Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips Ini!

 cara mempercepat loading wordpress


Mempercepat WordPress adalah salah satu cara untuk mendorong website bertengger di halaman pertama teratas mesin pencarian Google. Karenanya, penting bagi pemilik WordPress untuk memerhatikan kecepatan website-nya demi mendapatkan pengunjung yang banyak.

Perlu Anda ketahui, Google dan mesin pencarian lainnya kini ‘tidak segan-segan’ memberikan penalti kepada website yang waktu loading-nya lelet, yakni dengan mendepak ke halaman pencarian bawah.
Selain itu, menurut sebuah penelitian, website yang membutuhkan waktu loading lebih dari 3 detik kemungkinan kehilangan hampir separuh dari jumlah seluruh pengunjung. Ini tentunya tidak menguntungkan bagi pemilik website.

Nah, kali ini kami akan membagikan tips agar kinerja WordPress semakin optimal untuk menghindari loading yang lama. Namun, sebelum menuju ke pembahasan itu, simak dulu penjelasan tentang apa itu WordPress.

Apa itu WordPress?


WordPress adalah platform pembuat website yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan fungsional seperti blogging, bisnis online (toko online), membuat portofolio dan company profile serta lainnya. Menurut penelitian, website yang tersebar di dalam internet kebanyakan menggunakan WordPress.

Ya, WordPress memang menjadi pilihan terbaik bagi siapa saja yang ingin membuat website dengan berbagai kebutuhan. Menariknya, pembuatan website melalui WordPress tidak membutuhkan skill coding sehingga cocok digunakan oleh pemula (juga profesional).

Website yang terbuat dari WordPress harus dioptimasi agar mampu bersaing dengan website-website lainnya dan bertengger di halaman pertama ranking teratas. Optimasi WordPress juga dibutuhkan untuk mendongkrak performa SEO sehingga mampu mendapatkan pengunjung yang banyak.

Nah, bagi Anda yang pelum tahu cara mempercepat WordPress atau mengoptimalkan kinerja WordPress, di bawah ini kami bagikan cara atau tipsnya. Simak dengan saksama ya!

Cara Mengoptimalkan Kinerja WordPress


Sedikitnya ada lima cara atau tips mengoptimalkan kinerja WordPress agar mampu bersaing dengan website-website lainnya di internet. Berikut di antaranya:

  • Memaksimalkan Database

Tips pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja WordPress ialah memaksimalkan database. Perlu diketahui, database biasanya memiliki informasi yang banyak tapi mungkin Anda tidak membutuhkan informasi-informasi yang ada.

Jika demikian, Anda bisa menyingkirkan informasi-informasi yang tidak dibutuhkan, seperti tag yang tidak diperlukan, postingan yang tidak dibutuhkan lagi dan lainnya. Dengan begitu, database WordPress akan lebih maksimal, yang mana dapat memengaruhi kinerja WordPress itu sendiri.

  • Menghapus Post Revision

Tips mempercepat WordPress berikutnya ialah menghapus post revision atau revisi postingan lama. Post revision ini didapatkan dari perubahan draf konten yang Anda buat sebelum di-post atau diunggah ke website. Nah, revisi ini akan tersimpan otomatis ke dalam database.

Oleh karenanya, Anda harus secara rutin menghapus post revision (jika ada) agar WordPress teroptimasi dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu menghapus konten spam yang ada.

  • Menggunakan Layanan Hosting Terbaik

Menggunakan layanan hosting terbaik dan berkualitas adalah satu hal yang wajib Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja WordPress. Ya, layanan hosting yang digunakan memang dapat memengaruhi performa website, termasuk kecepatan loading dan keamanan data website.

Alhasil, Google akan memberikan penilaian yang baik kepada website yang menggunakan layanan hosting terbaik. Pengunjung pun akan mendapatkan pengalaman berkesan saat berselancar di website Anda.

Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang patut Anda coba. Niagahoster menawarkan peningkatan performa website sehingga Google dan mesin pencarian lainnya akan mendorongnya berada di halaman dan rangking teratas. Selain itu, keamanan data website juga sangat terjamin jika Anda menggunakan layanan hosting Niagahoster. Oh ya, harga hosting per tahun di Niagahoster sangat terjangkau sehingga cocok digunakan oleh pemula.

  • Meng-update Wordpress Secara Berkala

Meng-update Wordpress secara berkala juga perlu dilakukan agar website teroptimasi dengan baik. Tidak saja itu, Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur baru dan keamanan menjadi lebih meningkat setelah meng-update WordPress.

Lantas, kapan kita harus meng-update WordPress? Jika tersedia update WordPress, nantinya website Anda akan mendapatkan pemberitahuan. Nah, pada saat itulah Anda bisa meng-update WordPress.

  • Mengoptimasi Gambar

Gambar dalam sebuah artikel website memiliki peranan penting, salah satunya agar pembaca tidak bosan. Akan tetapi, penggunaan gambar dalam artikel website sebaiknya tidak berlebihan karena dalam memperlambat loading.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan optimasi gambar dengan cara melakukan resize. Dengan cara ini, gambar dalam artikel tidak akan menjadi ‘beban’ yang dapat membuat website lelet dan/atau tidak teroptimasi dengan baik.

Kesimpulan


Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sangat penting bagi semua pemilik website WordPress untuk melakukan optimasi. Tujuannya tidak lain agar website mampu bersaing dengan kompetitor lain, tidak lelet dan bertengger di halaman teratas dalam mesin pencarian seperti Google.
Nah, dari kelima tips di atas, menggunakan layanan hosting terbaik dan berkualitas haruslah diutamakan. Saat ini, tidak sulit bagi siapa saja untuk membeli hosting. Namun, kemudahan ini harus dibarengi dengan sikap selektif agar mendapatkan hosting yang terbaik dan berkualitas.

Anda bisa membeli hosting dan VPS berkualitas di Niagahoster. Harga hosting per tahun di Niagahoster sangat terjangkau sehingga sangat cocok menjadi pilihan terbaik pemula maupun profesional. Yuk beli hosting dan beli VPS di Niagahoster sekarang juga!

Itulah pembahasan tentang cara atau tips mengoptimalkan atau mempercepat WordPress. Semoga bermanfaat!
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips Ini!"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel