5 Tool Riset Keyword Gratis Untuk Mencari Kata Kunci Yang Tepat

Mencari kata kunci yang tepat memang sulit jika di lakukan secara manual, oleh karena itu kita dapat menggunakan tool atau alat yang dapat memberikan saran (suggestion) untuk memilih kata kunci yang tepat.

Sebelum menulis artikel biasanya saya selalu melakukan riset kata kunci (keyword), ini saya lakukan untuk mengetahui jumlah volume pencarian dalam kurun waktu tertentu misalnya satu bulan.

Selain untuk mengetahui jumlah volume pencarian pada kata kunci atau keyword yang ditargetkan, melakukan riset kata kunci juga sangat penting dilakukan untuk mengetahui seberapa sulit atau mudahnya mendapatkan rangking pada hasil penelusuran.

Hasil penelusuran yang saya maksud adalah Google, karena kita ketahui bahwa google merupakan salah satu mesin telusur yang paling banyak digunakan hingga sampai saat ini.

Mungkin tidak semua orang melakukan riset keyword sebelum menulis konten di blog atau websitenya, sebagian ada yang peduli sebagian juga ada yang tidak peduli dengan riset kata kunci ini.

Apkah Anda termasuk orang yang peduli dengan kata kunci?

Jika iya, silahkan lanjutkan baca artikel ini sampai selesai jangan ada yang terlewat ya.
5 Tool Riset Keyword Gratis Untuk Mencari Kata Kunci Yang Tepat

Melakukan riset kata kunci sebelum menulis artikel memang sangat baik dan perlu dilakukan jika memang Anda sangat peduli dengan hal ini.

Mencari keyword yang tepat dan menggunakannya pada artikel atau produk pada blog website Anda tentu akan memaksimalkan hasil penelusuran, meskipun hal ini tidak menjamin 100% akan berhasil setidaknya Anda telah melakukan 1 tahap lebih maju di bandingkan tanpa melakukan riset kata kunci.

Kita ketahui bahwa SEO (Search Engine Optimization) atau bisa kita sebut dengan optimasi mesin pencari adalah upaya untuk meningkatkan rangking pada hasil penelusuran. SEO mempunyai banyak faktor yang saling berkaitan salah satunya yaitu riset keyword.

Jadi, jika Anda peduli melakukan riset kata kunci itu lebih baik. Karena saya yakin masih banyak orang yang masih belum mengetahui hal ini.

Yang artinya mereka hanya menulis tanpa melakukan riset keyword dan Anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan posisi pertama di hasil penelusuran google.

Kalau dapet posisi 1 di hasil penelusuran google ya syukur, kalau engga ya gak masalah.

Kalian jangan sampai seperti itu ya, kita harus bisa berlomba-lomba mendapatkan posisi teratas di google dengan melakukan riset keyword sebelum menulis artikel dan memilih keyword yang tepat untuk artikel yang sedang Anda tulis.

Untuk mencari kata kunci yang tepat Anda bisa menggunakan beberapa tools online yang di kenal dengan istilah "keyword research tools" kalau di Indonesia ini biasanya disebut dengan alat riset kata kunci.

Memang agak aneh sih ya, tapi gak masalah yang penting tujuan kita sama.

Sedikit informasi yang perlu Anda ketahui bahwa tool yang saya jelaskan disini merupakan tools riset keyword gratis yang bisa Anda gunakan sepuasnya. Terbatas? sudah pasti karena free. Tapi kalian pasti suka sama yang free-free kan.

Tool riset kata kunci yang versi premium juga ada, tapi sekarang kita fokus dulu yang free. Manfaatkan dulu gratis kalau memang itu ada, kalau sudah punya modal pakai tool premium biar makin mantap riset kata kuncinya.

Berikut saya tampilkan table of content dari free keyword research tools atau alat riset keyword gratis yang bisa Anda gunakan untuk mencari kata kunci yang tepat.



1. Google Keyword Planner (AdWords)

Google keyword planner merupakan salah satu tool milik Google untuk melakukan riset keyword atau mencari kata kunci yang tepat. Sebenarnya Keyword Planner ini merupakan fitur dari AdWords, AdWords ini merupakan layanan advertising online dimana Anda dapat beriklan di google dengan menggunakan layanan ini.

Didalam layanan AdWords terdapat fitur keyword planner yang berfungsi untuk membantu mencari kata kunci yang tepat bagi pengiklan.

Tidak hanya untuk pengiklan saja, beberapa orang mendaftarkan diri mereka pada layanan adwords hanya untuk dapat menggunakan fitur google keyword planner ini.

Pendaftaran adwords ini sebenarnya gratis, meskipun mereka meminta Anda untuk memasukkan kartu kredit, tapi sebenarnya ini masih bisa dilewati meski saya tidak begitu paham bagaimana caranya namun bulan Januari kemarin saya sudah coba daftar adwords dan berhasil tanpa perlu memasukkan atau menulis kartu kredit.

Lain waktu mungkin saya akan coba membuat tutorialnya untuk daftar adwords supaya tidak perlu pakai kartu kredit.

Jika Anda sudah memiliki akun google adwords silahkan gunakan fitur keyword planner ini untuk membantu mencari kata kunci yang tepat untuk konten Anda.

https://adwords.google.com/KeywordPlanner
Back to Content ↑

2. Ubersuggest

Ubersuggest's merupakan salah satu tool riset keyword milik Neil Patel, dia adalah seorang praktisi SEO dari Amerika. Saya juga baru mengetahui hal ini karena situs ubersuggest dulunya menggunakan url ubersuggest.io dan sekarang di alihkan ke blog pribadi miliknya.

Ubersuggest sebenarnya sama saja dengan Google Keyword Planner namun disini juga menampilkan kata kunci yang berasal dari Google Suggest, jadi Anda bisa melihat kata kunci yang berasal dari google keyword planner dan google suggest, Anda wajib memilih salah satu darinya dan bisa juga memilih keduanya.

Untuk fiturnya memang terbatas hanya ada volume pencarian, cpc atau biaya per klik, dan kompetisi atau tingkat kesulitan keyword. Meski begitu tool ini dapat Anda gunakan untuk mencari kata kunci yang tepat, tentunya gratis bisa Anda gunakan kapan saja.

https://neilpatel.com/ubersuggest/
Back to Content ↑

3. Keyword Tool

Keyword tool seperti namanya ini merupakan salah satu alat untuk mencari kata kunci yang perlu Anda coba. Keyword tool ini fiturnya tidak berbeda jauh dengan Ubersuggest, disini juga ada volume pencarian, cpc, dan kompetisi, tapi sayangnya hanya dapat dilihat jika Anda berlangganan ke versi pro.

Walaupun begitu Anda masih tetap bisa melihat daftar kata kunci yang tepat sesuai dengan keinginan Anda. Jadi keyword tool ini masih bisa digunakan secara gratis namun sangat terbatas fitur-fiturnya.

Yang saya suka dari tool ini yaitu daftar kata kunci yang di tampilkan lebih banyak, tapi sayangnya volume pencarian, cpc, dan kompetisi keywordnya tidak di tampilkan dalam versi gratis.

https://keywordtool.io
Back to Content ↑

4. KWFinder (Keyword Finder)

KWFinder atau bisa disebut dengan Keyword Finder merupakan alat untuk mencari kata kunci (keyword) yang tepat. Fitur ini cukup lengkap dibandingkan dengan Ubersuggest dan Keyword Tool.

Disini Anda bisa melihat daftar Suggestion, Trend, Search, CPC, PPC, dan, KD.

Suggestion merupakan daftar saran kata kunci yang bisa Anda gunakan.

Trend merupakan kepopuleran kata kuncu tersebut, jika rata maka sangat bagus karena kemungkinan pencarian kata kunci ini akan stabil.

Search atau search volume merupakan banyaknya orang yang mencari kata kunci tersebut, semakin banyak search volume nya maka semakin bagus, tapi ingat ini akan semakin sulit untuk mendapatkan posisi teratas.

CPC (Cost Per Click) biaya iklan per klik sedangkan PPC (Pay Per Click) dibayar setiap klik yang terjadi pada iklan tersebut. Jika Anda sedang melakukan riset kata kunci kalau memang targetnya ingin mendapatkan penghasilan yang banyak maka gunakanlah kata kunci yang memiliki CPC tinggi, tapi kalau sedang fokus mencari kata kunci yang tepat sebaiknya hal ini Anda lewat saja.

KD (Keyword Difficulty) merupakan tingkat kesulitan kata kunci, semakin tinggi nilainya maka semakin kecil kesempatan Anda untuk mendapatkan posisi pertama pada hasil penelusuran.

Walaupun fiturnya ditampilkan secara lengkap, sayangnya keyword yang ditampilkan lebih sedikit.

https://kwfinder.com/
Back to Content ↑

5. Keywords Suggestions Tool (Small SEO Tools)

Anda mungkin sudah familiar dengan situs web Small SEO Tools, disini memang terdapat banyak sekali tools online yang berkaitan dengan SEO, salah satunya keyword suggestions tool.

Tool ini memang sangat terbatas disini Anda hanya bisa melihat saran kata kunci yang bisa Anda gunakan. Meskipun terbatas, kata kunci yang disarankan dari sini masih tetap akurat.

https://smallseotools.com/keywords-suggestions-tool/
Back to Content ↑

Kesimpulan

Dari kelima tools di atas, saya menyarankan Anda untuk menggunakan tools dari Google Keyword Planner, karena fitur yang dimiliki lebih lengkap dan tentu datanya lebih akurat apalagi jika Anda ingin menargetkan mesin penelusuran google, tentu menggunakan layanan milikinya akan lebih maksimal.

Dan sisanya merupakan alternatif jika memang Anda kesulitan saat mendaftar pada google adwords.
Back to Content ↑

Sebenarnya masih banyak tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset keyword baik itu yang versi free maupun premium. Selebihnya bisa Anda cari di google atau situs web lain yang membahas tentang SEO.

Sekian artikel mengenai 5 tool riset keyword gratis untuk mencari kata kunci yang tepat, semoga bisa membantu Anda dalam membuat konten yang berkualitas.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

1 Komentar untuk "5 Tool Riset Keyword Gratis Untuk Mencari Kata Kunci Yang Tepat"

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel