Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain - Memasang SSL (HTTPS) gratis di blogger dengan custom domain, cara merubah http ke https di blog sangat mudah. Fitur ssl atau https pada blogger ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun kebanyakan dari kita mengetahui bahwa fitur https ini hanya dapat di aktifkan oleh pengguna Blogger dengan menggunakan subdomain .blogspot.com, lalu bagaimana nasibnya dengan blog yang sudah menggunakan custom domain?
Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain
Ternyata ada triknya cara mengaktifkan https di blog custom domain caranya akan saya jelaskan dibawah ini. Namun sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu manfaat, fungsi, dan kelebihan yang dimiliki blog atau situs web lainnya yang menggunakan fitur https ini.

Apa Itu HTTPS?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs web. Pengguna tentu menginginkan pengalaman online yang aman dan nyaman saat menggunakan situs web. Sebaiknya Anda menggunakan HTTPS pada situs web yang Anda kelola untuk melindungi koneksi pengguna ke situs Anda. Pada HTTPS, protokol komunikasi telah dienkripsi oleh Transport Layer Security (TLS), atau Secure Sockets Layer (SSL), sehingga situs web yang mengaktifkan fitur SSL atau HTTPS memiliki koneksi yang lebih aman dibandingkan dengan situs yang  hanya memiliki koneksi HTTP saja.

Apa Kelebihan Menggunakan HTTPS?

Banyak manfaat atau kelebihan yang didapatkan setelah menggunakan HTTPS pada sebuah blog ataupun situs web lainnya. Pada umumnya tujuan mengaktifkan HTTPS di website adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih aman kepada pengguna situs Anda, dengan menggunakan HTTPS informasi pengguna situs akan lebih aman karena data mereka akan dienkripsi terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke server.

Namun, tujuan utama mengkatifkan fitur HTTPS di blogger adalah untuk menginkatkan kualitas SEO (Search Engine Optimization) blog Anda. Dikutip dari Official Google Webmaster bahwa HTTPS sebagai sinyal peringkat.
Untuk alasan ini, selama beberapa bulan terakhir kami telah menjalankan tes dengan mempertimbangkan apakah situs yang menggunakan koneksi aman dan terenkripsi sebagai sinyal di algoritma peringkat penelusuran kami. Kami telah melihat hasil yang positif, jadi kami mulai menggunakan HTTPS sebagai sinyal peringkat.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain

1. Masuk ke draft.blogger.com
Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain 1
2. Lalu klik Setelan > Dasar > HTTPS pada bagian Ketersedian HTTPS ubah menjadi Ya
Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain 2
3. Kemudian tunggu beberapa saat dan refresh halaman Anda, lalu pada bagian Pengalihan HTTPS ubah menjadi Ya

Catatan:
Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain mungkin memerlukan waktu beberapa menit/jam/hari. Berdasarkan pengalaman saya, untuk mengubah dari http menjadi https diperlukan waktu kurang lebih 1 hari.

Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Menggunakan HTTPS

1. Megubah Semua URL di Template Menjadi HTTPS

Setelah mengaktif fitur HTTPS di blogger, Anda perlu mengedit beberapa URL yang terdapat dalam template blog Anda. Periksa seluruh URL yang ada di dalam template blog Anda, ganti URL dengan awalan HTTP menjadi HTTPS.

1. Masuk ke Blogger.com
2. Klik Tema > Edit HTML
3. Klik pada bagian kode editor blog Anda, lalu tekan tombol CTRL + F lalu ketik http kemudian enter
Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain 3
4. Lalu ganti semua URL dengan awalan HTTP menjadi HTTPS

Catatan:
Sebelum mengganti menjadi HTTPS pastikan URL tersebut dapat diakses ketika diganti menjadi HTTPS.

2. Daftarkan Kembali ke Google Webmaster

Setelah blog Anda terpasang sertifikasi SSL atau HTTPS maka Anda perlu mendaftarkan kembali situs blog Anda ke Google Search Console.

Baca juga: Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster

Lakukan seperti halnya Anda mendaftarkan blog baru, dengan catatan Anda mendaftarkan blog Anda menggunakan URL dengan awalan HTTPS. Contoh https://www.caramanual.com bukan http://www.caramanual.com

Untuk properti atau URL lama situs Anda bisa dihapus saja dari Google Webmaster.

Lakukan cara di atas jika blog Anda di daftarkan pada Yandex Webmaster, Bing Webmaster dan yang lainnya.

Visitor dan Pendapatan AdSense Akan Turun di Hari Pertama

Ya, setelah mengkatifkan HTTPS di blog visitor dan pendapatan Anda dari AdSense mungkin akan menurun "sementara". Hal ini disebabkan karena, google perlu merayapi ulang URL baru pada situs Anda. Oleh karena itu perlu beberapa hari agar robots Google dapat merayapi seluruh URL yang baru pada blog Anda.

Jika blog Anda sudah berhasil di rayapi oleh robots google, maka di hasil penelusuran akan terlihat berbeda. Contohnya salah satu url konten blog Anda dalam hasil penelusuran akan terlihat seperti www.caramanual.com/2018/01/cara-mengaktifkan-ads-txt-di-blogger.html namun ketika sudah mengaktifkan https pada blog tersebut dan sudah di index kembali oleh google, maka akan terlihat seperti ini https://www.caramanual.com/2018/01/cara-mengaktifkan-ads-txt-di-blogger.html

Itulah tutorial cara mengaktifkan https di blog custom domain, jika Anda memiliki masukkan atau pertanyaan silahkan hubungi kami melalui halaman kontak atau dengan memberikan komentar dibawah ini.

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain"

  1. Untuk tautan internal link yg ada dalam artikel diganti juga gan jadi https ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internal link di dalam artikel tidak perlu di ganti, tapi kalau memungkinkan boleh di ganti.

      Namun jika kasusnya punya artikel lebih dari 500 terus di dalamnya terdapat link yang masih pakai http, pasti repot kan.

      Jadi saran saya tidak perlu di ganti.

      Delete
  2. Jadi hanya untuk yang domain berbayar ya. Kalau masih domain gratisan, blogspot, berarti otomatis mengikuti kan. Gak perlu ganti2 kaya tutorial di atas kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengguna domain blogspot sudah ada pengaturannya di blogger bahkan sudah aktif sendiri, jadi tidak perlu mengikuti cara di atas.

      Delete

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel