Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal Semua Operator

cara mengatasi registrasi kartu sim card yang gagal untuk semua operator

Apakah Anda sedang mengalami kesulitan saat registrasi kartu SIM (SIM Card) yang baru? Padahal data yang dimasukkan seperti NIK dan nomor KK sudah benar. Di sini saya akan membagikan sebuah pengalaman ketika kesulitan mendaftarkan atau registrasi kartu baru untuk kartu prabayar Telkomsel.

Namun, ini tidak mengarah kepada satu operator saja, melainkan berlaku untuk semua operator seperti Indosat, XL, Tri, Axis, Smartfren, dan provider kartu sim lainnya yang ada di Indonesia.

Sedikit cerita pengalaman pribadi saya.

Awalnya saya beli nomor cantik dari online shop, kondisi kartu sudah dalam masa tenggang. Lalu saya isi pulsa untuk memperpanjang masa aktifnya.

Setelah itu saya coba registrasikan atau melakukan pendaftaran kartu yang memang wajib dilakukan agar kartu sim dapat digunakan karena pendaftaran kartu sim card ini memang wajib sifatnya.

Karena saya menggunakan kartu simPATI maka untuk registrasinya dengan menggunakan format:

REG(spasi)NO NIK#NO KK#

Contoh: REG 3200123456789001#3200098765432101#

Lalu kirim ke nomor 4444.

Atau,

Hubungi *444# > Pilih Registrasi > Masukan nomor NIK > Masukan nomor KK

Kedua cara di atas telah saya lakukan, namun tetap saja registrasi kartu sim gagal tanpa ada notif atau pemberitahuan apa pun.

Setelah beberapa jam kemudian karena tidak ada notif gagal atau apa pun, akhirnya saya coba hubungi call center telkomsel di 188.

Oh iya, ketika telepon 188 itu gratis ya. Tapi, kalau kamu ngomong sama operator baru akan dikenakan tarif sekitar Rp. 300 saja.

Kemudian saya jelaskan ke customer service via telepon bahwa saya kesulitan registrasi kartu sim dan menjelaskan tidak ada respon atau notif apa pun. Lalu customer servicenya bilang bahwa registrasi masing 'pending'.

Karena bilangnya pending, akhirnya saya tunggu lagi deh sampai minggu depan dan coba registrasi lagi kartu simnya. Namun hasilnya tetap sama, saat daftar tidak ada notif gagal ataupun berhasil.

Lalu saya hubungi lagi customer service Telkomsel, dan jawabannya pun masih sama yaitu proses registrasi masih pending statusnya, dan di suruh coba lagi nanti.

Karena penasaran masa bisa sampai lama gitu pendingnya, akhirnya saya coba untuk beli kartu sim baru lagi.

Hmm, entah kenapa dengan percayanya kartu sim baru ini kalau di daftarkan akan langsung berhasil. Tapi ternyata, kartu sim yang baru di beli juga masih sama tidak bisa di registrasi juga.

Dan akhirnya saya pikir buat daftar pakai hp lain. Ternyata bisa ketika saya coba daftar menggunakan hp yang berbeda.

Kesimpulan dari cerita saya di atas sih, untuk mengatasi masalah registrasi kartu sim yang susah yaitu pakai hp atau smartphone yang lainnya.

Tapi mungkin beberapa cara di bawah ini juga dapat kamu coba untuk mengatasi masalah gagal ketika registrasi kartu sim baru.


Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM yang Gagal

Gagal ketika registrasi kartu sim bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya sebagai berikut:

  • Salah ketik nomor NIK
  • Salah ketik nomor KK
  • Nomor NIK sudah digunakan lebih dari 3 nomor
  • Sudah coba daftar berkali-kali dalam sehari

Lalu bagaimana untuk mengatasi registrasi kartu SIM yang gagal terus bahkan tidak ada notif atau pesan apa pun bahwa pendaftaran gagal atau berhasil. Berikut cara mengatasinya:


1. Pastikan Format Registrasi Kartu Sim Sudah Benar

Perlu Anda ketahui bahwa setiap provider kartu memiliki format registrasi kartu yang berbeda-beda. Berikut format registrasi kartu sim yang benar:

Telkomsel

REG<spasi>NIK#Nomor KK#

XL

DAFTAR#NIK#Nomor KK

Indosat

NIK#Nomor KK#

Tri

NIK#Nomor KK
 

2. Pastikan Nomor KK dan NIK Sudah Benar

Lalu periksa kembali apakah nomor KK dan nomor NIK Anda sudah benar? Jika yakin sudah benar dan tidak salah, namun tetap masih gagal. Kemungkinan Anda harus melakukan konfirmasi ke dukcapil setempat. Karena sebagian orang mengalami hal ini, dan memang kartu keluarga mereka harus di update terlebih dahulu.

3. Pastikan Status Nomor Masih Aktif

Pastikan nomor dalam keadaan aktif atau minimal masih memasuki masa tenggang. Jika begini maka Anda perlu melakukan isi ulang pulsa. Saran saya cukup isi 5rb saja, lalu jika sudah berhasil maka silahkan isi dengan nominal yang Anda butuhkan.

4. Jika Sudah Registrasi dan Gagal, Jangan Langsung Daftar Lagi

Jika sudah mencoba daftar lalu gagal, entah itu karena nomor kartu keluarga salah atau salah ketik nomor NIK, alangkah baiknya jangan langsung daftar lagi. Tunggu beberapa menit atau bahkan beberapa jam untuk coba daftar lagi.

5. Ulangi Registrasi Maksimal 5 Kali Sehari

Anda hanya bisa mencoba registrasi kartu sebanyak 5 kali dalam satu hari, apabila sudah melebihi batasnya silahkan ulangi lagi besok selama 24 jam atau setelah jam 00.00.

6. Daftar Menggunakan SmartPhone Lain

Ini dia solusi terakhir yang berhasil saya coba. Setelah melakukan registrasi kartu sim ternyata tidak ada respon atau notifikasi apa pun mau itu gagal atau berhasil, akhirnya saya mencoba untuk mendaftarkan kartu sim tersebut di hp atau smartphone yang lain dan akhirnya muncul notif bahwa registrasi gagal karena sudah 5 kali mencoba. Tapi besok saya coba lagi di hp tersebut dan akhirnya bisa, registrasi kartu sim pun berhasil.

7. Datangi Gerai Operator Seluler

Jika semua cara di atas tidak bisa, maka solusi terakhir yaitu Anda perlu mendatangi langsung gerai operator seluler yang Anda gunakan. Dengan syarat membawa KTP dan KK asli, apabila nomor yang ingin Anda daftarkan bukan untuk Anda maka harus ada surat kuasa dilengkapi dengan materai 6.000 dan tanda tangan serta harus satu kartu keluarga yang sama.

Itulah cara mengatasi registrasi kartu sim yang selalu gagal untuk semua operator, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada yang mengalami hal yang sama, atau memiliki pengalaman kesulitan saat registrasi kartu sim silahkan berdiskusi melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal Semua Operator"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel