Tips Meningkatkan Traffic Website dengan Giveaway Event

Harga Hosting Murah dan Cepat untuk Website

Saat ini ada banyak pilihan harga hosting murah dan cepat untuk website. Meski begitu, hal tersebut belumlah cukup agar website Anda punya banyak traffic atau pengunjung. Namun jangan khawatir, karena kami punya solusi untuk permasalahan tersebut.

Salah satu solusi yang bisa memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan mengadakan program giveaway event. Program tersebut terbukti mampu meningkatkan engagement dan visibilitas bisnis Anda.

tips meningkatkan traffik website dengan program giveaway


Kenapa Harus Memilih Program Giveaway?

Umumnya program giveaway ini diadakan di Instagram, Facebook, hingga Youtube. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagus untuk blog maupun website.

Bagi yang sudah mendapatkan promo domain dan hosting, Anda bisa membuatnya menjadi website. Lalu mengadakan giveaway untuk mempromosikannya. Pasalnya program ini punya banyak kelebihan sebagai berikut:

1. Disukai Banyak Orang

Tidak ada orang yang tidak suka mendapatkan hadiah. Terutama jika hadiah didapatkan melalui persyaratan yang ringan. Itulah kenapa, giveaway sangat disukai.

Semakin bernilai hadiah yang Anda tawarkan, maka semakin banyak orang yang mengikutinya. Dengan begitu, semakin mudah juga website Anda dikenal oleh banyak orang.

2. Mudah Diproses

Membuat program giveaway tergolong cukup mudah. Anda tinggal mempersiapkan persyaratan dan hadiahnya saja. Buatlah persyaratan yang ringan dan mudah diikuti oleh setiap orang.

3. Memiliki Banyak Benefit

Selain bagus untuk meningkatkan visitor, giveaway juga bagus untuk pemasaran. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang memiliki website untuk kepentingan bisnis atau usaha.

Cara Membuat Program Giveaway

Program giveaway umumnya dilakukan di media sosial. Anda bisa menggunakan Facebook atau Instagram. Meskipun sudah punya website dengan domain murah, proses giveaway yang tepat tetap harus dilakukan di media sosial.

Baca juga: Cara Membangun Blog Pribadi Untuk Personal Branding

Kenapa harus di media sosial? Karena platform tersebut cocok untuk membagikan informasi giveaway hingga pengumuman hadiah. Berikut kami sudah merangkum cara-caranya.

1. Menentukan Tujuan Pembuatan Program Giveaway

Yang perlu Anda tegaskan pertama adalah, giveaway ini bertujuan untuk meningkatkan traffic website. Dengan menentukan tujuan di awal, maka Anda dapat dengan mudah menentukan persyaratan mengikuti program tersebut.

2. Membuat Persyaratan

Buatlah persyaratan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta program. Agar lebih efektif, buat persyaratan yang bisa meningkatkan traffic ke website Anda.

Contoh persyaratannya adalah berkomentar di kolom komentar yang ada pada website atau blog. Kemudian minta peserta untuk berlangganan news feed blog atau website Anda.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Website Portofolio

Persyaratan ini sangat ampuh untuk meningkatkan jumlah visitor. Selain itu, mereka yang sudah berlangganan news feed juga bisa mendapatkan update informasi konten terbaru di website Anda.

3. Menyiapkan Hadiah

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan hadiah. Pastikan hadiah yang Anda siapkan banyak disukai. Terkait nominal untuk hadiah bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan jenis hadiah, dan untuk berapa orang pemenang hadiah tersebut Anda bagikan.

4. Menentukan Jangka Waktu Giveaway

Buatlah jangka waktu program giveaway yang Anda buat. Tentukan waktu yang ideal untuk program tersebut. Pastikan batas waktu tidak terlalu lama, kecuali jika ada alasan-alasan tertentu.

Contoh waktu program giveaway yang diperpanjang bisa dikarenakan jumlah peserta yang masih kurang. Dengan begitu Anda bisa memperpanjang waktunya.

5. Informasikan di Media Sosial

Setelah susunan program di atas Anda penuhi, maka langkah selanjutnya Anda umumkan di media sosial. Anda bisa menggunakan Facebook atau Instagram. Bisa juga meminta bantuan teman agar pesertanya lebih banyak.

Pastikan informasi giveaway yang Anda cantumkan juga jelas. Mulai dari informasi tanggal mulai dan akhir program, informasi hadiah, jumlah pemenang, dan sebagainya.

6. Umumkan Pemenang di Media Sosial

Tutup segera program giveaway jika sudah masuk tanggal deadline. Setelah itu, segeralah mengumumkan pemenangnya dan umumkan langsung di media sosial Anda.

Jangan lupa juga untuk meminta pemenang agar mengonfirmasi informasi data diri agar mudah memproses pengiriman hadiah.

Tips Giveaway Agar Diikuti Banyak Peserta

Ingin program giveaway Anda diikuti oleh banyak orang? Berikut kami jelaskan apa saja tipsnya agar program Anda sukses dan banyak peserta.

1. Memilih Hadiah yang Bermanfaat

Sukses atau tidaknya giveaway juga bisa dikarenakan oleh hadiah yang akan Anda bagikan. Jadi, pastikan hadiah yang Anda siapkan disukai dan bermanfaat bagi banyak orang.

Carilah hadiah yang dibutuhkan oleh setiap orang. Contohnya seperti smartphone yang sudah pasti digunakan oleh banyak orang saat ini.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Saya Masih Ngeblog

Bagi yang bingung memilih barang yang cocok, Anda bisa memilih uang sebagai hadiah giveaway.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan hadiah dari produk yang Anda jual. Contohnya kaos, sepatu, aksesoris, dan berbagai barang lain sesuai produk yang Anda jual. 

2. Promosikan Giveaway

Selain melalui media sosial sendiri, Anda bisa membagikan informasi program ini di media sosial milik orang lain. Contohnya dengan menggunakan jasa influencer agar program tersebut dikabarkan kepada para pengikutnya.

Semakin banyak orang yang mengikuti, maka hasilnya pun akan lebih maksimal. Website Anda juga akan semakin dikenal.

3. Membuat Persyaratan yang Mudah

Selain hadiah, persyaratan juga menjadi alasan kenapa orang mengikuti program ini. Jika persyaratan giveaway yang Anda bagikan sulit, maka banyak orang yang enggan untuk mengikutinya.

Maka dari itu, buatlah persyaratan yang mudah saja. Meski begitu, Anda juga harus mempertimbangkan aspek hadiah dan persyaratan agar berbanding atau relevan.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Melalui cPanel

Artinya, antara persyaratan dan hadiah harus seimbang. Jika hadiah yang Anda bagikan tergolong mahal dan besar, maka tingkat kesulitan persyaratan pun bisa disesuaikan dengan hadiah yang akan dibagikan.

4. Menulis Informasi Giveaway secara Detail

Pastikan Anda menulis semua informasi terkait program tersebut secara detail kepada calon peserta. Tulis di media sosial yang Anda gunakan.

Informasi yang dimaksud mulai dari persyaratan, jenis hadiah, jumlah pemenang, proses pengiriman atau penerimaan hadiah, dan lainnya. Tujuannya agar tidak terjadi miskomunikasi.

Keuntungan Mengadakan Giveaway

Meski membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, tapi faktanya program ini menawarkan banyak benefit. Berikut kami jelaskan apa saja benefit yang akan Anda dapatkan dari program tersebut.

  • Selain meningkatkan traffic, website Anda juga akan dikenal oleh banyak orang. Bahkan masyarakat menjadi tahu apa yang Anda tawarkan dan informasi apa yang ada di website tersebut.
  • Website mendapatkan impact positif dari mesin pencari. Bahkan tidak menutup kemungkinan mampu meningkatkan kualitas SEO (Search Engine Optimization).
  • Giveaway juga merupakan sebuah program branding suatu perusahaan. Bagi pemilik bisnis online, program ini tentu akan sangat membantu sebagai salah satu bentuk promosi.
  • Mampu meningkatkan customer baru. Terutama jika peserta yang mengikuti program tersebut menyukai produk atau layanan yang Anda tawarkan di website tersebut.

Kesimpulan

Giveaway saat ini tidak hanya sebagai program bagi-bagi hadiah untuk meningkatkan engagement akun media sosial. Kini Anda juga bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan traffic website.

Melalui cara-cara di atas, sedikit banyaknya kini Anda bisa memanfaatkan program tersebut untuk mempromosikan website Anda.

Baca juga: Cara Mengganti Username WordPress Dengan Mudah

Bagi yang ingin memiliki website, kini sudah banyak penawaran hosting murah. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk membuat website yang bagus. Setelah itu, tingkatkan traffic-nya, salah satunya yaitu dengan program giveaway.

Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Tips Meningkatkan Traffic Website dengan Giveaway Event"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel