Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Untuk Bisnis Online

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat tidak heran lagi kalau kita sering mendengar kata "bisnis online". Ya, beberapa tahun lalu mungkin istilah bisnis itu sering dilakukan secara offline, namun sekarang bisnis juga dapat dilakukan dengan cara online melalui internet.

Bisnis online terus meningkat disetiap tahunnya, banyak sekali pengusaha-pengusaha muda yang memulai bisnis secara online dengan memanfaatkan internet dan teknologi yang ada saat ini.

Seseorang dapat melakukan bisnis online dengan sangat mudah, ada banyak macam bisnis yang dapat Anda lakukan seperti membuka layanan jasa sesuai dengan skill yang kamu miliki atau bisa juga Anda berjualan online melalui website.

Di sini saya akan menjelaskan sedikit mengenai layanan hosting yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan membuat website yang nantinya akan Anda gunakan untuk berjualan online.

Berikut ini beberapa tips memilih layanan hosting terbaik untuk bisnis online Anda:

Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Untuk Bisnis Online

1. Memilih Penyedia Hosting Terbaik

Banyak sekali penyedia hosting yang ada di Indonesia dengan menawarkan harga yang relatif cukup murah dengan spesifikasi hosting yang cukup bagus.

Saya sendiri biasanya menggunakan penyedia hosting di Indonesia yaitu dari Niagahoster, paket hosting dengan harga murah dan layanan supportnya yang cepat dalam menangani masalah pelanggan, sehingga saya sendiri merekomendasikan Anda untuk mencoba menggunakan hosting dari Niagahoster untuk website bisnis online Anda.

2. Tentukan Paket Hosting: Shared, Cloud, atau VPS

Pada umumnya jenis hosting yang sering digunakan yaitu Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS (Virtual Private Server). Nah, disini Anda jangan sampai salah memilih ya, karena dari segi harga dan fitur tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kebanyakan memang orang-orang lebih menggunakan shared hosting karena lebih mudah dan harganya juga murah, begitu juga cloud hosting yang masih hampir sama dengan shared hosting, sedangkan vps merukapan hosting yang memerlukan pengetahuan lebih dalam pengunaannya. Berikut ini sedikit gambaran antara shared hosting, cloud hosting dan vps :

Shared hosting adalah hosting yang digunakan oleh banyak orang secara bersama-sama. Jika diibaratkan, shared hosting itu seperti sebuah apartemen yang memiliki bangunan tinggi dan fitur yang lengkap namun digunakan secara bersama-sama, apabila salah satu pengguna melakukan kesalahan maka akan berakibat kepada seluruhnya.

Cloud hosting adalah hosting yang menggunakan beberapa server yang berjalan secara bersamaan, sehingga ketika salah satu server down maka tugasnya akan digantikan oleh server lainnya. Sehingga dengan menggunakan cloud hosting ini dapat meminimalisir terjadinya website down atau tidak bisa diakses. Oleh karena itu silahkan gunakan cloud hosting terbaik agar website Anda dapat selalu di akses.

VPS (Virtual Private Server) adalah hosting yang menggunakan satu server fisik dan terbagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil lagi. VPS ini hampir sama dengan shared hosting, namun perbedaannya terletak pada pembagian sumber daya yang digunakannya. VPS itu bisa diibaratkan seperti Anda menyewa rumah di perumahan, jadi semua fungsi dan fiturnya dapat digunakan oleh Anda sendiri dan tidak terbagi dengan pengguna lainnya. Saya merekomendasikan Niagahoster sebagai penyedia vps murah terbaik untuk website Anda.

3. Gunakan Hosting Sesuai Kebutuhan

Dari poin kedua di atas, saya sudah menjelaskan sedikit mengenai beberapa hosting yang dapat digunakan untuk membuat website Anda.

Untuk membangun sebuah bisnis online melalui website tentu Anda juga perlu memikirkan biaya dan kebutuhan lainnya. Salah satunya yaitu dengan memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda masih baru dan ingin membuat website yang sederhana, gunakanlah shared hosting sebagai permulaan. Atau Anda juga bisa langsung mencoba menggunakan cloud hosting untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Sedangkan apabila Anda sudah paham mengenai website dan atau misalnya bisnis online Anda sudah berkembang lebih baik dan memiliki budget yang cukup maka rekomendasi saya lebih baik untuk menggunakan VPS.

4. Layanan Support Harus Cepat dan Memberikan Solusi

Saya yakin selain harga yang menjadi alasan utama Anda memilih penyedia layanan hosting, layanan support juga menjadi pertimbangan yang sangat penting diperhatikan.

Menurut saya banyak yang menyediakan harga murah dan spesifikasi lengkap, tetapi belum tentu dapat memberikan layanan support yang cepat dan tanggap.

Akan lebih baik sebelum Anda memilih penyedia hosting maka perhatikan terlebih dahulu layanan support yang mereka berikan kepada setiap pelanggan, Anda juga dapat melihat atau meminta mereka untuk menunjukkan testimoni pelanggan ketika menggunakan layanan mereka.

Jadi saya sendiri lebih mementingkan pelayanan support yang diberikan, apakah cepat dan memberikan solusi yang terbaik kepada pelanggannya atau tidak? Jika iya, silahkan Anda coba menggunakan layanan hosting tersebut.

Kesimpulan

Membangun sebuah bisnis online melalui website memang perlu dipertimbangkan dengan baik, jangan sampai Anda memilih hosting yang salah karena harganya yang cukup murah, tapi carilah penyedia hosting yang benar-benar menawarkan kualitas hosting terbaik untuk website Anda.

Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan jenis hosting yang akan digunakan untuk website bisnis online Anda saat ini, apakah shared hosting, cloud hosting, atau vps. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan poin terpenting adalah support atau dukungan yang diberikan penyedia hosting kepada setiap pelanggan harus maksimal dan benar-benar memberikan solusi terbaik kepada Anda.
Ficri Pebriyana Blogger yang jarang nulis artikel :D

0 Response to "Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Untuk Bisnis Online"

Post a Comment

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel