Cara Mudah Membuat Website Portofolio

Ada berbagai jenis website yang ada di internet saat ini, baik itu website e-commerce, company profile, blog maupun portofolio yang memiliki fungsinya masing-masing.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang website portofolio yang tentunya wajib dimiliki oleh seorang freelancer saat ini.

Tentunya dengan memiliki website portofolio sendiri maka setidaknya pelanggan atau customer memiliki kepercayaan kepada Anda.

Selain itu, pelanggan atau customer Anda akan lebih mudah dan paham bagaimana cara kerja dan apa saja yang dapat dihasilkan dari Anda.

Oleh karena itu akan lebih baik apabila Anda memiliki website portofolio sendiri khususnya untuk para freelancer.

Cara Mudah Membuat Website Portofolio

Apa itu website Portofolio ?

Website portofolio adalah website yang digunakan dengan tujuan untuk mempromosikan diri atau perusahaan atas apa yang pernah atau yang bisa mereka lakukan. Contohnya apabila Anda seorang photografer, maka hasil foto yang pernah Anda ambil dapat dipublikasikan pada website portofolio milik Anda agar orang lain dapat mengetahui hasil karya milik Anda.

Seberapa Penting Website Portofolio untuk Freelancer ?

Bagi Anda yang memang seorang Freelancer full time mungkin akan lebih baik apabila memiliki website portofolio sendiri karena ini dapat membangun sebuah kepercayaan pelanggan untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Sedangkan apabila Anda seorang Freelancer part time mungkin website portofolio menjadi opsi tambahan saja, karena memang untuk saat ini sudah ada banyak platform yang dikhususkan untuk para Freelancer.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat website Portofolio ?

1. Hosting
Hosting merupakan tempat untuk menyimpan file website Anda sehingga ini wajib Anda miliki, ada banyak jenis hosting yang bisa Anda pilih. Untuk website portofolio silahkan gunakan hosting unlimited indonesia karena kapasitas penyimpanan tidak dibatasi sehingga sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan kapasitas penyimpanan di website yang lebih besar.

2. Domain
Domain merupakan alamat website yang unik dan tidak boleh sama dengan yang lain, untuk membuka website orang lain harus menulis nama domain Anda di browser mereka. Silahkan gunakan nama domain yang menarik dan sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan. Nama domain juga merupakan bagian penting yang wajib dipersiapkan.

3. Theme
Theme atau template merupakan tampilan website Anda yang dapat dilihat oleh setiap orang yang mengujungi website Anda. Oleh karena itu gunakanlah template website yang menarik dan sesuai dengan jasa yang Anda tawarkan. Template website biasanya ada dua versi pertama versi free atau gratis dan kedua versi permium atau berbayar, saya sarankan untuk menggunakan versi premium, tapi untuk theme ini merupakan pilihan opsional untuk Anda jadi tidak begitu wajib.

4. Konten
Konten merupakan bagian penting yang ada pada website Anda, setidaknya untuk membuat website portofolio Anda harus sudah mempersiapkan apa saja yang akan ditampilkan di website Anda. Oleh karena itu konten harus sudah ada sebelum merencanakan membuat website, karena tanpa konten orang lain tidak akan tertarik dengan website Anda.

Bagaimana Cara Membuat Website Portofolio ?

Setelah Anda mempersiapkan beberapa kebutuhan sebelum membuat website, sekarang saatnya untuk membuat website portofolio milik Anda sendiri.
1. Masuk ke cPanel Hosting
Pastikan Anda telah memiliki hosting apabila belum silahkan beli hosting wordpress terlebih dahulu, setelah itu silahkan periksa alamat email Anda untuk melihat informasi login ke akun cPanel hosting Anda.

2. Tambahkan domain ke cPanel Hosting
Setelah berhasil masuk ke cPanel silahkan cari menu Domains lalu klik Addon domains > tulis nama domain Anda > klik Add Domain.

addon domains


3. Install CMS WordPress
Setelah berhasil menambahkan domain, sekarang kita install CMS (Content Management System) WordPress. Kenapa menggunakan WordPress ? karena wordpress merupakan CMS yang paling populer saat ini sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk membuat website portofolio.

Pada tahap ini mungkin akan sedikit berbeda, saya sarankan apabila Anda bingung pada tahap ini silahkan hubungi provider hosting Anda untuk meminta bantuan atau bimbingan saat menginstall wordpress pada domain Anda.

Disini saya menggunakan Softaculous untuk menginstall wordpress, silahkan cari menu Softaculous App Installer > lalu klik pada WordPress.

softaculous app installer


4. Login ke Website
Apabila sudah berhasil menginstall WordPress, silahkan masuk ke website Anda menggunakan username dan password yang sudah Anda tentukan saat menginstall WordPress. Silahkan buka nama domain Anda di browser lalu tambahkan akhiran /wp-admin/ pada nama domain Anda, contohnya caramanual.com/wp-admin/ ini merupakan admin login pada umumnya.

wordpress login


5. Install Theme / Template
Setelah berhasil masuk ke dashboard admin wordpress silahkan install template website Anda, klik pada menu Appearance > Themes > Add New Theme. Apabila Anda memiliki template premium atau versi berbayar silahkan upload template Anda dengan cara mengklik Upload Theme di bagian atas halaman tersebut.

6. Mulailah mempublikasikan konten Anda
Sekarang website Anda sudah siap di publikasikan, silahkan isi website Anda dengan konten yang unik dan menarik. Anda bisa menambahkan portofolio pada menu Posts dan Pages, atau dalam beberapa template mungkin Anda bisa menemukan menu Portofolio ini berarti template tersebut memang sudah dirancang khusus untuk membuat sebuah website portofolio.

portofolio wordpress


Kesimpulan

Menurut saya apabila Anda seorang freelancer yang bekerja full time maka sangat wajib untuk membuat website portofolio, selain untuk mempromosikan diri tentu dengan adanya website portofolio sendiri akan lebih dipercayai oleh banyak orang.

Sedangkan apabila Anda seorang freelancer yang bekerja paruh waktu atau part time hal ini menjadi pilihan opsional, tapi akan lebih baik apabila memiliki website porto folio sendiri.

Oh iya, apabila Anda memang tidak bisa membuat website atau mungkin tidak ada waktu untuk membuatnya sendiri, silahkan hubungi provider penyedia layanan hosting yang Anda pilih biasanya mereka menyediakan juga jasa pembuatan website sehingga akan lebih menghemat waktu Anda.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

0 Response to "Cara Mudah Membuat Website Portofolio"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel