan menambahkan toko online ke situs web.
  • Minta pelanggan untuk mendukung podcast Anda dengan donasi. Anda cukup menambahkan formulir pembayaran di situs web Anda tempat pelanggan dapat memberikan sumbangan kecil. 
  • Buat episode lama hanya tersedia untuk anggota.

Semoga artikel cara buat podcast ini dapat membantu Anda memulai podcast dengan WordPress. Jangan lupa untuk memilih hosting terbaik seperti IDWEBHOSTCOM untuk mendukung podcast Anda berjalan dengan baik.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Buat Podcast di WordPress Dengan Mudah"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel