Cara Membangun Blog Pribadi Untuk Personal Branding

Cara membangun blog pribadi dengan tujuan untuk melakukan personal branding merupakan langkah yang tepat dan perlu Anda lakukan mulai saat ini.

Coba kita ingat kembali, apa sih yang membuat kita terjun ke dunia blogger ? mungkin setiap orang memiliki alasan berbeda-beda, sebagai contoh saya sendiri yang pertama kali membuat blog memang karena lebih suka mempelajari sesuatu dan langsung saya tulis juga di blog sendiri.

Mungkin beberapa alasan umum ketika seseorang di tanya "kenapa kamu ingin menjadi blogger ?" adalah memang karena hobinya menulis, ada juga yang memang tujuannya mencari penghasilan atau uang, ada juga yang di suruh bikin blog oleh gurunya atau karena tugas dan sebagainya.

Pada awal membuat blog, saya sendiri memang menulis artikel tentang apa saja yang saya pelajari dan kemudian di share atau dibagikan lagi di blog saya, jadi dalam satu blog tersebut banyak sekali artikel-artikel yang tidak ada kaitannya atau kalau orang bilang biasanya disebut dengan "blog gado-gado" atau maksudnya blog yang berisi konten campuran.

Dulu memang saya tidak peduli, akan tetapi semakin kesini saya juga semakin paham bagaimana cara kerja sebuah blog atau website.

Akhirnya saya membuat blog pribadi baru yang membahas topik khusus sehingga lebih terlihat rapi dan menarik, selain itu bisa juga dijadikan sebagai personal branding untuk mengasah kemampuan pribadi dalam menguasai sebuah materi yang sesuai dengan topik blog yang Anda pilih.

Nah, bicara soal personal branding memang banyak sekali caranya tidak hanya melalui website saja. Akan tetapi untuk saat ini saya akan sedikit membahas mengenai cara membuat blog pribadi dengan tujuan untuk melakukan personal branding.

Cara Membangun Blog Pribadi Untuk Personal Branding

1. Pilih Platform antara Blogspot atau WordPress

Sebenarnya platform untuk membuat blog itu banyak ya, hanya saja yang paling populer digunakan untuk saat ini antara Blogger (Blogspot) dan WordPress.

Perlu Anda ketahui juga bahwa WordPress memiliki dua perbedaan yaitu ada WordPress (free) dan WordPress (premium), wordpress free itu gratis sama hal nya seperti blogger (blogspot) hanya saja sangat terbatas fitur-fiturnya, sedangkan wordpress premium itu berbayar dan kita harus sewa hosting tapi fitur-fiturnya sudah sangat lengkap.
Di sini kita akan lebih fokus ke platform Blogger dan WordPress yang versi premium atau berbayar.

Blogspot dan WordPress jelas memiliki perbedaan yang signifikan, perbedaan yang sangat mencolok yaitu dari segi biaya. Kenapa ? Karena untuk membuat sebuah blog menggunakan platform Blogspot Anda tidak perlu membayar biaya apapun atau bisa disebut gratis. Sedangkan untuk membuat blog menggunakan platform WordPress Anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa hosting dan domain.

Rekomendasi dari saya yaitu, apabila Anda masih belajar membuat sebuah blog lebih baik gunakan Blogspot karena memang dari segitu fitur sudah sangat cukup untuk belajar membuat blog pribadi, sedangkan apabila Anda memiliki biaya lebih dan atau ingin terlihat lebih profesional lagi maka gunakanlah platform WordPress untuk membuat blog pribadi Anda.

2. Gunakan Top-Level Domain Indonesia

Apa itu Top-Level Domain (TLD) ? Top level domain adalah segmen terakhir yang berasal dari nama domain Anda, atau biasanya sering kita kenal dengan akhiran dari sebuah nama domain (ekstensi). Terdapat dua jenis top level domain yaitu general top level domain dan country specific top level domain.

General top level domain merupakan domain yang paling umum digunakan diantaranya yang paling banyak digunakan yaitu dengan ekstenti .com, .net, .org dan sebagainya.

Sedangkan country specific top level domain adalah jenis top level domain yang dimiliki masing-masing negara seperti contohnya di Indoneisa, kita memiliki domain dengan ekstensi .id yang menjadi top level domain negara Indonesia. Untuk saat ini penggunaan domain .id masih terbilang sedikit oleh karena itu banyak promo domain id yang bisa Anda dapatkan.

Domain .ID akan lebih tepat apabila dijadikan sebagai sebuah brand milik Anda. Karena statusnya masih cukup baru dan penggunaanya masih cukup sedikit maka masih banyak tersedia nama-nama domain yang unik dan menarik dengan ekstensi .ID, jadi silahkan pilih nama domain Anda sendiri. Karena besar kemungkinan domain dengan ekstensi .id akan lebih berkembang pesat di tahun-tahun berikutnya.

3. Pilih Nama Domain Yang Mudah Diingat

Sebenarnya ada dua cara yang dapat memudahkan orang untuk mengingat nama domain Anda. Pertama yaitu dengan mempersingkat nama domain Anda dan buatlah semenarik mungkin sehingga ketika pertama kali didengar oleh orang lain mereka langsung dapat mengingatnya.

Kedua yaitu dengan melakukan promosi seperti mengiklankan website Anda di berbagai sosial media, setidaknya dari pesan yang disampaikan dalam iklan Anda akan membuat setiap orang mengingat website Anda.

4. Pilih Topik atau Tema Blog Anda

Cobalah untuk lebih fokus terhadap satu topik utama yang akan menjadi pembahasan dalam website pribadi Anda.

Saran saya agar Anda lebih memilih topik yang sesuai dengan minat atau bakat Anda.

Saya tahu, bahwa dengan topik yang lebih fokus mungkin Anda akan lebih kesulitan ketika semuanya telah di bahas.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa website Anda akan sepi ketika tidak membahas atau mengupdate konten baru.

Hal ini sudah pernah saya alami, bahwa dengan fokus terhadap satu topik trafik yang didapat mungkin akan lebih sedikit dibanding dengan blog yang membahas berbagai topik, tapi percayalah bahwa blog yang lebih fokus terhadap satu topik memiliki nilai yang lebih kuat.

Selain itu, dengan memilih topi atau tema blog yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, ini juga dapat dijadikan sebagai personal branding untuk diri Anda sendiri.

5. Gunakan Social Media Untuk Berinteraksi

Gunakanlah sosial media untuk melakukan interaksi langsung kepada setiap orang, entah itu visitor blog Anda atau bukan.

Namun dengan metode pendekatan langsung kepada setiap orang di sosial media, akan lebih cepat untuk membangun sebuah kepercayaan terhadap blog atau website Anda.

Meskipun Anda tidak melakukan update di blog atau website Anda setiap hari, tapi usahakanlah untuk melakukan update di berbagai akun sosial media Anda setiap hari.

Dan jangan lupa untuk selalui memberikan informasi alamat website atau blog pada setiap gambar atau postingan Anda di sosial media.

Kesimpulan

Untuk membangun sebuah blog pribadi dengan tujuan melakukan personal branding, tentu perlu dilakukan beberapa tips di atas.

Dan yang paling penting Anda perhatikan yaitu tunjukkanlah semua skill atau kemampuan Anda kepada semua orang melalui blog Anda pribadi.

Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah di kenal oleh setiap orang karena sudah memiliki blog pribadi yang isinya memang bertujuan untuk mempromosikan diri sendiri.

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan personal branding melalui blog atau website silahkan ikuti beberapa tips di atas, semoga bermanfaat.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

0 Response to "Cara Membangun Blog Pribadi Untuk Personal Branding"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel