Tips Memilih Hosting yang Tepat untuk Website Anda

Tips Memilih Hosting yang Tepat untuk Website Anda

Hosting merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai membangun sebuah website.

Kenapa begitu penting ?

Ya, hosting merupakan wadah atau tempat untuk menyimpan semua data-data website Anda, oleh karena itu sebelum mencari hosting terbaik silahkan simak beberapa tips ini yang akan membantu Anda untuk memilih hosting terbaik.

Namun perlu Anda ketahui bahwa, meski situs ini masih menggunakan platform Blogger yang artinya masih di hosting dari google, bukan berarti saya tidak memahami masalah hosting.

Saya bekerja di salah satu perusahaan dan telah mencoba menggunakan beberapa hosting dari Indonesia maupun hosting dari luar negeri.

Sehingga saya akan membagikan tips ini sesuai dengan pengalaman saya, agar Anda dapat memilih hosting yang cocok untuk website Anda.

Analisa Kebutuhan Website Anda

Ada dua pendapat yang ingin saya sampaikan kepada kalian:

Pertama, untuk website baru.

Kedua, untuk website yang sudah ada.

Lalu, apa saja yang perlu di analisa agar sesuai dengan kebutuhan Anda ?

1. Jenis Website

Apakah website yang akan Anda bangun merupakan website biasa seperti blog, profil perusahaan atau website e-commerce ? Hal ini tentu perlu diperhatikan karena masing-masing jenis website memiliki kebutuhan yang berbeda.

2. Jumlah Pengunjung

Untuk website yang masih baru mungkin jumlah trafik atau pengunjung website Anda masih sedikit dan tentu nya tidak akan bermasalah apabila masih menggunakan hosting yang biasa saja. Tetapi apabila Anda sudah memiliki website dengan jumlah trafik atau pengunjung website yang tinggi lebih baik menggunakan hosting dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

3. Fitur Website

Website yang memiliki banyak fitur tentu akan membutuhkan kinerja server yang lebih tinggi, oleh sebab itu Anda juga perlu menggunakan hosting yang dapat mendukung fitur-fitur yang ada di website Anda.

4. Dukungan Teknis Provider Hosting

Dari beberapa provider hosting yang pernah saya coba baik itu hosting Indonesia maupun hosting dari luar negeri, pernah mengalami gangguan teknis hal ini tentu hanya dapat diperbaiki oleh penyedia hostingnya secara langsung. Maka, sangat penting untuk kita perhatikan setiap tim support dari penyedia layanan hosting yang Anda inginkan.

5. Harga Hosting

Masalah harga merupakan faktor yang tidak dapat kita lewatkan. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin pertama yaitu jenis website apa yang akan kita buat. Tentu akan berbeda kebutuhannya antara website profil perusahaan dan website e-commerce. Selain itu juga, apabila Anda baru membuat website tentu dapat mencoba nya dengan hosting yang memiliki harga murah, sedangkan apabila Anda sudah memiliki website dan jumlah pengunjung yang banyak silahkan gunakan hosting yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari sebelumnya.

Faktor Penting Memilih Hosting Untuk Website Anda

Ada beberapa faktor utama yang sangat penting untuk diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Bandwidth

Bandwidth menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan saat memilih hosting, apabila bandwidth situs Anda penuh maka website Anda tidak dapat di akses.

Oleh karena itu cari penyedia hosting yang memberikan bandwidth lebih besar atau bahkan unlimited sehingga website Anda akan selalu dapat di akses kapan pun.

Sudah ada beberapa penyedia web hosting indonesia berkualitas yang memberikan layanan unlimited bandwidth.

2. Disk Space

Disk space atau tempat penyimpanan hosting menjadi faktor kedua yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting untuk website Anda.

Pada dasarnya beberapa platform website misalnya wordpress memang tidak membutuhkan disk yang cukup besar.

Katakan saja misalnya dengan 250 MB juga Anda sudah bisa membuat website termasuk dengan tema / template yang digunakan.

Namun yang jadi masalahnya adalah ketika Anda memiliki disk space yang kecil artinya Anda hanya akan dapat mengupload file-file ukuran yang kecil untuk menghemat disk Anda.

Ini menjadi pertanyaan kembali untuk Anda, apa jenis website yang akan Anda bangun ? misalnya profil perusahaan saya kira cukup hanya dengan disk space 1 GB atau 2 GB.

Namun akan beda apabila jenis website Anda adalah e-commerce yang harus memasukkan gambar produk ratusan hingga ribuan sehingga memerlukan jumlah tempat penyimpanan yang lebih banyak lagi.

Sudah banyak di Indonesia provider hosting yang memberikan layanan hosting unlimited disk space.

3. Addon Domain

Add on domain dapat diartikan sebagai banyaknya domain dalam satu hosting.

Ini menjadi poin plus bagi Anda yang sedang mencari hosting yang tepat untuk website Anda.

Apabila penyedia hosting memberikan Addon Domain lebih dari satu, maka Anda dapat membuat webstie lain dengan menggunakan satu hosting saja.

Tentu ini akan lebih menghemat biaya Anda dalam membuat website.

4. Akun Email

Apabila website Anda dibangun untuk dikelola sendiri tanpa ada tim atau tujuan lain dan hanya menggunakan satu email saja maka Anda tidak perlu mementingkan poin ini.

Namun, saya rasa bahwa email dengan nama domain sendiri itu terlihat lebih kece dan keren sehingga lebih baik carilah hosting yang memberikan minimal 5 atau 10 akun email dalam satu hosting.

5. Gratis SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan sertifikat kemanan untuk website Anda sehingga pengunjung website Anda akan lebih nyaman dan aman ketika mengakses situs Anda.

Di tahun 2019 ini menurut saya WAJIB bagi Anda yang ingin membangun sebuah website untuk menggunakan sertifikat SSL, baik yang gratis maupun yang premium.

6. Gratis Domain

Cari penyedia hosting yang memberikan gratis domain saat membeli paket hosting, biasanya ada yang memberikan gratis domain untuk tahun pertama ada juga yang memberikan gratis domain selamanya (mengikuti masa kontrak hosting).

Apabila tidak ada gratis domain dalam pembelian hosting juga tidak masalah karena sudah banyak promo domain indonesia yang bisa Anda dapatkan.

Kesimpulan

Tips memilih hosting yang tepat adalah dengan menganalisa kebutuhan website Anda seperti apa, dan yang perlu Anda ketahui adalah jenis website seperti apa yang akan Anda bangun.

Kemudian setelah itu baru lah Anda dapat memperhatikan faktor-faktor penting yang dibutuhkan dalam sebuah hosting agar menciptakan website yang optimal dianataranya yaitu bandwidth dan disk space agar website Anda dapat di akses kapan saja dan memiliki lebih banyak konten di dalamnya.

Itulah tips memilih hosting yang tepat untuk website Anda, semoga dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan hosting yang terbaik menurut Anda.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Hosting yang Tepat untuk Website Anda"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel