Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul

Bagaimana cara mengatasi iklan adsense yang kadang muncul kadang tidak, mungkin inilah yang ada di pikiran Anda saat ini.

Dulu iklan adsense saya tidak ada masalah dan iklan selalu tayang atau muncul.

Tapi baru kali ini iklan kadang tidak muncul atau blank putih.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab iklan adsense tidak muncul dan juga beberapa cara untuk mengatasi iklan adsense yang tidak muncul.

Saya mengalami hal ini karena selama satu bulan terakhir saya melepas semua kode iklan adsense dari website.

Lalu kemudian saya pasang kembali, tapi kok gak langsung muncul ya.

Saya pikir mungkin bot google perlu beberapa jam untuk merayapi kembali situs saya agar iklan muncul kembali.

Akhirnya muncul juga iklannya, tapi tidak semua iklan muncul di situs saya.

Di beberapa artikel lama, iklan tidak muncul bahkan di artikel baru juga iklan kadang muncul kadang tidak.

Jika Anda mengalami hal yang sama, mungkin artikel ini dapat membantu mengatasi masalah Anda. Silahkan di baca sampai selesai.

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul

Penyebab Iklan AdSense Tidak Muncul

Ada banyak penyebab iklan adsense tidak muncul di website Anda, mungkin salah satu penyebabnya bisa Anda temukan di bawah ini:

1. JavaScript di Browser Tidak Aktif

Mungkin sebahian orang menonaktifkan fungsi javascript pada browser yang digunakannya untuk mempercepat loading ketika mereka sedang browsing di berbagai situs yang ada di internet.

Namun, dengan memblokir javascript pada browser maka sebagian website tidak akan tampil sempurna, pasti akan ada beberapa fungsi dari website tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Salah satunya yaitu iklan adsense tidak akan tampil kalau browser yang digunakan tidak mengaktifkan javascript.

2. Iklan di Blokir Robots.txt

Setiap situs web, baik itu blogspot maupun wordpress pasti memiliki file robots.txt yang berfungsi untuk mengatur robot atau bot pengindeksan sebuah mesin telusur.

Untuk mengetahui file robots.txt situs Anda caranya cukup mudah, ketik nama situs Anda lalu tambahkan pada akhir URL /robots.txt contohnya seperti di bawah ini:

https://example.com/robots.txt

Kemudian lihat hasilnya, misalnya seperti di bawah ini;

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://example.com/sitemap.xml

Silahkan Anda hapus kode baris ke-1 dan baris ke-2.

3. Postingan Masih Baru dan Belum Terindeks

Biasanya iklan adsense memang tidak muncul pada artikel atau postingan yang baru Anda publish, jadi jika iklan tidak muncul pada postigan yang baru silahkan tunggu beberapa hari kemudian.

Anda juga bisa agar artikel cepat terindeks google, saya sudah pernah menjelaskannya pada artikel sebelumnya, silahkan Anda baca dan praktekan sendiri.

4. Unit Iklan Masih Baru Dibuat

Jika Anda memasang kode iklan di website dengan membuat unit iklan baru maka biasanya perlu beberapa jam agar iklan bisa tayang atau tampil.

Waktu paling lama apabila iklan tidak muncul karena unit iklan baru sekitar 1 hari atau 24 jam. Apabila lebih dari 1 hari maka bukan ini peyebab iklan tidak muncul.

5. Akun AdSense Masih Dalam Proses Review

Perlu kalian ingat bawah, pendaftaran AdSense memerlukan 2 tahap untuk di terima sepenuhnya.

Tahap pertama, Anda di wajibkan untuk memasang sebuah kode iklan di bagian <head> sampai </head> pada tahap ini iklan memang tidak akan muncul atau Anda hanya akan melihat blank putih saja.

Tahap kedua, Anda akan menerima sebuah email bahwa situs Anda sudah di terima sepenuhnya untuk menampilkan iklan di situs Anda.

6. Jenis Akun AdSense Hosted atau Non-hosted

Ada dua jenis akun AdSense saat ini yaitu adsense hosted dan adsense non-hosted.

Perbedaannya yaitu, adsense hosted hanya akan menampilkan iklan pada blog dengan akhiran domain example.blogspot.com. (Hanya untuk blogspot).

Sedangkan adsense non-hosted dapat menampilkan iklan disemua jenis situs, mau itu blogspot, youtube, dan jenis-jenis domain lainnya. (Untuk semua website).

7. Belum Memasukan PIN (Verifikasi Alamat)

Jika selama 4 bulan Anda belum memverifikasi akun, maka Google tidak akan menampilkan iklan di situs Anda.

Jadi segeralah lakukan verifikasi alamat Anda dengan menggunakan PIN yang dikirim Google ke alamat yang Anda tulis di akun adsense.

Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara verifikasi pin adsense, jika Anda mengalami masalah karena PIN tidak datang silahkan lakukan permintaan pengiriman pin baru.

8. Website Belum di Izinkan Untuk Menampilkan Iklan

Setiap orang dapat melihat kode iklan adsense yang di pasang pada berbagai situs, sehingga Anda dapat menampilkan iklan adsense orang lain di website Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, adsense memiliki fitur izin iklan yang mengontrol website mana saja yang dapat menampilkan iklan dari akun adsense Anda.

Mungkin ini menjadi salah satu peyebab iklan adsense tidak muncul karena situs Anda belum di izinkan untuk menampilkan iklan, untuk mengatasi ini silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai.

9. Browser yang Anda Pakai Menggunakan AdBlock

Beberapa browser seperti UC Browser, Opera Mini, Maxthon dan lainnya telah menggunakan adblock sehingga iklan adsense mungkin tidak akan muncul apabila Anda maupun orang lain menggunakan browser tersebut ketika mengunjungi website Anda.

Anda bisa mematikan adblock sementara atau Anda juga bisa memasang kode anti adblock pada website Anda untuk mengatasi masalah ini.

10. Kosakata Dalam Artikel Kurang Banyak

Kosakata yang Anda tulis tidak tertarget dengan iklan manapun sehingga mempersulit google untuk merekomendasikan iklan pada situs Anda.

Oleh karena itu cobalah buat konten atau artikel dengan memiliki banyak kata. Konten yang baik minimal memiliki 300 kata.

11. Mengubah HTTP Menjadi HTTPS

Pada beberapa bulan lalu google telah mengumumkan bahwa situs web yang masih menggunakan HTTP akan di tandai sebagai "not secure" atau tidak aman.

Sehingga banyak dari kita yang akhirnya menggunakan HTTPS, tentu dengan mengubah URL dari HTTP menjadi HTTPS akan berpengaruh juga terhadap visitor dan tentunya iklan adsense yang Anda pasang di website Anda juga akan ikut terpengaruh.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai.

12. Belum Memasang Kode Ads.txt

Ads.txt merupakan file teks yang disetujui yang mencantumkan semua jaringan iklan tepercaya untuk menjual inventaris. Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi di antara pengiklan dan penerbit.

13. Rasio Penayangan Iklan Terlalu Kecil

Mungkin Anda menggunakan rasio penayangan iklan yang terlalu kecil.

Ada baiknya apabila rasio iklan Anda ubah ke 100% agar iklan selalu tampil.

Jika Anda sedang melakukan eksperimen mengenai saldo iklan atau frekuansi iklan di tampilkan mungkin apabila persentasi yang Anda pilih terlalu kecil iklan juga akan sering tidak tampil.

Atau hanya iklan yang menawarkan harga tinggi saja yang akan di tampilkan. Untuk mengatasi ini silahkan baca artikelnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul

Saya sering mendapat komentar kenapa iklan adsense saya tidak muncul padahal sebelumnya tampil dengan baik.

Saya juga mau jawab gimana karena belum ada pengalaman pada masalah ini.

Tapi, sekarang saya sudah mengalami hal tersebut. Iklan adsense saya juga kadang muncul kadang tidak, di artikel lama juga tidak muncul.

Oh iya, kalau saya di sebabkan karena selama 1 bulan terakhir saya mencopot iklan adsense karena alasan tertentu.

Tapi setelah saya pasang kembali, ternyata iklan tidak langsung muncul perlu beberapa jam yang akhirnya iklan muncul kembali.

Jadi mungkin kalian juga mengalami hal yang sama dengan saya. Oleh karena itu silahkan Anda coba beberapa tips untuk mengatasi iklan adsense yang tidak muncul.

1. Cara Mengatasi Iklan Adsense Kadang Muncul Kadang Tidak Setelah Pakai HTTPS

Saat pertama kali saya menggunakan HTTP lalu pindah jadi menggunakan HTTPS iklan adsense tidak muncul kurang lebih 1 hari.

Setelah artikel berhasil di indeks google dengan menggunakan URL baru yaitu HTTPS akhirnya iklan bisa muncul lagi.

Anda juga bisa mencoba mengatasi iklan adsense yang tidak muncul dengan cara di bawah ini:

1. Hapus semua kode ini, lihat di bagian Template > Edit HTML dan juga di Tata Letak:

<script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>

2. Lalu tambahkan kode ini di atas kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
(function() { var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true; ga.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sa = document.getElementsByTagName('script')[0]; sa.parentNode.insertBefore(ga, sa); })();
//]]>
</script>

2. Cara Memasang Kode Ads.txt di Blogger

Jika iklan tidak tampil di situs Anda pastikan Anda sudah memasang kode ads.txt. Silahkan ikuti langkah-langkahnya untuk memasang kode ads.txt di blogger.

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu masuk ke bagian Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads.txt kustom > klik edit > Aktifkan konten ads.txt kustom? > pilih Ya
3. Lalu masukkan kode di bawah ini:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Catatan:
Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang akun google adsense milik Anda. ID penayang bisa Anda lihat dengan cara membuka akun adsense Anda masuk ke bagian setelan > akun > informasi akun.

4. Lalu klik Simpan perubahan.

3. Mengubah Rasio Penayangan Iklan Menjadi 100%

Mungkin Anda pernah mengubah rasio penayangan iklan Anda di bawah 80%, tentu iklan tidak akan muncul semuanya.

Jadi iklan yang memiliki performa baik yang hanya akan tampil dalam arti iklan dengan tawaran paling tinggi yang akan muncul.

Semakin kecil rasio penayangan yang Anda pilih semakin besar biaya per kliknya, tapi pada beberapa waktu mungkin iklan tidak akan tampil.

Oleh karena itu apabila Anda agar iklan adsense terus muncul, silahkan unbah rasio penayangan menjadi 100%, caranya silahkan ikuti di bawah ini:

1. Masuk ke akun AdSense Anda.
2. Klik Iklan saya > Content > Saldo iklan.
3. Silahkan ubah Rasio pengisian iklan menjadi 100%.
4. Klik Terapkan.

4. Mengizinkan Website Untuk Menampilkan Iklan AdSense

Seperti yang sudah saya katakan di atas, mungkin penyebab iklan adsense tidak muncul itu karena situs Anda belum di izinkan untuk menampilkan iklan adsense.

Oleh karena itu cobalah periksa kembali apakah situs Anda sudah di izinkan atau belum untuk menampilkan iklan adsense. Caranya lihat di bawah ini:

1. Masuk ke akun AdSense Anda.
2. Klik Setelan > Situs saya.
3. Disana akan terlihat daftar situs yang Anda izinkan untuk menampilkan iklan adsense.
4. Apabila situs yang Anda maksud belum ada di daftar tersebut, silahkan tambahkan situs Anda dengan mengklik tombol + (plus).
5. Kemudian tulis URL website Anda >lalu klik Tambahkan situs.
6. Lalu pastikan situs dalam keadaan terverifikasi.

Kelola situs untuk menampilka iklan adsense

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi iklan adsense yang kadang muncul kadang tidak di blog atau website Anda.

Sebenarnya masih ada banyak penyebab iklan adsense tidak muncul, begitu juga berbagai cara yang dapat mengatasi masalah ini.

Namun hanya itu saja yang bisa saya sampaikan untuk kali ini, mudah-mudahan kedepannya bisa saya update lagi.

Semoga tutorial ini dapat membantu Anda mengatasi masalah iklan adsense yang tidak tampil atau blank putih.

Sekian artikel tentang cara mengatasi iklan adsense yang tidak muncul, selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel