Apa itu Penulis Freelance? Pengertian dan Cara Menjadi Penulis Freelance

jasa penulisan artikel

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan istilah penulis freelance. Bebebrapa tahun belakangan ini pekerjaan sebagai penulis freelance memang banyak dibuka oleh jasa penulisan artikel, bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Tak ayal kemudian semakin banyak yang penasaran dan ingin mencoba peruntungan di bidang ini.
Kendati demikian, ternyata masih ada saja yang merasa segan untuk memulai, alasannya karena masih tak memiliki informasi yang cukup mengenai bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk menjadi penulis freelance. Apakah Anda salah satunya? Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pengertian penulis freelance.

Apa itu penulis freelance?

Menurut jawarakonten.com, penulis freelance dikenal juga dengan sebutan penulis lepas. Seperti namanya, penulis freelance merupakan bidang kerja yang sifatnya lepas, dan tidak terikat kontrak. Perjanjian kerja yang dimiliki berdasar pada proyek yang dikerjakan dari jasa penulisan artikel, bukan berdasarkan waktu layaknya di perusahaan pada umumnya.

Namun bukan berarti seorang freelance bisa bebas menjalankan pekerjaan seenaknya ya, sebab semuanya tetap diselesaikan dengan professional dan sesuai standar.

Klien dari penulis freelance sangat beragam, mulai dari jasa penulisan artikel, proyek personal, organisasi, hingga perusahaan besar. Dan selama bisa ditangani dengan profesional, penulis freelance bisa mengambil proyek dari beberapa klien yang berbeda sekaligus, untuk dikerjakan dalam kurun waktu yang sama.

Selain lepas dalam masalah kontrak dan pemilihan proyek, penulis freelance juga lepas dari keharusan masuk kantor. Semua proyek bisa dikerjakan dari manapun, dan kapanpun. Dengan catatan penyelesaian harus tetap pada waktunya.

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Freelance?

Apa saja cara yang bisa Anda coba untuk mulai berkarir di bidang ini.Berikut adalah cara menjadi penulis freelance bagi pemula.

1. Belajar menulis

Bagaimana mungkin bisa mulai menjadi penulis, jika Anda tak mengetahui bagaimana caranya menulis? Karenanya, langkah paling awal untuk menjadi penulis freelance adalah belajar menulis. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama pelajarilah jenis-jenis tulisan, mulai dari tulisan populer, tulisan ilmiah, tulisan berita atau jurnalistik, tulisan personal di blog, dan pastinya tulisan formal milik perusahaan dan pemerintah.

Yang kedua, biasakan diri untuk menulis tentang berbagai topik. Kesehatan, gaya hidup, kecantikan, olahraga, kuliner, wisata, properti, bahkan untuk tema marketing dan soft selling sekalipun. Ini berguna untuk menambah inspirasi dan kepekaan Anda dalam menulis.

2. Membiasakan menulis

Menjadi penulis bukanlah hal yang bergantung pada gelar atau jurusan kuliah tertentu, melainkan sangat ditentukan dari komitmen dan latihan rutin. Jika Anda ingin menjadi seorang penulis freelance, maka harus siap untuk komitmen dalam menulis. Membiasakan menulis adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan, untuk terus meningkatkan kemampuan menulis yang Anda miliki.

Terbiasa menulis akan membuat Anda lebih tangkas dalam menyelesaikan proyek dari jasa penulisan artikel dengan berbagai tema. Sebagai tips tambahan, jangan menganggap menulis sebagai sebuah beban, sebab jika begitu Anda tak akan pernah merasa terbiasa.

Jadikanlah menulis sebagai kegiatan rutin yang menyenangkan, sehingga selain menambah kemampuan, Anda juga bisa banyak belajar hal-hal baru.

3. Mulai mencari klien

Menjadi penulis freelance yang professional itu membutuhkan portofolio kerja, agar dapat meyakinkan klien bahwa Anda memang cocok dengan kriteria penulis yang dibutuhkan. Nah, portofolio ini hanya bisa didapatkan ketika Anda sudah mulai menggarap proyek menulis. Karena itu langkah kedua setelah belajar menulis adalah segera mencari klien atau lowongan pekerjaan pada jasa penulisan artikel.

Saat ini sudah tersedia banyak situs freelance yang menyediakan wadah bagi para pekerja lepas untuk menawarkan skill yang dimiliki. Anda bisa mendaftar dan menjcari proyek di sini. Bisa juga dengan menggunakan platform pencarian kerja, dengan kata kunci jasa penulisan artikel ataupun penulis konten.

4. Ikut komunitas

Ikut dalam komunitas menulis memberikan Anda tiga manfaat. Pertama, Anda menemukan tempat yang tepat untuk mengasah dan memperbaharui kemampuan menulis Anda. Kedua, komunitas ini akan memberikan Anda beragam koneksi baru, sehingga bisa menambah lingkar pertemanan sesama rekan menulis. Ketiga, Anda bisa mendapatkan banyak referensi dan rekomendasi proyek menulis.

5. Membuat situs sendiri

Ada banyak jalan menjadi penulis freelance, salah satunya dengan memulai membuat media menulis sendiri. Ada banyak platform digital yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari blog, lalu sosial media, kemudian aplikasi-aplikasi menulis novel dan cerita. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai bentuk lain dari portofolio menulis.

Beberapa calon klien biasanya ada yang meminta hasil karya yang pernah terpublikasi secara online. Dengan memulai tulisan Anda di platform digital, berarti Anda sudah memiliki amunisi yang baik untuk proyek menulis selanjutnya.

Menjadi seorang penulis freelance bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan penuh waktu, pun paruh waktu. Ada juga yang menjadikannya sebagai penyalur hobi dan pengisi aktu luang dengan bekerja di jasa penulisan artikel. Apapun tujuannya, pekerjaan sebagai penulis freelance tetap dilaksanakan dengan professional. Agar tulisan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan klien dan pastinya berkualitas baik.

Bagaimana? Sudah siap memulai debut sebagai penulis freelance?
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

0 Response to "Apa itu Penulis Freelance? Pengertian dan Cara Menjadi Penulis Freelance"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel