5 Alasan Kenapa Saya Masih Ngeblog

5 Alasan Kenapa Saya Masih Ngeblog

Blogging atau biasanya kita sebut dengan istilah ngeblog merupakan aktifitas seseorang yang menjalankan aktifitasnya sebagai penulis artikel untuk mengisi blognya.

Ngeblog memang bisa dilakukan oleh siapa saja, caranya juga gampang bahkan membuat blog itu gratis.

Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk membuat sebuah sebuah blog.

Dengan teknologi yang sudah canggih Anda bisa melakukan aktifitas blogging dimana saja dan kapan saja, baik menggunakan komputer, laptop, atau bahkan smartphone Anda.

Banyak sebagian orang yang menganggap bahwa aktifitas blogging ini mungkin tidak bermanfaat atau hanya buang-buang waktu saja.

Hal tersebut tentu tidak benar, karena setiap orang akan memiliki alasan tersendiri yang berbeda-beda mengapa saya memilih untuk ngeblog.

Pada artikel ini saya akan sedikit berbagi pengalaman atau awal mula pertama kali saya ngeblog dan beberapa alasan kenapa saya masih ngeblog sampai saat ini.

Awal Mula Saya Memulai Ngeblog

Ini merupakan cerita saya pribadi dan hanya akan di certikan secara singkat dan apabila memiliki pertanyaan silahkan menghubungi saya melalui halaman kontak blog ini.

Awal mula saya ngeblog itu pada tahun 2012, saat itu saya baru masuk SMK jurusan Multimedia dan bertepatan hari itu saya membuat sebuah blog.

Semester pertama kelas 7 yang saya pelajari adalah tentang perakitan dan installasi komputer, dan semua yang saya pelajari itu saya tulis di blog.

Kemudian semester kedua kelas 7 ada pelajaran tentang blog, di sini saya sedikit tenang karena sudah punya blog sendiri dan sudah banyak juga konten atau artikelnya.

Yang menariknya lagi yaitu karena insting seorang pemula saya banyakin widget-widget gak penting tapi sangat keren saat itu seperti widget musik, tulisan yang ngikutin kursor, terus efek hujan daun dan masih banyak lagi.

Karena dasar pembuatan blog nya sudah di ajarkan oleh guru, jadi temen-temen saya sudah bisa bikin blog sendiri tapi mereka belum bisa menambahkan efek atau widget seperti saya dan akhirnya saya ajarkan mereka juga untuk menambahkan widget di blognya.

Pada penilaian saya yang dapat nilai tertinggi, dan saat itu saya pakai template blogger gratis ini:

template blogger gratis

Kemudian di kelas 8 semester pertama, ada pembelajaran tentang pembuatan website menggunakan platform wordpress.

Di sini dalam satu kelas dibagi dua kelompok masing-masing kelompok ada 14 orang untuk patungan beli hosting, waktu itu kalau tidak salah patungan sekitar 20 ribu per orang.

Untungnya ada penyedia web hosting murah jadi bisa belajar membuat website juga pakai platform wordpress.

Karena saya yang dapat nilai tertinggi di kelas 7, akhirnya dipilih untuk jadi admin utama yang kelola cPanel dan domain utamanya.

Kemudian masing-masing siswa diberikan 1 subdomain untuk membuat websitenya masing-masing.

Dan pada akhirnya saya mendapatkan nilai tertinggi lagi dari seluruh angkatan kelas saat itu.

Itulah sedikit cerita mengenai saya, mengapa saya cenderung lebih menyukai pelajaran blog atau website di bandingkan pelajaran desain dan editing pada saat itu.

Mungkin basic saya ada di situ dan akhirnya sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan untuk mengelola websitenya.

5 Alasan Kenapa Saya Masih Ngeblog ?

Sebenarnya memang banyak alasan saya untuk tetap ngeblog, tapi inilah 5 alasan dasar saya untuk tetap ngeblog dari tahun 2012 hingga saat ini tahun 2019.

Gak kerasa ternyata sudah sekitar 7 tahun pengalaman saya ngeblog, sudah sekitar 3 kali saya mengganti blog dan ini adalah blog saya yang ke 4.

Saya harapkan blog ini bisa maju dan berkembang sehingga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Inilah 5 alasan kenapa kita harus ngeblog ?

1. Sebagai Sumber Penghasilan

Sebenarnya alasan utama saya ngeblog yaitu bukan karena penghasilan atau untuk mendapatkan uang, menurut saya penghasilan dari blog itu hanya nilai tambah dari apa yang sudah kita tulis atau yang kita bagikan di blog.

Tapi dari sekian banyak orang yang saya jumpai di forum-forum atau dari beberapa komentar blog, banyak sekali yang bertanya mengenai bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog.

Oleh karena itu poin pertama alasan ngeblog yaitu sebagai sumber penghasilan.

Perlu di ingat bahwa, siapapun bisa menghasilkan uang dari blog dan sumber penghasilan dari blog itu sangat banyak sekali, bukan hanya dari iklan adsense saja. Masih ada penyedia layanan iklan lainnya yang bisa Anda coba.

2. Hobi atau Gemar Menulis

Inilah alasan utama saya membuat blog, saya lebih suka mengetik atau menulis di blog.

Jadi, dari dulu memang saya suka mencari sebuah tutorial blog dan apabila tutorial tersebut berhasil di coba, maka akan saya tulis ulang di blog sendiri sambil mempraktekkannya.

Selain untuk mengigat apa saja yang pernah saya buat, menulis di blog juga bertujuan untuk mengasah skill dalam merangkai sebuah kata-kata yang menarik untuk di baca.

3. Sebagai Media Berbagi Ilmu Pengetahuan

Seperti yang sudah saya katakan pada poin nomor dua, apapun yang pernah saya coba, akan saya tulis ulang di blog.

Tujuan saya untuk berbagi ilmu pengetahuan tantang apa saja yang sudah pernah saya lakukkan.

Apabila dibandingkan dengan menulis di buku atau menulis tangan di selembaran kertas, saya memang lebih suka menulis atau mengetik di komputer dan dibagikan di blog. Oleh sebab itu, blogger ini menjadi sarana atau media yang tepat untuk berbagi ilmu.

4. Sebagai Media Untuk Promosi Produk dan Jasa

Tidak hanya saya, mungkin ada di antara teman-teman yang sedang membaca artikel ini.

Blog memang tidak hanya bisa digunakan sebagai media untuk menulis, curhat, atau menulis diary saja.

Blog juga dapat dijadikan sebagai media untuk mempromosikan produk dan jasa yang Anda miliki.

Saya sendiri pun melakukan hal ini.

Apalagi blogger ini gratis tidak perlu mengeluarkan biaya, jadi sebaiknya kita manfaatkan peluang ini dengan semaksimal mungkin.

5. Untuk Mengisi Waktu Luang

Alasan saya ngeblog waktu itu memang sedang memiliki banyak waktu luang, oleh karena itu saya putuskan untuk membuat sebuah blog dan akhirnya terus-menerus sampai saat ini.

Tapi, saat ini memang saya tidak memiliki banyak waktu luang. Karena sudah memiliki kegiatan lain yang perlu dilakukan.

Oleh sebab itu, apabila Anda memiliki banyak waktu luang gunakanlah sebaik mungkin, carilah aktifitas yang menurut Anda positif dan bisa bermanfaat untuk Anda sendiri maupun orang lain.

Kesimpulan

Ngeblog merupakan aktifitas yang sering saya lakukan untuk mengisi waktu luang dan untuk berbagi informasi maupun pengalaman saya pribadi.

Membuat blog tentu mudah dan gratis dengan platform blogger, apabila ingin terlihat profesional maka gunakanlah domain pribadi.

Tetapi apabila Anda memiliki biaya lebih maka cobalah beli hosting murah untuk membuat blog dengan platform wordpress karena lebih banyak fiturnya dibandingkan dengan blogger.

Saya harap alasan di atas dapat memperkuat opini Anda untuk membuat sebuah blog yang Anda inginkan.

Jangan di tunggu-tunggu, lebih baik mulai dari sekarang.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

1 Komentar untuk "5 Alasan Kenapa Saya Masih Ngeblog"

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel