Tips Setelah Membeli Domain dan Hosting

Tips Setelah Membeli Domain dan Hosting

Bagi kalian yang masih pemula dan baru akan membuat sebuah website mungkin masih bingung dan punya banyak pertanyaan misalnya "apa yang perlu dilakukan setelah membeli domain dan hosting ?"

Itu merupakan hal yang wajar, sebagian dari kita juga pasti pernah mengalami hal seperti ini. Namun disini saya akan berbagi sedikit pengalaman dalam melakukan persiapan ketika akan memulai membuat sebuah website.

Oleh karena itu, bagi Anda yang baru ingin membuat website silahkan untuk membaca artikel ini hingga selesai karena dapat membantu Anda untuk mempermudah dalam melakukan pembuatan website.

Hal yang paling utama dalam membuat website adalah domain dan hosting, keduanya memiliki peranan yang sangat penting agar website Anda bisa diakses secara online oleh seluruh pengguna internet.

Nama domain bisa berfungsi sebagai alamat website Anda, sehingga seseorang dapat dengan mudah menemukan website Anda. Selain itu, nama domain ini tidak boleh sama dengan nama domain yang lainnya yang sudah terdaftar atau yang sudah digunakan oleh orang lain.

Apabila kamu masih belum memiliki domain silahkan untuk cek domain murah yang ingin Anda miliki, apabila domain yang Anda inginkan masih tersedia saya sarankan untuk membelinya langsung.

Sedangkan hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua data website Anda. Sehingga Anda perlu mencari tempat sewa hosting murah yang berkualitas agar data website Anda tetap aman.

Itulah sedikit penjelasan mengenai domain dan hosting sebagai peranan penting dalam pembuatan website. Apabila Anda sudah memiliki domain dan hosting, silahkan untuk membaca beberapa tips yang perlu Anda lakukan setelah membeli domain dan hosting :

1. Periksa Email Anda

Setelah melakukan pemesanan domain dan hosting, Anda perlu mengecek email yang Anda gunakan saat mendaftar di penyedia layanan domain dan hosting.

Biasanya Anda akan menemukan informasi tentang akun yang dapat Anda gunakan untuk mengelola domain dan hosting Anda, silahkan catat beberapa informasi penting mengenai akun tersebut seperti username, email dan password.

Oh iya, sebagai catatan penting dari saya usahakan Anda selalu membuka email yang Anda gunakan pada saat pendaftaran domain dan hosting, biasanya Anda akan menerima beberapa informasi penting terutama ketika domain dan hosting Anda menjelang expired atau masa sewa domain dan hosting akan habis.

Apabila Anda menerima email bahwa domain dan hosting yang Anda gunakan akan segera habis, silahkan lakukan perpanjangan domain dan hosting agar website Anda bisa berjalan dengan baik.

2. Login ke Client Area

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Anda akan menemukan informasi untuk login ke client area di email Anda, atau apabila Anda masih ingat mungkin untuk masuk ke client area akan sama dengan informasi yang Anda masukkan ketika melakukan pendaftaran di layanan provider domain dan hosting yang Anda gunakan.

Mungkin Anda masih bingung "apa itu client area ?" client area atau bisa kita sebut sebagai area klien yaitu tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengelola nama domain maupun layanan hosting Anda.


Biasanya, setiap orang yang membeli domain atau hosting di provider mana saja akan mendapatkan akses ke area klien.


Dari area klien ini Anda dapat mengubah beberapa informasi akun, dan bisa digunakan untuk mengelola domain dan hosting Anda.


3. Login ke cPanel

Setelah memeriksa email dan mendapatkan informasi akun, Anda wajib membuka akun cPanel hosting.

Sebagian dari kita termasuk saya sendiri pernah berpikir "apa itu cpanel ?" karena memang belum paham dan belum mengetahui tentang cpanel pada saat itu. Secara singkat, cPanel merupakan tempat untuk mengelola file website Anda.

Di cPanel Anda bisa menambahkan atau menghapus file, mengatur database, menambahkan domain dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan.


4. Tambahkan Domain ke cPanel

Setelah Anda berhasil masuk ke cPanel maka Anda akan melihat beberapa menu yang tersedia disana, cobalah untuk mencari menu "Domains" setelah ketemu silahkan klik pada bagian "Addon Domains".


Setelah berhasil menambahkan domain ke cpanel jangan lupa untuk mengatur nameserver domain Anda dari client area. Pastikan nameserver domain mengarah ke nameserver hosting Anda.


Dalam beberapa kasus ada yang pernah membeli domain dan hosting di provider yang berbeda, sehingga Anda perlu mengatur nameserver hosting agar bisa disesuaikan. Apabila Anda tidak mengetahui nameserver hosting Anda, lebih baik saya sarankan untuk meminta bantuan langsung dari penyedia hosting website Anda.

5. Terbitkan Website Anda

Agar website Anda dapat online dan bisa diakses melalui internet, maka Anda perlu menginstal CMS (Content Management System) melalui cPanel, CMS yang paling banyak digunakan saat ini yaitu WordPress.


Perlu Anda ketahui CMS memiliki fungsinya masing-masing ada yang khusus untuk website online shop atau e-commerce misalnya Magento dan Prestashop, sedangkan WordPress untuk website seperti company profile, blog, portofolio dan lainnya.


Silahkan pilih salah satu CMS yang ingin Anda gunakan, jika sudah silahkan install dari cPanel Anda. Setelah berhasil di install Anda akan diberikan informasi mengenai halaman login ke website Anda termasuk username dan passwordnya.


Silahkan catat data-data tersebut, dan mulailah untuk mengelola website Anda.

Kesimpulan

Setelah membeli domain dan hosting masih banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat website, diantaranya yaitu ke lima tips di atas yang bisa membantu Anda untuk mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan setelah membeli domain dan hosting.

Jangan khawatir apabila Anda menemukan kendala saat membuat website khususnya dalam pengelolaan cPanel, mintalah penyedia hosting website Anda untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.

Sebagai catatan tambahan, saya lebih menyarankan Anda jika yang masih pemula dan baru ingin membuat website lebih baik gunakan platform WordPress karena selain lebih populer Anda juga dapat menemukan berbagai solusi apabila Anda mengalami masalah pada saat membuat website.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

0 Response to "Tips Setelah Membeli Domain dan Hosting"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel